Cara Mengaktifkan PiP WhatsApp

Hallo Sobat Gaul, pada kali ini kami akan membahas tentang cara mengaktifkan PiP WhatsApp. PiP atau Picture-in-Picture memungkinkan Anda untuk menjalankan video dalam tampilan melayang di atas aplikasi WhatsApp. Fitur ini sangat berguna ketika Anda ingin menonton video tanpa harus meninggalkan obrolan WhatsApp. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan PiP WhatsApp.

1. Periksa Versi WhatsApp Anda

1.1. Cara Memperbarui WhatsApp

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa versi WhatsApp Anda. Pastikan Anda menggunakan versi terbaru WhatsApp. Jika tidak, Anda perlu memperbarui aplikasi WhatsApp ke versi terbaru terlebih dahulu. Anda dapat melakukan ini di Play Store (untuk pengguna Android) atau App Store (untuk pengguna iOS). Setelah memperbarui, buka aplikasi WhatsApp dan periksa apakah fitur PiP sudah aktif atau belum.

1.2. Cara Memeriksa Versi WhatsApp

Anda juga dapat memeriksa versi WhatsApp Anda langsung melalui aplikasi WhatsApp. Buka aplikasi WhatsApp, ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas, pilih “Pengaturan”, lalu pilih “Bantuan” dan “Info Aplikasi”. Di sini, Anda akan melihat versi WhatsApp Anda. Pastikan Anda menggunakan versi terbaru dengan mengunjungi situs resmi WhatsApp dan mengunduh versi terbaru jika perlu.

1.3. Kenapa Memperbarui WhatsApp Penting?

Memperbarui WhatsApp sangat penting karena setiap pembaruan biasanya menghadirkan fitur baru dan memperbaiki bug yang ada. Dengan memperbarui WhatsApp, Anda dapat mengakses fitur-fitur terbaru, termasuk fitur PiP.

2. Aktifkan Fitur Penghentian Otomatis

2.1. Cara Mengaktifkan Penghentian Otomatis

Setelah memastikan Anda menggunakan versi terbaru WhatsApp, langkah selanjutnya adalah mengaktifkan fitur penghentian otomatis. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menjalankan video secara otomatis dalam mode PiP. Untuk mengaktifkannya, buka aplikasi WhatsApp, ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas, pilih “Pengaturan”, lalu pilih “Penggunaan Data dan Penyimpanan”. Gulir ke bawah dan temukan opsi “Mainkan video di tayangan melayang”. Aktifkan opsi ini dengan menggeser tombol ke kanan.

2.2. Kenapa Mengaktifkan Penghentian Otomatis?

Mengaktifkan penghentian otomatis akan membuat video yang Anda putar dalam aplikasi WhatsApp langsung muncul dalam mode PiP. Anda tidak perlu lagi memilih opsi “Tonton di tayangan melayang” setiap kali Anda ingin menonton video. Fitur ini akan secara otomatis memutar video dalam mode PiP yang nyaman dan praktis.

3. Memulai Video di Mode Tayangan Melayang

3.1. Cara Memulai Video di Mode Tayangan Melayang

Selanjutnya, setelah fitur penghentian otomatis diaktifkan, Anda dapat mulai memutar video di mode tayangan melayang. Untuk melakukannya, buka obrolan WhatsApp dengan seseorang atau grup, ketuk opsi untuk mengirim video, dan memilih video yang ingin Anda putar. Setelah video dimulai, keluar dari obrolan dan Anda akan melihat video tetap diputar dalam tampilan PiP di atas aplikasi WhatsApp.

3.2. Kenapa Memulai Video di Mode Tayangan Melayang?

Dengan memulai video di mode tayangan melayang, Anda dapat terus menggunakan aplikasi WhatsApp tanpa harus meninggalkan obrolan. Anda tetap dapat melihat video yang diputar dalam tampilan PiP di atas aplikasi WhatsApp, sehingga Anda tidak akan melewatkan momen penting dalam obrolan.

4. Mengatur Ukuran dan Posisi PiP

4.1. Cara Mengatur Ukuran dan Posisi PiP

Jika Anda ingin mengatur ukuran dan posisi tampilan PiP, Anda dapat melakukannya dengan mudah. Saat video sedang diputar dalam mode tayangan melayang, Anda dapat mengubah ukurannya dengan menekan dan menahan pijakan merah pada sudut layar. Anda juga dapat memindahkan tampilan PiP ke posisi yang nyaman dengan menyeretnya ke titik yang diinginkan.

4.2. Kenapa Mengatur Ukuran dan Posisi PiP?

Dengan mengatur ukuran dan posisi PiP, Anda dapat menyesuaikannya dengan preferensi dan kebutuhan Anda. Misalnya, Anda dapat mengubah ukuran menjadi lebih besar jika ingin melihat video dengan jelas, atau menggesernya ke sudut layar agar tidak mengganggu obrolan yang sedang berlangsung.

5. Menghentikan Video dalam Mode PiP

5.1. Cara Menghentikan Video dalam Mode PiP

Jika Anda ingin menghentikan video yang sedang diputar dalam mode PiP, Anda hanya perlu menekan tombol “X” di pojok kanan bawah tampilan PiP. Setelah itu, video akan berhenti dan Anda dapat melanjutkan obrolan WhatsApp seperti biasa.

5.2. Kenapa Menghentikan Video dalam Mode PiP?

Ada beberapa alasan mengapa Anda mungkin perlu menghentikan video dalam mode PiP. Mungkin ada momen penting dalam obrolan yang membutuhkan perhatian penuh, atau Anda hanya ingin fokus pada obrolan tanpa kehadiran video yang sedang diputar.

FAQ (Pertanyaan Umum)

1. Apa itu PiP WhatsApp?

PiP WhatsApp adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk menjalankan video dalam tampilan melayang di atas aplikasi WhatsApp, sehingga Anda dapat menonton video tanpa harus meninggalkan obrolan.

2. Bagaimana cara mengaktifkan PiP WhatsApp?

Anda dapat mengaktifkan PiP WhatsApp dengan memperbarui aplikasi WhatsApp Anda ke versi terbaru dan mengaktifkan fitur penghentian otomatis dalam pengaturan WhatsApp.

3. Mengapa perlu memperbarui WhatsApp?

Memperbarui WhatsApp penting karena setiap pembaruan biasanya menghadirkan fitur-fitur baru dan memperbaiki bug yang ada, termasuk fitur PiP WhatsApp.

4. Apa yang harus dilakukan jika fitur PiP tidak aktif setelah memperbarui WhatsApp?

Jika fitur PiP tidak aktif setelah memperbarui WhatsApp, pastikan Anda juga mengaktifkan fitur penghentian otomatis dalam pengaturan WhatsApp. Jika masih tidak berfungsi, coba restart aplikasi WhatsApp atau periksa kembali versi WhatsApp yang Anda gunakan.

5. Apakah semua video dalam aplikasi WhatsApp dapat diputar dalam mode PiP?

Sebagian besar video dalam aplikasi WhatsApp dapat diputar dalam mode PiP, tetapi ada beberapa video yang mungkin tidak mendukung fitur ini, terutama jika itu dari sumber yang tidak didukung atau format video yang tidak kompatibel.

Kesimpulan

Di era digital yang serba canggih ini, fitur-fitur baru seperti PiP WhatsApp memudahkan kita dalam menonton video tanpa harus meninggalkan obrolan. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengaktifkan PiP WhatsApp dan menikmati pengalaman menonton video yang lebih nyaman dan praktis. Jangan lupa periksa versi WhatsApp Anda secara berkala dan pastikan Anda menggunakan versi terbaru untuk mengakses fitur-fitur terbaru. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya!