Cara Screenshot di Apple iPhone 11

Hallo Sobat Gaul, pada kali ini kami akan membahas tentang cara screenshot di Apple iPhone 11. Bagi pengguna iPhone 11, mengambil tangkapan layar atau screenshot adalah hal yang umum dilakukan. Dengan mengambil screenshot, Anda dapat menyimpan gambar tampilan layar yang menarik, pesan yang penting, atau hal lain yang ingin Anda bagikan atau simpan. Berikut ini adalah beberapa cara mudah untuk mengambil screenshot di iPhone 11.

Cara Mengambil Screenshot di iPhone 11

Jika Anda ingin mengambil tangkapan layar di iPhone 11, Anda dapat menggunakan dua metode yang berbeda. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Metode 1: Menggunakan Tombol Power dan Tombol Volume Atas

Langkah pertama adalah menemukan tampilan yang ingin Anda tangkap dalam screenshot. Pastikan tampilan tersebut sudah siap dan lengkap sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

Setelah tampilan yang ingin Anda tangkap sudah siap, cari tombol Power atau Tombol Sleep/Wake yang terletak di sebelah kanan iPhone Anda. Kemudian, cari tombol Volume Atas yang terletak di sisi kiri iPhone Anda.

Selanjutnya, tekan dan tahan tombol Power atau Tombol Sleep/Wake bersamaan dengan Tombol Volume Atas. Lakukan ini secara bersamaan dan tahan kedua tombol selama beberapa detik.

Jika berhasil, Anda akan melihat layar berkedip dan mendengar suara seperti kamera yang mengambil gambar. Hal ini menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil. Anda juga dapat melihat tangkapan layar tersebut dengan membuka aplikasi Foto di iPhone Anda.

Metode 2: Menggunakan Fitur AssistiveTouch

Langkah pertama adalah memastikan bahwa fitur AssistiveTouch sudah diaktifkan di iPhone 11 Anda. Untuk mengaktifkannya, buka Pengaturan (Settings) di iPhone Anda, lalu masuk ke menu Umum (General) dan pilih menu Aksesibilitas (Accessibility). Setelah itu, pilih menu AssistiveTouch dan geser tombol ke posisi ON.

Setelah AssistiveTouch diaktifkan, tampilan AssistiveTouch akan muncul sebagai lingkaran layaknya tombol fisik di layar iPhone Anda. Posisikan lingkaran tersebut di mana saja yang tidak mengganggu tampilan yang ingin Anda screenshot.

Setelah tampilan yang ingin Anda tangkap sudah siap, sentuh lingkaran AssistiveTouch, lalu pilih menu Device > More > Screenshot. Dengan melakukan ini, iPhone Anda akan mengambil screenshot dari tampilan yang sedang ada.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

1. Apakah screenshot di iPhone 11 dapat langsung disimpan ke Galeri?

Ya, setelah Anda mengambil screenshot di iPhone 11, tangkapan layar tersebut akan secara otomatis disimpan ke aplikasi Foto di iPhone Anda.

2. Bisa tidak ya mengambil screenshot hanya dari sebagian tampilan layar?

Tentu saja! Di iPhone 11, Anda dapat mengambil screenshot hanya dari sebagian tampilan layar dengan menggunakan fitur penangkapan layar kontributor. Anda dapat masuk ke menu Pengaturan > Control Center > Customize Controls untuk menambahkan fitur tersebut ke Control Center. Setelah itu, Anda dapat membuka Control Center (dengan menggeser layar ke bawah atau dari sudut kanan atas, tergantung dari model iPhone Anda), lalu tekan dan tahan tombol penangkapan layar kontributor, dan pilih area yang ingin Anda screenshot.

3. Apakah saya bisa mengambil screenshot saat sedang dalam panggilan telepon?

Ya, Anda dapat mengambil screenshot saat sedang dalam panggilan telepon. Prosesnya sama seperti mengambil screenshot pada kondisi normal, yaitu dengan menekan dan menahan tombol Power atau Tombol Sleep/Wake bersamaan dengan Tombol Volume Atas.

4. Bagaimana cara mengambil screenshot dengan satu tangan?

Jika Anda kesulitan untuk mengambil screenshot dengan dua tangan, Anda dapat menggunakan fitur AssistiveTouch yang disebutkan sebelumnya. Dengan aktivasi AssistiveTouch, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot dengan menggunakan satu tangan saja.

5. Apakah screenshot di iPhone 11 akan mengambil suara atau hanya gambar saja?

Screenshot di iPhone 11 hanya akan mengambil gambar tampilan layar saja, tanpa mengambil suara atau audio.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas tentang cara screenshot di Apple iPhone 11. Anda dapat menggunakan dua metode yang berbeda, yaitu dengan menggunakan tombol Power dan Tombol Volume Atas, atau dengan menggunakan fitur AssistiveTouch. Dua metode tersebut sangat mudah dilakukan dan tidak memerlukan pengaturan khusus di iPhone 11. Anda juga dapat mengambil screenshot hanya dari sebagian tampilan layar dengan menggunakan fitur penangkapan layar kontributor jika diinginkan. Selain itu, beberapa pertanyaan umum seputar pengambilan screenshot di iPhone 11 juga telah dijawab untuk mempermudah pemahaman. Dengan mengetahui cara mengambil screenshot di iPhone 11, Anda dapat dengan mudah mendokumentasikan tampilan layar yang penting atau menarik, serta membagikannya dengan mudah kepada orang lain.