Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Terbaca Tapi Tidak Bisa Dibuka

Hallo Sobat Gaul, pada kali ini kami akan membahas tentang “cara mengatasi hardisk eksternal terbaca tapi tidak bisa dibuka”. Anda mungkin pernah mengalami masalah ketika ingin membuka file yang ada di hardisk eksternal namun tidak bisa diakses. Nah, jangan khawatir karena kami akan memberikan beberapa tips untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Periksa Koneksi dan Port USB

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa koneksi antara hardisk eksternal dengan komputer atau laptop. Pastikan kabel yang digunakan terhubung dengan baik dan tidak ada masalah pada port USB yang digunakan. Jika memungkinkan, cobalah menggunakan port USB yang berbeda untuk menguji apakah masalahnya terletak pada port USB tersebut.

1.1 Memeriksa Kabel dan Port USB

Kelima pin USB dan kabel yang digunakan sebagai media transfer dari hardisk ke komputer adalah salah satu faktor yang paling penting dalam penggunaan hardisk eksternal. Permasalahan ini biasanya sering dialami oleh pengguna Hardisk eksternal, terutama pada penggunaan kabel yang sering plug and play karena dapat menyebabkan penurunan kualitas kabel nya sendiri. Disaat kualitas kabel sudah jebol, ini dapat mengakibatkan gejala seperti Hardisk eksternal macet atau tiba-tiba terputus sendiri.

Lakukanlah pengecekan secukupnya, atau disarankan menggunakan kabel yang original saat pembelian dan masih dalam jangkauan garansi Hardisk eksternal tersebut. Jika ternyata Hardisk Eksternal bermasalah saat menggunakan yang original, maka ada baiknya yang harus dilakulan adalah menanyakan pada penjual atau kepada pengalaman pengguna lain dan mungkin ada yang mengetahui mengenai Hardisk Eksternal tersebut.

Jika Kabel dan Port telah diperbaiki maka masalah Hardisk yang Suspect tidak bisa terbaca ini selesai, dan sekarang kita beralih pada Penggunaan Software untuk Memperbaiki dan mengembalikan data yang hilang.

1.2 Menjalankan Software Penyelamat untuk Penambahan Data Terbaca

Untuk menjalankan software yang akan saya share berikut ini, anda perlu mendownload dan menginstal software-program tersebut di www.hdat2.com

Cara menggunakan Hardisk kembali normal pasca permasalahan yang hadir adalah memperbaiki dan tetap menggunakannya dengan software yang tersedia di internet.

Tapi terkadang hal lain pun bisa terjadi disaat kita berusaha memperbaiki. Pada dasarnya hardisk tidak bisa terbaca karena sering terdupak database yang membentuk hardisk sehingga hardisk tidak terbaca alias indeks file rusak di hardisk eksternal dan cara mengatasi Hardisk eksternal ini adalah dengan menduplikasi data yang ada di hardisk tersebut agar file rusak bisa di repair/flash menggunakan software gratis.

Jika cara ini tidak bisa maka Trik Recovery yang anda lakukan masih bisa diulangi dengan trik lain mungkin menjaga keamanan data di Hardisk bisa menggunakan flazzdisk sebagai duplikasi database dari kalau-kalau Hardisk flash yang rusak, cara ini termasuk sulit tetapi jangan pernah coba menjalankan software yang ada tanpa diminta ingin dihapus akses data terlebih dahulu.

2. Gunakan Command Prompt

Jika masalahnya tidak terletak pada koneksi atau port USB, Anda bisa mencoba menggunakan Command Prompt untuk mengatasi masalah hardisk eksternal yang tidak bisa dibuka. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

2.1 Buka Command Prompt

Pertama-tama, buka Command Prompt dengan cara klik kanan pada tombol Start dan pilih “Command Prompt” atau “CMD”.

2.2 Ketik Perintah

Selanjutnya, ketik perintah “chkdsk /r” di dalam Command Prompt dan tekan Enter. Perintah ini akan melakukan pemeriksaan dan perbaikan pada hardisk eksternal.

Dalam proses ini, Anda mungkin akan diminta untuk memasukkan huruf yang mewakili hardisk eksternal seperti “E:” atau “F:”. Masukkan huruf yang sesuai dan tekan Enter.

Tunggu hingga proses pemeriksaan dan perbaikan selesai. Setelah itu, coba buka kembali hardisk eksternal dan periksa apakah masalahnya sudah teratasi.

3. Recuva: Software Pemulihan Data

Jika langkah-langkah di atas belum berhasil memperbaiki masalah pada hardisk eksternal Anda, Anda bisa mencoba menggunakan Recuva. Recuva adalah software pemulihan data yang dapat membantu Anda mendapatkan kembali file-file yang hilang atau tidak bisa dibuka di hardisk eksternal. Berikut ini adalah cara menggunakannya:

3.1 Download dan Instal Recuva

Pertama-tama, download dan instal Recuva di komputer atau laptop Anda. Anda bisa mendownloadnya melalui website resmi Recuva atau melalui link yang kami sediakan di sini (link download).

3.2 Jalankan Recuva

Setelah berhasil menginstal, jalankan Recuva. Pada tampilan awal, Anda akan diminta untuk memilih jenis file yang ingin Anda pulihkan. Pilih jenis file yang sesuai dengan file-file yang tidak bisa dibuka di hardisk eksternal Anda.

3.3 Pilih Lokasi Hardisk Eksternal

Selanjutnya, Recuva akan meminta Anda untuk memilih lokasi hardisk eksternal yang ingin Anda pulihkan. Pilih lokasi hardisk eksternal dengan menunjukkannya pada Recuva.

Lalu, klik “Scan” dan biarkan Recuva melakukan proses pemindaian. Tunggu hingga proses selesai.

3.4 Pilih File yang Ingin Dipulihkan

Setelah proses pemindaian selesai, Recuva akan menampilkan daftar file yang dapat dipulihkan. Pilih file-file yang ingin Anda pulihkan dan klik “Recover”.

Tentukan lokasi penyimpanan untuk file-file yang dipulihkan tersebut dan tunggu hingga proses pemulihan selesai.

4. Ganti Drive Letter

Jika hardisk eksternal Anda masih tidak bisa dibuka meskipun sudah melalui langkah-langkah di atas, Anda bisa mencoba untuk mengganti drive letter pada hardisk eksternal tersebut. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

4.1 Buka Disk Management

Pertama-tama, buka Disk Management dengan cara klik kanan pada tombol Start, pilih “Disk Management” atau “Manage”.

4.2 Pilih Hardisk Eksternal

Selanjutnya, pilih hardisk eksternal yang bermasalah. Kemudian, klik kanan pada hardisk tersebut dan pilih “Change Drive Letter and Paths”.

4.3 Ganti Drive Letter

Pada jendela yang muncul, klik tombol “Change”. Kemudian, pilih drive letter baru untuk hardisk eksternal tersebut dan klik “OK”.

Setelah itu, coba buka kembali hardisk eksternal dan periksa apakah masalahnya sudah teratasi.

5. Hubungi Pihak Profesional

Jika langkah-langkah di atas tidak berhasil memperbaiki masalah pada hardisk eksternal Anda, kemungkinan masalahnya lebih serius dan bisa jadi membutuhkan bantuan dari pihak profesional. Jangan ragu untuk menghubungi jasa perbaikan hardisk terpercaya agar masalah pada hardisk eksternal Anda bisa diatasi dengan baik.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa yang menyebabkan hardisk eksternal terbaca tapi tidak bisa dibuka?

Masalah ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kabel yang rusak, port USB yang bermasalah, atau kerusakan pada hardisk itu sendiri.

2. Bagaimana cara memperbaiki hardisk eksternal yang terbaca tapi tidak bisa dibuka?

Anda bisa mencoba memeriksa koneksi dan port USB, menggunakan Command Prompt, menggunakan software pemulihan data, mengganti drive letter, atau menghubungi pihak profesional.

3. Apakah data di hardisk eksternal yang tidak bisa dibuka masih bisa diselamatkan?

Iya, masih ada kemungkinan untuk menyelamatkan data di hardisk eksternal yang tidak bisa dibuka dengan menggunakan software pemulihan data.

4. Apakah ada risiko kehilangan data saat menggunakan software pemulihan data?

Tidak ada jaminan 100% bahwa semua data akan bisa dipulihkan, namun dengan menggunakan software pemulihan data yang terpercaya, Anda memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan kembali data yang hilang.

5. Apakah saya bisa memperbaiki hardisk eksternal yang tidak bisa dibuka sendiri?

Jika Anda tidak memiliki pengetahuan dan pengalaman yang cukup, sebaiknya Anda menghubungi jasa perbaikan hardisk profesional agar masalah pada hardisk eksternal bisa diatasi dengan baik dan data yang ada di dalamnya dapat diselamatkan.

Kesimpulan

Menemui masalah pada hardisk eksternal yang terbaca tapi tidak bisa dibuka memang bisa menjadi situasi yang cukup menyebalkan. Namun, dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, Anda memiliki peluang yang cukup besar untuk memperbaiki masalah tersebut.

Anda dapat memeriksa koneksi dan port USB, menggunakan Command Prompt, menggunakan software pemulihan data, mengganti drive letter, atau menghubungi pihak profesional untuk bantuan. Pada setiap langkah-langkah tersebut, penting untuk tetap tenang dan sabar dalam mengatasi masalah yang ada.

Jika langkah-langkah di atas belum berhasil memperbaiki masalah pada hardisk eksternal Anda, sebaiknya Anda segera menghubungi jasa perbaikan hardisk yang professional agar masalah Anda dapat teratasi dengan baik dan data yang ada pada hardisk eksternal dapat diselamatkan.