Cara Breakout Room di Zoom

Hallo Sobat Gaul, pada kali ini kami akan membahas tentang cara breakout room di Zoom. Zoom adalah aplikasi video conference yang sangat populer pada masa pandemi ini. Fitur breakout room memungkinkan pengguna untuk membagi peserta dalam sesi video conference menjadi kelompok-kelompok kecil. Hal ini memungkinkan adanya diskusi yang lebih intim dan kolaboratif antara peserta.

Apa itu Breakout Room di Zoom?

Breakout room di Zoom merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk membagi peserta dalam sesi video conference menjadi kelompok-kelompok kecil. Setiap kelompok akan memiliki ruang sendiri untuk berdiskusi dan berkolaborasi secara privat. Peserta juga dapat kembali ke sesi utama kapan saja.

Cara Membuat Breakout Room di Zoom

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat breakout room di Zoom:

  1. Langkah pertama adalah masuk ke akun Zoom Anda dan mulai atau bergabung dengan sesi video conference.
  2. Selanjutnya, klik tombol “Breakout Rooms” yang terletak di bawah toolbar Zoom.
  3. Akan muncul jendela Breakout Room. Pilih jumlah breakout room yang Anda inginkan dan klik tombol “Create”.
  4. Zoom akan secara otomatis membagi peserta menjadi kelompok-kelompok kecil. Anda juga dapat mengatur penempatan peserta secara manual.
  5. Setelah breakout room dibuat, Anda dapat memilih untuk secara otomatis atau manual mengalihkan peserta ke ruang tersebut.
  6. Peserta akan menerima notifikasi dan dapat bergabung dengan breakout room yang ditugaskan.
  7. Saat semua peserta telah bergabung dengan breakout room, Anda dapat masuk ke salah satu ruang untuk memantau atau berpartisipasi.

Cara Menggunakan Breakout Room di Zoom

Setelah breakout room dibuat, berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan fitur breakout room di Zoom:

  1. Masuk ke sesi video conference dan klik tombol “Breakout Rooms”.
  2. Pilih breakout room yang ingin Anda masuki dengan mengklik “Join”.
  3. Anda akan masuk ke ruang breakout room dan dapat berdiskusi atau berkolaborasi dengan peserta di ruangan tersebut.
  4. Jika Anda ingin kembali ke sesi utama, klik tombol “Leave Breakout Room”.
  5. Anda juga dapat berganti-ganti antara ruang breakout room yang berbeda.
  6. Untuk mengakhiri sesi breakout room, klik tombol “Close All Rooms”.
  7. Peserta akan kembali ke sesi utama setelah ruang breakout room ditutup.

Apa Kelebihan Breakout Room di Zoom?

Breakout room di Zoom memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

1. Kolaborasi Intim

Breakout room memungkinkan peserta untuk berdiskusi dan berkolaborasi dalam kelompok yang lebih kecil. Hal ini menciptakan suasana yang lebih intim dan memudahkan setiap peserta untuk berkontribusi.

2. Fleksibilitas

Pengguna dapat dengan mudah membuat breakout room sesuai kebutuhan dan mengatur penempatan peserta. Zoom juga memungkinkan untuk mengalihkan peserta secara otomatis atau manual antar ruang breakout room.

3. Fasilitas Pengawasan

Pengguna dapat memantau dan berpartisipasi dalam breakout room ketika diperlukan. Hal ini berguna untuk memberikan bimbingan atau mendukung diskusi kelompok.

4. Efisiensi Waktu

Dengan adanya breakout room, pengguna dapat menghemat waktu dan mempercepat diskusi. Setiap kelompok dapat fokus pada topik atau tugas yang diberikan tanpa terganggu oleh kelompok lain.

5. Pembelajaran Kolaboratif

Kolaborasi dalam breakout room menghasilkan pembelajaran yang lebih aktif dan mendalam. Peserta dapat lebih banyak berbagi ide, menyelesaikan masalah, dan belajar bersama.

Pertanyaan Umum tentang Breakout Room di Zoom

1. Bagaimana cara mengatur jumlah breakout room di Zoom?

Anda dapat mengatur jumlah breakout room di Zoom saat membuat breakout room. Zoom akan otomatis membagi peserta sesuai dengan jumlah breakout room yang Anda tentukan.

2. Apakah peserta bisa berganti ruang breakout room?

Ya, peserta dapat berganti ruang breakout room jika dibolehkan oleh pengatur sesi. Peserta dapat kembali ke sesi utama atau masuk ke ruang breakout room yang berbeda.

3. Apakah breakout room di Zoom dapat digunakan pada semua jenis akun?

Fitur breakout room di Zoom tersedia pada beberapa jenis akun, termasuk akun Basic (gratis) dan akun Pro. Namun, untuk menggunakan breakout room dengan jumlah peserta yang lebih banyak, Anda mungkin perlu menggunakan jenis akun yang lebih tinggi.

4. Apakah breakout room di Zoom tersedia pada perangkat seluler?

Ya, breakout room dapat digunakan pada perangkat seluler yang mendukung aplikasi Zoom. Anda dapat mengakses fitur breakout room melalui menu Zoom di perangkat seluler Anda.

5. Apa yang dapat saya lakukan jika breakout room tidak berfungsi dengan baik?

Jika breakout room tidak berfungsi dengan baik, pastikan Anda telah memperbarui aplikasi Zoom ke versi terbaru dan memeriksa koneksi internet Anda. Jika masalah masih terjadi, hubungi dukungan teknis Zoom untuk bantuan lebih lanjut.

Kesimpulan

Breakout room di Zoom adalah fitur yang dapat membagi peserta dalam sesi video conference menjadi kelompok-kelompok kecil. Fitur ini memungkinkan adanya diskusi yang lebih intim dan kolaboratif antara peserta. Pengguna dapat dengan mudah membuat breakout room, mengatur penempatan peserta, dan memantau diskusi. Breakout room memberikan kelebihan dalam kolaborasi intim, fleksibilitas, pengawasan, efisiensi waktu, dan pembelajaran kolaboratif.

Jika Anda ingin menggunakan breakout room di Zoom, Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan umum yang mungkin muncul. Jangan ragu untuk menghubungi dukungan teknis Zoom jika mengalami kendala dengan fitur breakout room. Selamat mencoba dan semoga berhasil dalam menggunakan breakout room di Zoom!