Cara Agar Discord Tidak Muncul Otomatis

Hallo Sobat Gaul, pada kali ini kami akan membahas tentang cara agar Discord tidak muncul otomatis. Jika Anda sering menggunakan Discord, mungkin Anda pernah mengalami masalah ketika aplikasi ini tiba-tiba muncul secara otomatis saat Anda menghidupkan komputer atau laptop. Ini tentu bisa sangat mengganggu, terutama jika Anda tidak ingin aplikasi tersebut berjalan secara otomatis saat booting. Namun, jangan khawatir! Kami akan memberikan beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk mengatasi masalah ini.

1. Mengubah Pengaturan pada Aplikasi Discord

1.1. Buka aplikasi Discord di komputer atau laptop Anda.

Pertama, buka aplikasi Discord di komputer atau laptop Anda. Biasanya, aplikasi ini akan muncul di taskbar atau menu start setelah Anda menginstalnya.

1.2. Klik ikon roda gigi di pojok kanan bawah aplikasi.

Setelah aplikasi terbuka, cari ikon roda gigi di pojok kanan bawah aplikasi dan klik ikon tersebut. Ini akan membuka menu pengaturan aplikasi Discord.

1.3. Pilih opsi “Pertama kali dibuka”.

Pada menu pengaturan aplikasi Discord, pilih opsi “Pertama kali dibuka” di bagian “Ketika saya membuka aplikasi ini” pada bagian “Umum”. Dengan mengaktifkan opsi ini, aplikasi Discord tidak akan lagi berjalan secara otomatis saat booting.

1.4. Tutup aplikasi dan buka kembali.

Setelah Anda mengubah pengaturan tersebut, tutup aplikasi Discord dan buka kembali. Perubahan yang Anda lakukan pada pengaturan akan berlaku setelah Anda membuka ulang aplikasi ini.

2. Mengubah Pengaturan Startup di Komputer

2.1. Pada Windows 10, tekan tombol Windows + R untuk membuka Run.

Jika Anda menggunakan Windows 10, tekan tombol Windows + R secara bersamaan untuk membuka jendela Run. Anda juga dapat mencarinya melalui menu start jika tidak ingin menggunakan shortcut keyboard.

2.2. Ketik “shell:startup” di Run dan tekan Enter.

Di jendela Run, ketik “shell:startup” tanpa tanda kutip dan tekan Enter. Ini akan membuka folder Startup di komputer Anda.

2.3. Cari shortcut aplikasi Discord di folder Startup.

Di folder Startup, cari dan hapus atau pindahkan shortcut aplikasi Discord yang ada di dalamnya. Dengan melakukan ini, aplikasi Discord tidak akan lagi berjalan secara otomatis saat komputer atau laptop Anda dinyalakan.

2.4. Restart komputer Anda.

Setelah Anda mengubah pengaturan di folder Startup, restart komputer Anda agar perubahan yang Anda lakukan dapat diterapkan secara efektif.

3. Menggunakan Task Manager untuk Menghentikan Proses Otomatis

3.1. Klik kanan pada taskbar dan pilih “Task Manager”.

Klik kanan pada taskbar di layar desktop atau di bagian bawah layar dan pilih opsi “Task Manager”. Ini akan membuka jendela Task Manager.

3.2. Pilih tab “Startup” di jendela Task Manager.

Pada jendela Task Manager, pilih tab “Startup” untuk melihat daftar aplikasi yang berjalan secara otomatis saat booting.

3.3. Cari dan pilih aplikasi Discord.

Cari dan pilih aplikasi Discord di daftar aplikasi yang ditampilkan di tab “Startup”. Jika Anda menemukannya, klik kanan pada aplikasi tersebut dan pilih opsi “Disable”.

3.4. Restart komputer Anda.

Setelah Anda menonaktifkan aplikasi Discord di Task Manager, restart komputer Anda agar perubahan yang Anda lakukan dapat diterapkan secara efektif.

4. Menghapus Aplikasi Discord

4.1. Buka menu Start dan cari aplikasi Discord.

Pertama, buka menu Start di komputer atau laptop Anda dan cari aplikasi Discord. Biasanya, aplikasi ini dapat ditemukan di bagian “Recently added” atau melalui fitur pencarian di menu Start.

4.2. Klik kanan pada aplikasi Discord dan pilih “Uninstall”.

Klik kanan pada aplikasi Discord yang terpilih dan pilih opsi “Uninstall”. Ini akan membuka jendela uninstaller aplikasi Discord.

4.3. Ikuti petunjuk untuk menghapus aplikasi Discord.

Ikuti petunjuk yang diberikan oleh uninstaller aplikasi Discord untuk menghapus aplikasi tersebut dari komputer atau laptop Anda.

4.4. Restart komputer Anda setelah berhasil menghapus aplikasi Discord.

Setelah Anda berhasil menghapus aplikasi Discord, restart komputer Anda agar perubahan yang Anda lakukan dapat diterapkan secara efektif.

5. Menggunakan Antivirus untuk Mematikan Proses Otomatis

5.1. Buka aplikasi antivirus yang terpasang di komputer atau laptop Anda.

Pertama, buka aplikasi antivirus yang terpasang di komputer atau laptop Anda. Pastikan antivirus Anda terbaru dan berfungsi dengan baik.

5.2. Cari opsi pengaturan atau fitur terkait proteksi real-time.

Cari opsi pengaturan atau fitur terkait proteksi real-time di aplikasi antivirus Anda. Opsi ini biasanya dapat ditemukan dalam menu pengaturan atau tab yang berbeda tergantung pada aplikasi antivirus yang Anda gunakan.

5.3. Matikan atau nonaktifkan proteksi real-time.

Matiikan atau nonaktifkan proteksi real-time yang dimiliki oleh aplikasi antivirus Anda. Dalam beberapa kasus, aplikasi antivirus dapat mengidentifikasi dan memblokir proses otomatis aplikasi tertentu, termasuk Discord.

5.4. Restart komputer Anda setelah mengubah pengaturan aplikasi antivirus.

Setelah Anda mengubah pengaturan dalam aplikasi antivirus, restart komputer Anda agar perubahan yang Anda lakukan dapat diterapkan secara efektif.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Mengapa Discord muncul otomatis saat booting?

Hal ini biasanya terjadi jika Anda mengatur aplikasi Discord untuk berjalan saat booting. Beberapa versi Discord juga memiliki pengaturan default yang membuatnya berjalan secara otomatis saat komputer atau laptop dinyalakan.

2. Apakah ada pengaturan di aplikasi Discord untuk menonaktifkan startup?

Ya, Anda dapat mengubah pengaturan di aplikasi Discord untuk menonaktifkan startup. Caranya adalah dengan membuka menu pengaturan aplikasi Discord dan memilih opsi “Pertama kali dibuka” di bagian “Umum”.

3. Apakah menghapus aplikasi Discord dapat mengatasi masalah muncul otomatis?

Ya, menghapus aplikasi Discord dapat mengatasi masalah muncul otomatis. Namun, jika Anda masih ingin menggunakan aplikasi ini, sebaiknya pertimbangkan cara lain yang telah disebutkan sebelumnya.

4. Apakah penggunaan antivirus dapat mempengaruhi aplikasi Discord?

Ya, dalam beberapa kasus, penggunaan antivirus dapat mempengaruhi aplikasi Discord. Proteksi real-time yang dimiliki oleh antivirus dapat mengidentifikasi dan memblokir proses otomatis aplikasi, termasuk Discord. Anda dapat mencoba menonaktifkan proteksi real-time sementara untuk memperbaiki masalah ini.

5. Apakah semua metode yang disebutkan di atas dapat digunakan untuk mengatasi masalah muncul otomatis pada aplikasi selain Discord?

Berbagai metode yang disebutkan di atas umumnya dapat diterapkan pada aplikasi lain yang mengalami masalah muncul otomatis saat booting. Namun, pastikan untuk memahami secara keseluruhan fungsi dan pengaturan dari aplikasi yang ingin Anda ubah.

Kesimpulan

Memiliki kendali penuh atas aplikasi yang berjalan secara otomatis saat booting sangat penting untuk kenyamanan pengguna. Dalam hal ini, cara agar Discord tidak muncul otomatis dapat diimplementasikan melalui beberapa langkah yang telah dijelaskan di atas.

Anda dapat mengubah pengaturan di dalam aplikasi Discord sendiri, mengatur pengaturan startup di komputer atau laptop Anda, menggunakan Task Manager untuk menghentikan proses otomatis, menghapus aplikasi Discord, atau menggunakan antivirus untuk mematikan proses otomatis.

Dalam menjalankan metode-metode ini, Anda diharapkan dapat mengatasi masalah muncul otomatis pada aplikasi Discord dengan mudah. Namun, ingatlah untuk tetap memperhatikan setiap langkah yang diambil dan pastikan untuk tidak mengubah pengaturan lain yang mungkin mempengaruhi kinerja sistem atau aplikasi lainnya.

Dengan adanya pemahaman mengenai cara mengatasi masalah muncul otomatis pada aplikasi Discord, Anda dapat menjalankan komputer atau laptop Anda tanpa adanya gangguan yang tidak diinginkan dari aplikasi ini. Selamat mencoba!