Cara Menghitung Umur Tahun Bulan dan Hari di Excel

Hallo Sobat Gaul, pada kali ini kami akan membahas tentang “cara menghitung umur tahun bulan dan hari di excel”. Untuk kita yang sering menggunakan Microsoft Excel sebagai alat pengolah data dan perhitungan, tentunya akan sangat berguna jika kita dapat menghitung umur seseorang secara akurat dengan menggunakan rumus di dalam Excel. Nah, dalam artikel ini, kami akan membagikan tips dan trik cara menghitung umur tahun, bulan, dan hari di Excel dengan mudah dan praktis. Yuk, simak artikel berikut ini!

Perhitungan Umur dengan Rumus DATEDIF di Excel

Rumus DATEDIF merupakan rumus yang dapat kita gunakan untuk menghitung selisih antara dua tanggal dengan hasil dalam bentuk tahun, bulan, atau hari. Untuk menghitung umur seseorang, kita dapat menggunakan rumus ini dengan memasukkan tanggal kelahiran pada sel pertama dan tanggal hari ini pada sel kedua. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Gunakan Fungsi DATEDIF

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menggunakan fungsi DATEDIF di dalam Excel. Fungsi ini menerima tiga argumen, yaitu tanggal awal, tanggal akhir, dan satuan perhitungan yang kita inginkan (tahun, bulan, atau hari). Pada contoh ini, kita ingin menghitung umur dalam satuan tahun, bulan, dan hari, sehingga kita akan menggunakan rumus berikut:

=DATEDIF(tanggal_lahir, TODAY(), “y”)&” Tahun, “&DATEDIF(tanggal_lahir, TODAY(), “ym”)&” Bulan, “&DATEDIF(tanggal_lahir, TODAY(), “md”)&” Hari”

Pada rumus di atas, kita menggunakan fungsi TODAY() untuk mendapatkan tanggal hari ini. Selain itu, kita juga menggunakan simbol & untuk menggabungkan teks dalam satu sel.

2. Masukkan Tanggal Lahir dan Rumus

Kita dapat memasukkan tanggal lahir dan rumus DATEDIF pada sel-sel yang sesuai. Pastikan format tanggal diubah menjadi format “Tanggal” untuk menghindari kesalahan dalam perhitungan. Berikut adalah contoh tampilan yang benar:

Tanggal Lahir Rumus DATEDIF
01/01/1990 =DATEDIF(A2, TODAY(), “y”)&” Tahun, “&DATEDIF(A2, TODAY(), “ym”)&” Bulan, “&DATEDIF(A2, TODAY(), “md”)&” Hari”

3. Hasil Perhitungan Umur

Setelah memasukkan tanggal lahir dan rumus DATEDIF yang sesuai, kita akan langsung mendapatkan hasil perhitungan umur seseorang. Dengan begitu, kita tidak perlu lagi menghitung secara manual. Berikut adalah contoh hasil perhitungan umur di Excel:

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Bagaimana cara menggunakan rumus DATEDIF di Excel?

Untuk menggunakan rumus DATEDIF di Excel, kita perlu memasukkan tanggal awal, tanggal akhir, dan satuan perhitungan yang diinginkan. Hasil perhitungan dapat ditampilkan dalam bentuk tahun, bulan, atau hari.

2. Apakah rumus DATEDIF hanya berlaku untuk menghitung umur?

Tidak, rumus DATEDIF juga dapat digunakan untuk menghitung selisih antara dua tanggal dalam satuan tahun, bulan, atau hari. Selain untuk menghitung umur, rumus ini juga berguna dalam perhitungan waktu, pengawasan proyek, dan lain sebagainya.

3. Apakah rumus DATEDIF dapat menghitung selisih waktu dengan akurasi bulan dan tahun?

Ya, rumus DATEDIF dapat menghitung selisih waktu dengan akurasi bulan dan tahun. Namun, rumus ini tidak dapat menghitung secara tepat waktu yang terjadi lebih dari 30 hari pada bulan yang bersangkutan.

4. Bagaimana cara mengubah format tanggal di sel Excel?

Untuk mengubah format tanggal di sel Excel, kita dapat menggunakan fitur “Format Cells”. Caranya adalah dengan membuka menu “Format” di bagian atas Excel, kemudian memilih opsi “Number” dan pilih format “Tanggal” sesuai keinginan.

5. Apakah rumus DATEDIF berlaku untuk versi Excel yang lebih baru?

Ya, rumus DATEDIF berlaku untuk versi Excel yang lebih baru seperti Excel 2013, Excel 2016, dan seterusnya. Anda masih dapat menggunakan rumus ini untuk menghitung umur atau selisih waktu dengan akurasi yang diinginkan.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membagikan cara menghitung umur tahun, bulan, dan hari di Excel dengan menggunakan rumus DATEDIF. Dengan menggunakan rumus ini, kita dapat menghitung umur seseorang dengan mudah dan akurat. Jadi, tidak perlu lagi menghitung secara manual atau menggunakan kalkulator. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Gaul yang sedang mencari cara menghitung umur di Excel. Selamat mencoba!