Cara Cek Layar dan Touch Screen di HP Samsung

Hallo Sobat Gaul, pada kali ini kami akan membahas tentang cara cek layar dan touch screen di hp Samsung. Memiliki smartphone dengan layar sentuh merupakan hal yang umum saat ini. Namun, terkadang kita mengalami masalah pada layar atau touch screen yang dapat mengganggu penggunaan sehari-hari. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara cek layar dan touch screen di hp Samsung agar dapat mengidentifikasi masalah yang mungkin terjadi dan mencari solusinya.

1. Cek Responsivitas Layar

Langkah pertama dalam melakukan pengecekan layar di hp Samsung adalah dengan memastikan responsivitas layar tersebut. Hal ini dapat dilakukan dengan mengecek apakah layar merespons ketika kita menyentuhnya. Buka aplikasi apa pun yang ada di smartphone kamu dan perhatikan apakah layar merespons dengan baik ketika kamu menyentuh ikon atau tombol di layar. Jika layar tidak merespons, maka ada kemungkinan ada masalah pada touch screen.

1.1. Periksa Kebersihan Layar

Salah satu alasan mengapa layar tidak responsif adalah karena layar terlalu kotor. Kotoran seperti debu atau sidik jari dapat mengganggu sensitivitas layar. Bersihkan layar dengan lembut menggunakan kain mikrofiber yang bersih dan kering untuk menghilangkan debu dan noda pada layar. Pastikan juga tangan kamu dalam keadaan bersih saat menggunakan smartphone agar tidak meninggalkan noda atau minyak pada layar.

1.2. Matikan dan Nyalakan Kembali Smartphone

Jika membersihkan layar tidak memperbaiki masalah, cobalah untuk mematikan dan menyalakan kembali smartphone kamu. Terkadang, masalah responsivitas layar bisa diselesaikan dengan melakukan restart pada perangkat. Caranya cukup dengan menekan tombol power (biasanya berada di sisi smartphone) beberapa detik hingga muncul pilihan untuk mematikan perangkat. Setelah mati, nyalakan lagi smartphone tersebut.

1.3. Kalibrasi Layar

Jika setelah restart masalah masih ada, cobalah untuk melakukan kalibrasi layar. Setiap smartphone Android memiliki fitur kalibrasi layar yang dapat kamu akses melalui menu pengaturan. Cari opsi “kalibrasi layar” atau “sensitivity” di pengaturan smartphone kamu dan ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk melakukan kalibrasi layar.

1.4. Update Perangkat Lunak

Selalu pastikan bahwa smartphone kamu menggunakan versi perangkat lunak terbaru. Pergi ke menu pengaturan dan cari opsi “perbarui sistem” atau “update perangkat lunak”. Jika versi perangkat lunak yang lebih baru tersedia, unduh dan instal untuk memperbarui smartphone kamu. Pembaruan perangkat lunak sering kali mengatasi masalah responsivitas layar.

1.5. Cek dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika semua langkah di atas tidak memperbaiki masalah, kamu dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk menguji layar dan touch screen smartphone. Ada beberapa aplikasi di Google Play Store yang dapat membantu kamu melakukan uji coba layar dan menampilkan hasilnya. Unduh salah satu aplikasi tersebut, ikuti petunjuk yang diberikan, dan lihat apa hasilnya.

1.6. Kunjungi Layanan Purna Jual

Jika semua langkah di atas gagal memperbaiki masalah, mungkin ada masalah hardware yang lebih serius dengan layar atau touch screen smartphone kamu. Sebaiknya, kunjungi pusat layanan purna jual resmi Samsung atau hubungi dukungan Samsung di nomor yang tertera di situs resmi mereka untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

1.7. Perlindungan Layar

Pencegahan selalu lebih baik daripada mengobati. Untuk mencegah masalah pada layar dan touch screen di hp Samsung, akan lebih baik jika kamu menggunakan perlindungan layar seperti tempered glass atau anti gores. Perlindungan layar ini dapat melindungi layar dari goresan dan retak sehingga layar tetap berfungsi dengan baik.

2. Cek Touch Screen Multi-Touch

Seiring perkembangan teknologi smartphone, sebagian besar hp Samsung memiliki fitur multi-touch yang memungkinkan penggunaan beberapa jari secara bersamaan di layar. Namun, ada kalanya fitur ini tidak berfungsi dengan baik. Berikut cara untuk memeriksa touch screen multi-touch di hp Samsung:

2.1. Gunakan Aplikasi Uji Coba

Terdapat aplikasi uji coba yang dapat membantu kamu untuk memeriksa kemampuan multi-touch layar. Cari aplikasi tersebut di Google Play Store, unduh, dan jalankan. Ikuti instruksi yang diberikan oleh aplikasi untuk melakukan uji coba multi-touch. Jika ada jari yang tidak terdeteksi atau mengalami masalah, maka ada kemungkinan ada masalah pada fitur multi-touch di hp Samsung kamu.

2.2. Cek Pengaturan Multi-Touch

Hp Samsung biasanya memiliki pengaturan untuk fitur multi-touch di menu pengaturan. Buka menu pengaturan dan cari opsi “multi-touch” atau “pengaturan layar sentuh”. Pastikan fitur multi-touch diaktifkan dan lakukan uji coba dengan menyentuh layar menggunakan beberapa jari secara bersamaan. Jika ada masalah atau jari tidak terdeteksi, coba matikan dan nyalakan kembali fitur multi-touch tersebut.

2.3. Periksa dengan Aplikasi Lain

Jika langkah-langkah di atas tidak memperbaiki masalah, coba gunakan aplikasi lain untuk memeriksa kemampuan multi-touch layar. Ada beberapa aplikasi di Google Play Store yang dapat membantu dalam hal ini. Unduh salah satu, jalankan, dan ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi tersebut.

2.4. Reset Pengaturan

Jika semua langkah di atas tidak berhasil, kamu dapat mencoba mengatur ulang pengaturan di hp Samsung kamu. Namun, sebelum melakukan hal ini, pastikan sudah mencadangkan data penting karena reset pengaturan akan menghapus semua pengaturan dan data yang ada di hp. Untuk mengatur ulang pengaturan, pergi ke menu pengaturan, cari opsi “pemulihan” atau “backup & reset”, dan ikuti petunjuk untuk melakukan reset pengaturan.

2.5. Kunjungi Layanan Purna Jual

Jika masalah multi-touch layar tetap ada setelah melakukan semua langkah di atas, mungkin ada masalah hardware yang harus ditangani oleh teknisi profesional. Silakan kunjungi pusat layanan purna jual resmi Samsung atau hubungi dukungan Samsung di nomor yang tertera di situs resmi mereka untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

2.6. Jaga Kebersihan Layar

Perawatan yang baik terhadap layar hp juga dapat membantu mempertahankan kinerja multi-touch. Bersihkan layar secara teratur dengan kain mikrofiber yang bersih dan hindari menyentuh layar dengan tangan yang basah atau kotor. Dengan menjaga kebersihan layar, kamu dapat mencegah masalah multi-touch yang disebabkan oleh kotoran atau minyak.

2.7. Gunakan Selaras-Sendiri

Jika masalah multi-touch hanya terjadi dalam beberapa aplikasi saja, coba periksa pengaturan aplikasi tersebut. Beberapa aplikasi mungkin memiliki pengaturan khusus untuk fitur multi-touch. Pastikan pengaturan ini telah diaktifkan dan sesuai dengan preferensi kamu. Jika masalah hanya terjadi di aplikasi tertentu, coba reinstall atau perbarui aplikasi tersebut.

3. Cek Dead Pixel

Dead pixel adalah piksel layar yang mati atau tidak berfungsi. Dead pixel sering ditandai oleh titik kecil yang tidak bergerak dan tampil dalam warna yang berbeda dengan sekitarnya. Berikut adalah cara untuk memeriksa dead pixel di hp Samsung:

3.1. Tes Layar

Samsung menyediakan fitur tes layar yang memungkinkan kamu untuk memeriksa apakah ada dead pixel di layar. Caranya adalah dengan membuka aplikasi Dialer dan memasukkan kode *#0*#. Setelah itu, kamu akan melihat tampilan panggilan uji dan ada pilihan untuk tes layar. Pilih opsi tes layar dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk memeriksa dead pixel.

3.2. Periksa dengan Aplikasi Eksternal

Jika tidak nyaman menggunakan kode di atas, kamu juga bisa menggunakan aplikasi eksternal untuk memeriksa dead pixel. Ada beberapa aplikasi di Google Play Store yang dapat membantu kamu dalam hal ini. Unduh salah satu aplikasi tersebut, jalankan, dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk memeriksa dead pixel.

3.3. Periksa dengan Latar Belakang Berwarna

Cara sederhana lain untuk memeriksa dead pixel adalah dengan menggunakan latar belakang berwarna. Buka aplikasi galeri atau browser di hp Samsung kamu dan cari gambar dengan warna merah, hijau, biru, atau putih. Pilih gambar tersebut, buka gambar dalam mode layar penuh, dan perhatikan apakah ada titik yang tidak bergerak atau terlihat aneh pada layar. Jika ada, itu bisa menandakan adanya dead pixel.

3.4. Biarkan Beberapa Waktu

Beberapa dead pixel mungkin dapat diperbaiki dengan sendirinya dalam beberapa waktu. Biarkan layar hp Samsung kamu aktif dalam beberapa jam atau semalam. Kadang-kadang, dead pixel dapat “hidup” kembali setelah beberapa waktu dan kembali berfungsi normal. Jika dalam beberapa waktu dead pixel tidak hilang, kemungkinan besar perlu perbaikan lebih lanjut.

3.5. Kunjungi Layanan Purna Jual

Jika melakukan langkah-langkah di atas dan dead pixel masih ada, sebaiknya kunjungi pusat layanan purna jual resmi Samsung atau hubungi dukungan Samsung di nomor yang tertera di situs resmi mereka. Petugas layanan purna jual dapat memberikan penjelasan lebih lanjut tentang masalah dead pixel dan memberikan solusi dan perbaikan yang sesuai.

3.6. Cek Garansi

Jika hp Samsung kamu masih dalam masa garansi, cek apakah masalah dead pixel yang kamu alami ditangani oleh garansi. Bawa hp ke pusat layanan purna jual resmi Samsung dan tunjukkan garansi yang ada untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

3.7. Perhatikan dalam Penggunaan Sehari-hari

Jika masalah dead pixel tergolong ringan dan tidak mengganggu penggunaan sehari-hari, mungkin kamu memilih untuk mengabaikannya. Namun, jika dead pixel sangat mengganggu atau semakin parah dari waktu ke waktu, segera cari solusi atau bantuan dari pusat layanan purna jual resmi Samsung.

4. Cek Ghost Touch

Ghost touch adalah ketika layar hp Samsung secara otomatis merespons sentuhan tanpa sentuhan fisik dari pengguna. Ini bisa sangat mengganggu karena dapat membuat smartphone berperilaku di luar kontrol pengguna. Berikut adalah cara untuk memeriksa ghost touch di hp Samsung:

4.1. Bersihkan Layar dengan Baik

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, seringkali kotoran atau minyak pada layar dapat menyebabkan masalah pada layar. Bersihkan layar dengan kain mikrofiber yang bersih dan kering untuk menghilangkan kotoran atau minyak yang dapat menyebabkan ghost touch. Pastikan tangan kamu juga dalam keadaan bersih saat menggunakan smartphone.

4.2. Matikan dan Nyalakan Kembali

Seperti dalam langkah-langkah sebelumnya, mematikan dan menyalakan kembali smartphone dapat mengatasi masalah ghost touch yang terjadi karena alasan sementara. Matikan smartphone kamu dan tunggu beberapa detik sebelum menyalakannya kembali. Setelah dinyalakan kembali, periksa apakah masalah ghost touch masih ada.

4.3. Update Perangkat Lunak

Selalu pastikan bahwa smartphone kamu menggunakan versi perangkat lunak terbaru. Pergi ke menu pengaturan, cari opsi “perbarui sistem” atau “update perangkat lunak”, dan unduh pembaruan yang tersedia jika ada. Pembaruan perangkat lunak sering kali mengatasi masalah ghost touch dan meningkatkan kinerja perangkat.

4.4. Cek Aplikasi Pihak Ketiga

Jika masalah ghost touch hanya terjadi dalam satu atau beberapa aplikasi tertentu, coba periksa apakah masalah tersebut disebabkan oleh aplikasi pihak ketiga tersebut. Matikan atau hapus aplikasi yang mencurigakan dan periksa apakah masalah ghost touch masih ada setelah itu. Jika tidak, itu berarti aplikasi yang dihapuslah yang menyebabkan masalah.

4.5. Factory Reset

Jika semua langkah di atas tidak berhasil mengatasi masalah ghost touch, kamu dapat mencoba melakukan factory reset. Pastikan sudah melakukan backup data penting karena factory reset akan menghapus semua data yang ada di smartphone. Pergi ke menu pengaturan, cari opsi “pemulihan” atau “backup & reset”, dan ikuti petunjuk untuk melakukan factory reset. Setelah melakukan factory reset, periksa apakah masalah ghost touch masih ada.

4.6. Kunjungi Layanan Purna Jual

Jika masalah ghost touch tetap ada setelah melakukan factory reset, kemungkinan ada masalah hardware yang perlu diperiksa oleh teknisi profesional. Kunjungi pusat layanan purna jual resmi Samsung atau hubungi dukungan Samsung di nomor yang tertera di situs resmi mereka untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

4.7. Gunakan Film Pelindung Layar

Terakhir, jika masalah ghost touch terjadi karena adanya gangguan pada layar, kamu dapat mempertimbangkan untuk menggunakan film pelindung layar. Film pelindung layar dapat membantu melindungi layar dari gangguan eksternal dan dapat mengurangi masalah ghost touch yang disebabkan oleh sentuhan yang tidak diinginkan.

5. Cek Multitasking dan Layar Split

Beberapa hp Samsung memiliki fitur multitasking dan layar split yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan beberapa aplikasi sekaligus dalam tampilan yang berbeda pada layar. Berikut adalah cara untuk memeriksa fitur ini di hp Samsung:

5.1. Buka Aplikasi yang Mendukung Multitasking

Untuk memeriksa fitur multitasking, buka aplikasi yang mendukung fitur ini di hp Samsung kamu. Contohnya, buka aplikasi seperti YouTube dan geser layar dari sisi kanan atau kiri untuk membuka tampilan layar split. Perhatikan apakah aplikasi tetap berjalan dengan baik dan responsif saat digunakan dalam tampilan layar split.

5.2. Pindah Aplikasi dalam Layar Split

Jika aplikasi berjalan dengan baik dalam tampilan layar split, coba pindahkan aplikasi dari satu sisi layar split ke sisi lainnya. Perhatikan apakah aplikasi tetap berfungsi dengan baik dan tidak terjadi lag atau masalah lainnya saat berpindah dari satu tampilan ke tampilan lainnya.

5.3. Cek Kompatibilitas Aplikasi

Tidak semua aplikasi mendukung fitur multitasking dan layar split di hp Samsung. Beberapa aplikasi mungkin tidak berfungsi dengan baik atau tidak terlihat dengan baik dalam tampilan layar split. Cek aplikasi yang sering kamu gunakan apakah mendukung fitur ini dengan baik atau tidak.

5.4. Gunakan Mode Multitasking Lainnya

Selain layar split, hp Samsung juga memiliki mode multitasking lainnya seperti pop-up view dan multi window. Coba gunakan mode-mode ini untuk menjalankan beberapa aplikasi sekaligus dan perhatikan apakah aplikasi tetap berjalan dengan baik dalam mode-mode tersebut.

5.5. Kunjungi Layanan Purna Jual

Jika fitur multitasking dan layar split tidak berfungsi dengan baik dalam hp Samsung kamu, kunjungi pusat layanan purna jual resmi Samsung atau hubungi dukungan Samsung di nomor yang tertera di situs resmi mereka untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. Teknisi akan dapat membantu mengecek dan memperbaiki masalah yang mungkin terjadi.

5.6. Cek Versi Perangkat Lunak

Beberapa masalah dengan fitur multitasking dan layar split dapat disebabkan oleh versi perangkat lunak yang tidak kompatibel. Pastikan bahwa smartphone kamu menggunakan versi perangkat lunak terbaru dengan memeriksa opsi “perbarui sistem” atau “update perangkat lunak” di menu pengaturan. Jika ada pembaruan perangkat lunak yang tersedia, unduh dan instal untuk memperbarui smartphone kamu.

5.7. Cari Solusi Online

Jika masalah dengan multitasking dan layar split kamu tidak termasuk dalam masalah hardware atau perbaikan oleh pusat layanan purna jual resmi Samsung, coba cari solusi online. Ada banyak forum dan situs komunitas yang membahas masalah dan solusi terkait dengan fitur-fitur ini di hp Samsung. Cari tahu apakah ada solusi atau tips yang mungkin berguna untuk memperbaiki masalah kamu.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

1. Apa yang harus dilakukan jika layar hp Samsung tidak merespons?

Jawaban: Pastikan tangan dalam keadaan bersih, coba bersihkan layar, matikan dan nyalakan kembali smartphone, lakukan kalibrasi layar, dan pastikan menggunakan versi perangkat lunak terbaru.

2. Bagaimana cara mengatasi masalah ghost touch pada layar hp Samsung?

Jawaban: Bersihkan layar, matikan dan nyalakan kembali smartphone, pastikan menggunakan versi perangkat lunak terbaru, hapus atau matikan aplikasi pihak ketiga yang mencurigakan, lakukan factory reset jika perlu, atau kunjungi pusat layanan purna jual resmi Samsung.

3. Mengapa fitur multitasking dan layar split tidak berfungsi di hp Samsung saya?

Jawaban: Beberapa aplikasi mungkin tidak mendukung fitur ini, cek versi perangkat lunak kamu, coba gunakan mode multitasking lainnya, atau kunjungi pusat layanan purna jual resmi Samsung untuk memeriksa masalah yang mungkin terjadi.

4. Apakah masalah dead pixel dapat diperbaiki?

Jawaban: Beberapa dead pixel mungkin dapat diperbaiki dengan sendirinya dalam beberapa waktu, tetapi jika tidak ada perbaikan, sebaiknya kunjungi pusat layanan purna jual resmi Samsung untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

5. Bagaimana cara melakukan kalibrasi layar di hp Samsung?

Jawaban: Setiap smartphone Android memiliki opsi kalibrasi layar di menu pengaturan. Cari opsi tersebut dan ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk melakukan kalibrasi layar di hp Samsung.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas tentang cara cek layar dan touch screen di hp Samsung. Semoga informasi yang telah kami sampaikan dapat membantu kamu dalam mengidentifikasi masalah yang mungkin terjadi pada layar atau touch screen hp Samsung kamu. Penting untuk memeriksa responsivitas layar, kemampuan multi-touch, adanya dead pixel, dan masalah ghost touch untuk memastikan penggunaan smartphone yang lancar. Jika kamu mengalami masalah yang tidak dapat diselesaikan dengan langkah-langkah di atas, sebaiknya kunjungi pusat layanan purna jual resmi Samsung untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.