Cara Mengembalikan BBM Versi Lama

Hallo Sobat Gaul, pada kali ini kami akan membahas tentang cara mengembalikan BBM versi lama. Bagi kamu yang sudah lama menggunakan aplikasi BBM dan merasa lebih nyaman dengan versi lama, jangan khawatir! Kami akan memberikan panduan lengkap untuk bisa mengembalikan BBM versi lama di perangkat kamu. Yuk simak artikel ini sampai selesai!

1. Apa itu BBM versi lama?

BBM (BlackBerry Messenger) versi lama merupakan aplikasi pesan instan yang pernah populer pada era Blackberry. Aplikasi ini memiliki tampilan dan fitur yang berbeda dengan versi terbaru BBM yang lebih modern. Banyak pengguna yang masih nostalgia dan ingin tetap menggunakan versi lama BBM.

2. Mengapa mengembalikan BBM versi lama?

Ada beberapa alasan mengapa seseorang ingin mengembalikan BBM versi lama. Salah satunya adalah karena kenyamanan dan kebiasaan penggunaan. Beberapa pengguna mungkin sudah terbiasa dengan tampilan dan fitur BBM versi lama, sehingga lebih memilih untuk tetap menggunakan versi tersebut.

3. Cara mengembalikan BBM versi lama di Android

Step 1: Uninstall BBM versi terbaru

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menguninstall BBM versi terbaru yang sudah terpasang di perangkat kamu. Caranya adalah dengan membuka menu “Pengaturan” di perangkat, pilih “Aplikasi” atau “Manajer Aplikasi”, cari BBM, dan pilih “Uninstall”.

Step 2: Download APK BBM versi lama

Setelah berhasil menguninstall BBM versi terbaru, langkah selanjutnya adalah mendownload APK BBM versi lama. Kamu bisa mencari file APK tersebut di situs-situs penyedia aplikasi Android lama atau menggunakan layanan download APK dari pihak ketiga.

Step 3: Install BBM versi lama

Setelah berhasil mendownload APK BBM versi lama, kamu perlu menginstalnya di perangkat kamu. Caranya adalah dengan membuka file APK yang sudah kamu download tersebut, izinkan instalasi dari sumber yang tidak dikenal, lalu ikuti petunjuk instalasi yang muncul di layar perangkat.

Step 4: Login dengan akun BBM

Setelah berhasil menginstal BBM versi lama, kamu bisa membuka aplikasi tersebut dan login dengan akun BBM yang kamu miliki. Masukkan email atau ID pengguna beserta kata sandi yang terdaftar pada akun BBM kamu.

Step 5: Nikmati BBM versi lama

Setelah berhasil login, kamu bisa mulai menikmati BBM versi lama dengan semua fitur yang tersedia. Kamu akan melihat tampilan dan pengaturan yang berbeda dengan versi terbaru BBM. Jika memang kamu merasa lebih nyaman dengan versi lama, bersenang-senanglah menggunakan BBM versi tersebut!

4. Mengembalikan BBM versi lama di iOS

Step 1: Delete BBM versi terbaru

Langkah pertama adalah menghapus BBM versi terbaru yang sudah terpasang di perangkat iOS kamu. Caranya adalah dengan menahan jari pada ikon BBM hingga ikon menggoyang, lalu tekan tombol “X” di pojok ikon BBM tersebut untuk menghapusnya.

Step 2: Unduh versi lama dari akun iTunes

Setelah berhasil menghapus BBM versi terbaru, langkah selanjutnya adalah mendownload versi lama BBM melalui akun iTunes kamu. Pastikan kamu sudah memiliki akun iTunes dan login ke akun tersebut di perangkat iOS kamu.

Step 3: Cari BBM versi lama di “Purchased”

Setelah login ke akun iTunes, buka menu “App Store” di perangkat iOS kamu, lalu cari menu “Purchased”. Di sana kamu akan menemukan semua aplikasi yang pernah kamu unduh menggunakan akun iTunes kamu.

Step 4: Instal BBM versi lama

Cari BBM dalam daftar “Purchased” dan cari versi lama BBM yang ingin kamu instal. Ketuk “Install” untuk mendownload dan menginstal versi lama BBM tersebut pada perangkat iOS kamu.

Step 5: Login dan gunakan BBM versi lama

Setelah berhasil menginstal BBM versi lama, kamu bisa membuka aplikasi tersebut dan login dengan akun BBM yang kamu miliki. Masukkan email atau ID pengguna beserta kata sandi yang terdaftar pada akun BBM kamu, dan nikmati BBM versi lama pada perangkat iOS kamu.

5. Apa saja keuntungan menggunakan BBM versi lama?

Menggunakan BBM versi lama memiliki beberapa keuntungan, antara lain:

  1. Tampilan yang lebih sederhana dan familiar bagi pengguna yang sudah terbiasa dengan versi lama.
  2. Tidak adanya fitur-fitur baru yang mungkin dianggap tidak penting oleh sebagian pengguna.
  3. Kemungkinan dukungan untuk perangkat dengan spesifikasi rendah yang tidak mendukung versi terbaru BBM.
  4. Koneksi dan penggunaan data yang lebih hemat karena fitur-fitur tambahan pada versi terbaru BBM dapat memengaruhi penggunaan data.

6. Apakah ada risiko menggunakan BBM versi lama?

Tentu saja, menggunakan BBM versi lama juga memiliki risiko. Beberapa risiko yang mungkin kamu hadapi adalah:

  1. Kurangnya keamanan dan privasi karena versi lama mungkin tidak mendapat pembaruan keamanan terbaru.
  2. Fitur-fitur yang terbatas atau tidak ada, karena versi lama mungkin tidak memiliki fitur-fitur baru yang diperkenalkan pada versi terbaru BBM.
  3. Kemungkinan inkompatibilitas dengan perangkat dan sistem operasi terbaru, karena versi lama mungkin tidak didukung oleh versi perangkat keras atau sistem operasi yang lebih baru.
  4. Kurangnya dukungan dan pembaruan dari pengembang aplikasi, karena pengembang biasanya fokus pada pengembangan dan peningkatan versi terbaru aplikasi mereka.

7. Bisakah saya mengembalikan BBM versi terbaru setelah menginstal versi lama?

Ya, kamu bisa mengembalikan BBM ke versi terbaru setelah menginstal versi lama. Caranya adalah dengan mengunjungi toko aplikasi resmi, seperti Google Play Store atau App Store, mencari BBM, dan memperbarui aplikasi ke versi terbaru yang tersedia.

8. Bagaimana cara mendapatkan dukungan teknis untuk BBM versi lama?

Jika kamu mengalami masalah teknis saat menggunakan BBM versi lama, disarankan untuk menghubungi dukungan teknis resmi BlackBerry. Kamu bisa mengunjungi situs web resmi BlackBerry atau mencari informasi kontak dukungan teknis melalui mesin pencari.

9. Apakah BBM masih populer?

Meskipun BBM telah kehilangan popularitasnya sejak munculnya aplikasi pesan instan lainnya, seperti WhatsApp dan Telegram, BBM masih digunakan oleh sejumlah pengguna setia. Terutama pengguna yang masih setia dengan merek BlackBerry dan ingin menggunakan aplikasi pesan instan khas BlackBerry.

10. Bagaimana cara mengamankan akun BBM versi lama?

Untuk mengamankan akun BBM versi lama, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pastikan menggunakan kata sandi yang kuat untuk akun BBM kamu.
  2. Aktifkan verifikasi dua faktor jika fitur tersebut tersedia pada BBM versi lama yang kamu gunakan.
  3. Hindari mengirimkan informasi pribadi atau sensitif melalui BBM.
  4. Perbarui BBM versi lama kamu secara berkala untuk mendapatkan pembaruan keamanan terbaru.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas tentang cara mengembalikan BBM versi lama. Kamu dapat mengikuti langkah-langkah yang kami berikan untuk mengembalikan BBM versi lama di perangkat Android dan iOS kamu. Namun, penting untuk diingat bahwa penggunaan BBM versi lama juga memiliki risiko tertentu, seperti kurangnya pembaruan keamanan dan fitur-fitur terbatas. Jadi, pastikan kamu mempertimbangkannya dengan bijak sebelum memutuskan untuk menggunakan BBM versi lama. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin mengembalikan BBM versi lama. Terima kasih telah membaca!