Cara Cepat Screenshoot di MacBook

Hallo Sobat Gaul, pada kali ini kami akan membahas tentang cara cepat screenshoot di MacBook. Bagi pengguna MacBook, melakukan screenshoot merupakan salah satu hal penting yang sering dilakukan. Dengan melakukan screenshoot, kita dapat mengabadikan berbagai momen penting di layar MacBook. Nah, jika Anda tertarik untuk mengetahui cara cepat screenshoot di MacBook, simak artikel ini hingga tuntas!

Cara 1: Menggunakan Tombol Keyboard

Langkah pertama untuk melakukan screenshoot di MacBook adalah dengan menggunakan tombol keyboard. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu menekan tombol “Shift + Command + 3” secara bersamaan. Screenshoot akan otomatis tersimpan di desktop MacBook Anda.

Jika Anda ingin memilih area tertentu untuk diambil screenshoot-nya, bisa menggunakan kombinasi tombol “Shift + Command + 4”. Kemudian, geser kursor untuk menandai area yang ingin diambil. Setelah itu, screenshoot akan muncul di desktop.

Jika ingin langsung memotret jendela aplikasi tertentu, tekan tombol “Shift + Command + 4” terlebih dahulu. Kemudian, tekan tombol spasi pada keyboard. Kursor akan berubah menjadi ikon kamera dan Anda dapat mengklik jendela aplikasi yang ingin diambil screenshoot-nya. Screenshoot akan tersimpan di desktop.

Cara 2: Menggunakan Aplikasi Grab

Jika Anda ingin melakukan screenshoot dengan tampilan lebih fleksibel, Anda bisa menggunakan aplikasi bawaan MacBook bernama Grab. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk melakukan screenshoot dengan berbagai opsi.

Untuk menggunakan aplikasi Grab, buka aplikasi “Finder”. Lalu, pilih “Applications” dan cari aplikasi bernama “Grab”. Setelah itu, jalankan aplikasi Grab dan pilih opsi screenshoot yang Anda inginkan.

Anda dapat memilih screenshoot seluruh layar, jendela terbuka, atau area yang dapat Anda pilih secara manual. Setelah memilih opsi yang diinginkan, screenshoot akan muncul di aplikasi Grab dan Anda dapat menyimpannya sesuai kebutuhan.

Cara 3: Menggunakan Papan Ketik Emoji

Salah satu cara unik dan cepat untuk melakukan screenshoot di MacBook adalah dengan menggunakan papan ketik emoji. MacBook memiliki fitur papan ketik emoji yang dapat digunakan untuk melakukan screenshoot dengan cara yang mudah.

Pertama, pastikan Anda telah mengaktifkan papan ketik emoji di pengaturan MacBook Anda. Setelah itu, buka aplikasi atau halaman web yang ingin Anda screenshoot. Pilih papan ketik emoji, pilih ikon kamera, dan pilih area layar yang ingin Anda screenshoot. Screenshoot akan langsung tersimpan di desktop MacBook Anda.

Inilah beberapa cara cepat screenshoot di MacBook yang dapat Anda coba. Pilihlah cara yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam melakukan screenshoot di MacBook!

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apakah screenshoot di MacBook dapat dilakukan dengan menekan tombol PrtSc?

Tidak, MacBook tidak memiliki tombol PrtSc di keyboardnya. Anda perlu menggunakan kombinasi tombol lain atau menggunakan aplikasi tertentu untuk melakukan screenshoot di MacBook.

2. Bagaimana cara mengaktifkan papan ketik emoji di MacBook?

Anda dapat mengaktifkan papan ketik emoji di MacBook dengan membuka menu “Keyboard” di pengaturan sistem. Setelah itu, aktifkan opsi “Show Keyboard and Emoji viewers in menu bar”.

3. Apakah aplikasi Grab hanya bisa digunakan untuk screenshoot?

Tidak, aplikasi Grab tidak hanya dapat digunakan untuk screenshoot. Anda juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk merekam area layar atau merekam layar secara keseluruhan.

4. Apakah ada cara lain untuk mengambil screenshoot di MacBook?

Ya, selain menggunakan cara-cara yang telah dijelaskan sebelumnya, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga. Terdapat banyak aplikasi screenshoot yang dapat Anda temukan di App Store untuk melakukan screenshoot di MacBook.

5. Dapatkah saya mengganti lokasi penyimpanan screenshoot di MacBook?

Ya, Anda dapat mengganti lokasi penyimpanan screenshoot di MacBook. Caranya adalah dengan membuka aplikasi “Terminal” dan menjalankan perintah “defaults write com.apple.screencapture location [lokasi]”. Ganti [lokasi] dengan alamat folder yang Anda inginkan sebagai lokasi penyimpanan.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, telah dijelaskan beberapa cara cepat screenshoot di MacBook. Anda dapat menggunakan tombol keyboard, aplikasi Grab, atau papan ketik emoji untuk melakukan screenshoot dengan mudah. Pastikan Anda memilih cara yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Untuk pengguna MacBook, melakukan screenshoot merupakan hal yang penting dalam mengabadikan momen penting di layar. Dengan mengetahui berbagai cara screenshoot di MacBook, Anda dapat dengan cepat dan mudah mengambil gambar layar sesuai kebutuhan.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin belajar cara cepat screenshoot di MacBook. Selamat mencoba!