Cara Menghubungkan Google Form ke Google Sheet

Hallo Sobat Gaul, pada kali ini kami akan membahas tentang cara menghubungkan Google Form ke Google Sheet. Jika kamu sering melakukan survei atau mengumpulkan data dari orang lain, maka menggunakan Google Form dan Google Sheet akan sangat membantu. Dengan menghubungkan keduanya, data yang dikumpulkan melalui Google Form akan otomatis masuk ke Google Sheet sehingga memudahkan kamu dalam mengorganisir dan menganalisis data tersebut. Nah, mari kita simak langkah-langkahnya!

Langkah 1: Membuat Google Form

1. Buka Google Drive

Pertama, buka Google Drive di browser kamu dan pastikan kamu sudah login ke akun Google milikmu.

2. Buat Form Baru

Klik tombol “New” dan pilih “Google Form” dari menu dropdown yang muncul. Halaman Google Form baru akan terbuka.

3. Desain Form Sesuai Kebutuhan

Now, design your form by adding questions, choosing response types, and customizing the formatting. You can also add images or videos to make your form more engaging. Once you’re done, click “Send” to get the link to your form.

4. Dapatkan Link Form

Copy the link provided and keep it handy. You will need this link to share your form with respondents.

5. Simpan Form

Before you exit the Google Form, make sure to save it by clicking the “Save” button in the upper right corner of the page.

6. Selesai

Jika sudah, kamu telah berhasil membuat Google Form. Sekarang, mari kita hubungkan form tersebut dengan Google Sheet.

Langkah 2: Menghubungkan Google Form ke Google Sheet

1. Buka Google Form yang Sudah Dibuat

Buka Google Drive dan cari file Google Form yang telah kamu buat sebelumnya.

2. Pilih “Respons”

Pada halaman Google Form, pilih tab “Respons” di bagian atas halaman.

3. Klik “Buat Spreadsheet Baru”

Klik tombol “Buat Spreadsheet Baru” untuk membuat spreadsheet Google Sheet yang akan digunakan untuk menyimpan respons form.

4. Beri Nama pada Spreadsheet Baru

Beri nama pada spreadsheet baru tersebut dan klik “Buat” untuk membuatnya.

5. Tautkan Google Form dengan Google Sheet

Kembali ke Google Form, klik menu “Lainnya” (ikon tiga titik vertikal) di pojok kanan atas halaman dan pilih “Tautkan Spreadsheet”.

6. Pilih Spreadsheet yang Sudah Dibuat

Pilih spreadsheet yang telah kamu buat sebelumnya dari daftar spreadsheet yang tersedia dan klik “Tautkan” untuk menghubungkannya.

7. Konfirmasi Tautan

Pada kotak dialog konfirmasi, klik “Konfirmasi” untuk mengonfirmasi bahwa kamu ingin menghubungkan Google Form dengan Google Sheet.

8. Selesai

Setelah klik konfirmasi, Google Form dan Google Sheet telah terhubung. Setiap respons yang masuk melalui Google Form akan otomatis tersimpan di Google Sheet yang telah ditautkan.

FAQ

1. Bagaimana cara membagikan Google Form kepada responden?

Untuk membagikan Google Form kepada responden, kamu dapat mengirimkan link form yang telah disediakan oleh Google Form. Kamu bisa membagikan link tersebut melalui email, chat, atau media sosial.

2. Apakah saya perlu mengedit Google Form jika sudah terhubung dengan Google Sheet?

Ya, kamu masih dapat mengedit Google Form setelah terhubung dengan Google Sheet. Perubahan yang kamu buat pada form tidak akan mempengaruhi data yang sudah masuk ke Google Sheet.

3. Bagaimana cara menghapus respons yang telah masuk ke Google Sheet?

Saat respons masuk ke Google Sheet, kamu dapat menghapusnya secara manual dengan menghapus baris yang berisi respons tersebut. Pastikan kamu tidak menghapus kolom atau seluruh lembar kerja dalam Google Sheet.

4. Bisakah saya menghubungkan Google Form yang sudah ada dengan Google Sheet?

Tentu saja! Kamu bisa menghubungkan Google Form yang telah ada dengan Google Sheet dengan mengikuti langkah-langkah pada langkah 2 di artikel ini.

5. Apa lagi yang bisa saya lakukan dengan Google Sheet yang telah terhubung dengan Google Form?

Dengan Google Sheet yang terhubung dengan Google Form, kamu dapat menggunakan berbagai fitur dan formula yang disediakan oleh Google Sheet untuk menganalisis dan memvisualisasikan data yang ada. Misalnya, kamu bisa membuat grafik atau menghitung total respons dalam waktu tertentu.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah mempelajari cara menghubungkan Google Form ke Google Sheet. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan, kamu dapat mengumpulkan data melalui Google Form dan otomatis menyimpannya di Google Sheet. Langkah ini akan sangat membantu dalam mengorganisir dan menganalisis data dengan lebih efisien. Ingatlah untuk selalu membagikan link form kepada responden dan berhati-hati dalam mengedit Google Sheet agar tidak menghapus data yang sudah ada. Teruslah eksplorasi fitur-fitur lainnya yang ada dalam Google Sheet untuk memaksimalkan analisis data kamu. Selamat mencoba!