Cara Membuat Google Form

Hallo, Sobat Gaul, pada kali ini kami akan membahas tentang cara membuat Google Form. Google Form adalah salah satu layanan dari Google yang memungkinkan kita untuk membuat formulir online dengan mudah dan efisien. Dengan menggunakan Google Form, kita dapat mengumpulkan data, membuat survei, mengadakan kuis, atau membuat formulir pendaftaran dengan lebih praktis. Artikel ini akan menjelaskan langkah-langkah untuk membuat Google Form secara lengkap dan jelas. Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Masuk ke Akun Google

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah masuk ke akun Google Anda. Untuk membuat Google Form, Anda harus memiliki akun Google terlebih dahulu. Jika Anda belum memiliki akun Google, Anda dapat membuatnya dengan mudah di situs resmi Google. Setelah berhasil masuk ke akun Google, lanjutkan ke langkah berikutnya.

1.1. Buka Google Drive

Setelah berhasil masuk ke akun Google, buka Google Drive dengan mengklik ikon “Drive” di pojok kanan atas layar atau dengan mengetikkan “drive.google.com” di URL browser Anda. Google Drive adalah tempat penyimpanan file online yang disediakan oleh Google. Di dalam Google Drive, Anda dapat membuat berbagai dokumen seperti dokumen teks, lembar kerja, presentasi, dan tentu saja, Google Form.

2. Membuat Google Form Baru

Selanjutnya, langkah kedua adalah membuat Google Form baru. Di dalam Google Drive, klik tombol “Buat” di pojok kiri atas layar, kemudian pilih opsi “Google Form”. Setelah itu, akan muncul jendela baru dengan berbagai opsi untuk membuat formulir baru, menggunakan template, atau mengunggah formulir yang sudah ada.

2.1. Mengatur Judul dan Tema Formulir

Setelah memilih opsi “Google Form”, Anda akan diarahkan ke halaman pengaturan formulir baru. Di sini, Anda dapat mengatur judul formulir, deskripsi, dan tema yang ingin digunakan. Pastikan judul formulir Anda mendeskripsikan tujuan formulir dengan jelas agar responden tidak bingung saat mengisinya.

3. Menambahkan Pertanyaan dan Jenis Jawaban

Langkah ketiga adalah menambahkan pertanyaan dan jenis jawaban yang diinginkan di Google Form. Untuk menambahkan pertanyaan, klik tombol “+” di bagian tengah halaman atau klik tombol “Tambahkan pertanyaan” di bagian bawah formulir. Setelah itu, pilih jenis pertanyaan yang diinginkan seperti isian singkat, pilihan ganda, skala, tanda centang, dan lainnya.

3.1. Mengatur Opsi Pertanyaan

Setelah memilih jenis pertanyaan, Anda dapat mengatur opsi pertanyaan seperti pertanyaan itu sendiri, pilihan jawaban, opsi wajib diisi atau tidak, dan lainnya. Pastikan untuk memberikan instruksi yang jelas agar responden dapat mengisi formulir dengan benar.

4. Mengedit Tampilan Formulir

Selain pertanyaan, Anda juga dapat mengedit tampilan formulir agar lebih menarik dan sesuai dengan kebutuhan. Di Google Form, Anda dapat menambahkan gambar, video, dan tema warna yang disesuaikan. Anda juga dapat mengatur tata letak dan warna latar belakang formulir sesuai selera Anda.

4.1. Menambahkan Gambar atau Video

Untuk menambahkan gambar atau video di Google Form, klik ikon gambar atau video di bagian atas formulir. Setelah itu, Anda dapat mengunggah gambar atau video dari perangkat Anda atau menggunakan gambar atau video yang sudah ada di Google Drive. Pastikan gambar atau video yang Anda tambahkan relevan dan mendukung pertanyaan atau instruksi dalam formulir.

5. Mengatur Pengaturan Formulir

Langkah terakhir adalah mengatur pengaturan formulir agar sesuai dengan kebutuhan Anda. Di pengaturan formulir, Anda dapat mengatur tingkat privasi, mengaktifkan notifikasi email, mengontrol akses pengisian formulir, mengatur tampilan pengirim, dan banyak lagi. Pastikan untuk melihat pengaturan-pengaturan ini dengan seksama agar formulir yang Anda buat dapat berjalan dengan baik.

5.1. Mengatur Tingkat Privasi

Dalam pengaturan privasi formulir, Anda dapat memilih siapa yang dapat melihat dan mengisi formulir Anda. Anda dapat memilih opsi “Hanya saya”, “Orang-orang tertentu”, atau “Semua orang dengan tautan”. Sesuaikan tingkat privasi formulir Anda sesuai kebutuhan.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah Google Form Gratis?

Ya, Google Form adalah layanan gratis yang disediakan oleh Google. Anda dapat membuat sebanyak mungkin formulir tanpa dikenakan biaya apapun.

2. Apakah Google Form Aman untuk Mengumpulkan Data Siswa?

Tentu saja. Google Form menggunakan enkripsi yang aman untuk melindungi data yang dikirim oleh responden. Anda juga dapat mengatur tingkat privasi formulir agar hanya orang-orang tertentu yang dapat mengisi dan melihat formulir.

3. Apakah Saya Dapat Menambahkan Logo Sekolah di Google Form?

Tentu saja. Anda dapat menambahkan gambar logo sekolah atau organisasi Anda di Google Form agar formulir terlihat lebih profesional dan terkait dengan institusi yang Anda wakili.

4. Apakah Google Form Mendukung Pengumpulan Data dalam Bentuk Lampiran?

Sayangnya, saat ini Google Form tidak mendukung pengumpulan lampiran. Namun, Anda dapat meminta responden untuk mengunggah lampiran menggunakan opsi isian teks.

5. Apakah Saya Dapat Melihat dan Mengelola Hasil Pengisian Google Form?

Tentu saja. Setelah ada responden yang mengisi formulir, Anda dapat melihat dan mengelola hasil pengisian pada tab “Jawaban” di bagian atas formulir. Anda dapat melihat hasil secara keseluruhan dan menganalisis data yang terkumpul.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas cara membuat Google Form yang dapat memudahkan Anda dalam mengumpulkan data, membuat survei, kuis, atau formulir pendaftaran. Langkah-langkah yang disampaikan di atas diharapkan dapat membantu Anda membuat Google Form dengan mudah dan efisien. Dalam menciptakan formulir yang baik, pastikan Anda menyusun pertanyaan yang jelas dan instruksi yang tepat agar responden dapat mengisi formulir dengan benar. Selain itu, Anda juga dapat mengedit tampilan formulir agar lebih menarik dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Terakhir, jangan lupa untuk mengatur pengaturan formulir agar sesuai dengan kebutuhan privasi dan aksesibilitas formulir Anda. Dengan demikian, Anda dapat memanfaatkan Google Form secara maksimal. Selamat mencoba!