Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Realme

Hallo sobat Gaul, pada kali ini kami akan membahas tentang cara menyembunyikan aplikasi di hp Realme. Dalam era teknologi yang semakin canggih seperti sekarang, privasi menjadi hal yang sangat penting bagi pengguna ponsel. Terkadang ada aplikasi tertentu yang ingin kita sembunyikan agar tidak terlihat oleh orang lain. Nah, kali ini kami akan memberikan cara-cara praktis untuk menyembunyikan aplikasi di hp Realme kamu. Simak selengkapnya di artikel ini!

1. Menggunakan Fitur Bawaan

Jika kamu menggunakan hp Realme, kamu tidak perlu repot mengunduh aplikasi pihak ketiga untuk menyembunyikan aplikasi. Realme sudah menyediakan fitur bawaan yang dapat kamu manfaatkan. Caranya mudah, kamu tinggal ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah-langkah:

1. Buka Pengaturan (Settings) di hp Realme kamu.

2. Gulir ke bawah dan cari opsi Aplikasi (Apps).

3. Pilih aplikasi yang ingin kamu sembunyikan.

4. Pilih “Sembunyikan aplikasi” (Hide App).

5. Selesai! Sekarang aplikasi yang kamu pilih sudah disembunyikan dan tidak akan muncul di halaman utama maupun layar aplikasi.

6. Untuk melihat aplikasi yang disembunyikan, kamu bisa mengetuk logo Realme di bagian bawah layar saat berada di halaman utama, kemudian masukkan password atau sidik jari.

7. Kamu akan melihat aplikasi yang disembunyikan dan bisa membuka mereka seperti biasa.

2. Menggunakan Pihak Ketiga

Jika fitur bawaan di hp Realme tidak memenuhi kebutuhan kamu, kamu bisa mengunduh aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu menyembunyikan aplikasi. Ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan seperti Nova Launcher, Apex Launcher, dan sebagainya. Berikut ini langkah-langkah umum untuk menyembunyikan aplikasi menggunakan aplikasi pihak ketiga:

Langkah-langkah:

1. Unduh dan instal aplikasi launcher pihak ketiga yang kamu pilih.

2. Buka aplikasi launcher tersebut.

3. Gulir ke bawah dan cari opsi “App Drawer” atau “Drawer Setting”.

4. Pilih opsi “Hidden Apps”, “Sembunyikan Aplikasi”, atau sejenisnya.

5. Pilih aplikasi yang ingin kamu sembunyikan dan simpan pengaturan.

6. Selesai! Sekarang aplikasi-aplikasi yang kamu pilih sudah disembunyikan dari layar aplikasi utama.

7. Untuk melihat aplikasi yang disembunyikan, biasanya kamu harus melakukan gesekan atau pilih ikon kunci yang muncul di layar.

3. Menggunakan Mode Privasi

Selain fitur bawaan dan aplikasi pihak ketiga, hp Realme juga memiliki fitur Mode Privasi yang dapat kamu manfaatkan. Dalam Mode Privasi, kamu dapat menyembunyikan aplikasi, foto, video, dan file pribadi lainnya. Berikut ini langkah-langkah untuk menggunakan Mode Privasi:

Langkah-langkah:

1. Buka “Pengaturan” di hp Realme kamu.

2. Gulir ke bawah dan cari opsi “Privasi” (Privacy).

3. Aktifkan “Mode Privasi” (Privacy Mode) dengan menggeser tombol ke posisi on atau mengikuti petunjuk yang diberikan.

4. Kamu akan diminta untuk mengatur pola kunci atau sidik jari sebagai pengaman untuk Mode Privasi.

5. Setelah mengatur pengaman, kamu bisa memilih aplikasi yang ingin kamu sembunyikan di Mode Privasi.

6. Selesai! Aplikasi yang kamu pilih akan tersembunyi dan hanya bisa diakses jika kamu masuk ke Mode Privasi dengan pola kunci atau sidik jari yang telah kamu atur.

7. Untuk keluar dari Mode Privasi, tinggal matikan Mode Privasi pada pengaturan atau geser layar dari atas ke bawah lalu tekan tombol “Keluar dari Mode Privasi”.

FAQ 1: Apakah fitur menyembunyikan aplikasi di hp Realme tersedia untuk semua tipe Realme?

Ya, fitur menyembunyikan aplikasi biasanya tersedia di semua tipe hp Realme. Namun, pengaturan dan langkah-langkah bisa sedikit berbeda tergantung pada tipe Realme yang kamu gunakan.

FAQ 2: Apakah aplikasi yang disembunyikan akan benar-benar hilang dari ponsel?

Tidak, aplikasi yang disembunyikan hanya akan tersembunyi dari tampilan utama ponsel. Kamu masih bisa mengakses dan menggunakan aplikasi tersebut melalui pengaturan yang sesuai.

FAQ 3: Apakah menggunakan aplikasi pihak ketiga aman?

Secara umum, menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menyembunyikan aplikasi di hp Realme aman, asalkan kamu mengunduh aplikasi yang terpercaya dari toko aplikasi resmi seperti Google Play Store.

FAQ 4: Apakah Mode Privasi akan mengunci semua aplikasi?

Tidak, dalam Mode Privasi kamu dapat memilih aplikasi mana saja yang ingin kamu sembunyikan. Aplikasi yang tidak kamu pilih masih dapat diakses seperti biasa.

FAQ 5: Bagaimana cara mengatur pola kunci atau sidik jari pada Mode Privasi?

Untuk mengatur pola kunci atau sidik jari pada Mode Privasi, kamu harus mengikuti petunjuk yang diberikan pada pengaturan Mode Privasi hp Realme kamu. Biasanya, kamu bisa menemukan opsi tersebut di bagian pengaturan keamanan atau privasi.

Kesimpulan

Menyembunyikan aplikasi di hp Realme sangatlah mudah dilakukan. Kamu bisa memanfaatkan fitur bawaan, menggunakan aplikasi pihak ketiga, atau menggunakan Mode Privasi yang disediakan oleh Realme. Dengan menyembunyikan aplikasi, kamu dapat menjaga privasi dan keamanan data pribadi kamu. Jadi, tidak ada lagi alasan untuk khawatir aplikasi-aplikasi penting di hp Realme terlihat oleh orang lain. Selamat mencoba!