Cara Mendapat Link Google Form

Hallo Sobat Gaul, pada kali ini kami akan membahas tentang “cara mendapat link Google Form”. Google Form adalah alat yang sangat berguna untuk membuat survei, kuesioner, atau formulir online. Namun, banyak orang masih bingung tentang bagaimana cara mendapatkan link Google Form yang dapat dibagikan kepada peserta atau responden. Jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan memberikan panduan langkah demi langkah untuk mendapatkan link Google Form dengan mudah. Mari kita mulai!

Apa itu Google Form?

Sebelum kita melanjutkan ke panduan langkah demi langkah, mari kita jelaskan terlebih dahulu apa itu Google Form. Google Form adalah salah satu layanan dari Google yang memungkinkan pengguna untuk membuat survei, kuesioner, atau formulir online dengan mudah. Dengan Google Form, Anda dapat membuat pertanyaan dengan berbagai jenis jawaban seperti pilihan ganda, isian singkat, atau kotak centang. Google Form juga menyediakan fitur untuk mengatur tampilan dan mengatur akses ke formulir yang dibuat.

Langkah-langkah Mendapatkan Link Google Form

Langkah 1: Buatlah Google Form

Langkah pertama adalah membuat Google Form sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda dapat menggunakan pertanyaan default yang disediakan oleh Google atau membuat pertanyaan khusus sesuai dengan keinginan. Pastikan untuk memberikan judul yang menarik dan deskripsi yang jelas pada Google Form Anda.

Langkah 2: Klik “Bagikan” dan Pilih “Link”

Setelah selesai membuat Google Form, klik tombol “Bagikan” yang terletak di pojok kanan atas halaman. Kemudian, pilih opsi “Dapatkan Tautan” atau “Link”.

Langkah 3: Salin Link Google Form

Setelah memilih opsi “Dapatkan Tautan” atau “Link”, Google Form akan secara otomatis menghasilkan link untuk formulir Anda. Anda dapat menyalin link tersebut dengan mengklik tombol “Salin” yang terletak di sebelah kanan tautan.

Langkah 4: Bagikan Link ke Peserta atau Responden

Setelah mendapatkan link Google Form, Anda dapat membagikannya kepada peserta atau responden melalui email, pesan instan, atau media sosial. Peserta atau responden hanya perlu mengklik link tersebut untuk mengakses dan mengisi formulir yang telah Anda buat.

Langkah 5: Mengatur Izin Akses ke Google Form

Anda juga dapat mengatur izin akses ke Google Form agar hanya orang tertentu yang dapat mengisi formulir tersebut. Pada saat membuat Google Form, Anda dapat memilih opsi “Hanya Orang yang Dikonfirmasi” atau “Hanya Orang yang Dapat Dicoba” dalam bagian “Pilih Orang yang Dapat Mengisi Formulir”. Selain itu, Anda dapat menggunakan opsi “Permintaan Direview” untuk memeriksa dan menyetujui jawaban sebelum ditambahkan ke spreadsheet.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah saya perlu memiliki akun Google untuk membuat Google Form?

Tidak, Anda tidak perlu memiliki akun Google untuk membuat Google Form. Namun, dengan memiliki akun Google, Anda dapat menyimpan dan mengatur formulir Anda dengan lebih mudah.

2. Bisakah saya mengedit Google Form setelah saya mendapatkan link?

Ya, Anda dapat mengedit Google Form setelah Anda mendapatkan link. Perubahan yang Anda buat akan diterapkan secara langsung pada formulir yang telah Anda bagikan.

3. Bagaimana jika saya lupa menyalin link Google Form setelah membuatnya?

Jika Anda lupa menyalin link Google Form setelah membuatnya, Anda dapat kembali ke formulir dan mengklik tombol “Bagikan” untuk mendapatkan link yang sama. Anda juga dapat mengubah tautan formulir jika diperlukan.

4. Dapatkah saya mengatur batasan waktu untuk mengisi Google Form?

Ya, Anda dapat mengatur batasan waktu untuk mengisi Google Form. Pilih opsi “Terima Hingga” dalam bagian “Jadwalkan Penerimaan Tanggapan” dan atur tanggal dan waktu batasnya.

5. Apakah saya dapat melihat tanggapan yang telah diisi oleh peserta?

Ya, Google Form secara otomatis akan menyimpan tanggapan yang diisi oleh peserta. Anda dapat melihat tanggapan tersebut dalam bentuk spreadsheet yang terhubung dengan formulir.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, mendapatkan link Google Form merupakan langkah penting dalam proses membuat survei, kuesioner, atau formulir online. Dengan mengikuti panduan sederhana di atas, Anda dapat dengan mudah mendapatkan link Google Form dan membagikannya kepada peserta atau responden. Selain itu, Anda juga dapat mengatur izin akses dan mengedit formulir sesuai kebutuhan Anda. Google Form adalah alat yang sangat berguna dan dapat membantu Anda mengumpulkan informasi dengan lebih efisien. Jadi, jangan ragu untuk mencoba dan manfaatkan fitur ini dalam berbagai keperluan Anda!