Cara Screenshot di iPhone 13 Series

Hallo Sobat Gaul, pada kali ini kami akan membahas tentang “cara screenshot di iPhone 13 series”. Pasti banyak dari kalian yang ingin tahu bagaimana cara mengambil screenshot di iPhone 13 series yang memiliki desain baru dan fitur canggih. Jangan khawatir, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara melakukan screenshot di iPhone 13 series. Dengan panduan ini, kamu akan dapat dengan mudah mengambil screenshot di iPhone 13, iPhone 13 Mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max.

Panduan Screenshot di iPhone 13 Series

1. Menggunakan Tombol Sisi dan Tombol Volume

Untuk mengambil screenshot di iPhone 13 series, kamu perlu menekan tombol sisi (power button) dan tombol volume secara bersamaan. Pastikan kamu menekan kedua tombol tersebut dengan cepat dan secara bersamaan. Setelah kamu menekan tombol, kamu akan mendengar suara click dan layar akan berkedip putih sebentar. Screenshot akan otomatis tersimpan di Galeri foto iPhone kamu.

2. Menggunakan AssistiveTouch

Apabila kamu tidak ingin menggunakan tombol fisik untuk mengambil screenshot, kamu bisa memanfaatkan fitur AssistiveTouch. Untuk mengaktifkan AssistiveTouch, buka Pengaturan (Settings) kemudian pilih “Keterjangkauan” (Accessibility). Selanjutnya, geser ke bawah dan pilih “AssistiveTouch”. Aktifkan AssistiveTouch dengan menggeser tombol “AssistiveTouch” ke posisi ON (hijau).

Setelah AssistiveTouch aktif, kamu tinggal menyentuh ikon AssistiveTouch di layar, lalu pilih “Device”. Pada menu Device, kamu akan menemukan tombol untuk mengambil screenshot. Setelah kamu menekan tombol screenshot, layar akan berkedip putih dan screenshot akan disimpan di Galeri foto iPhone 13 series kamu.

3. Menggunakan Siri

Salah satu cara unik untuk mengambil screenshot di iPhone 13 series adalah menggunakan bantuan dari Siri. Pastikan kamu sudah mengaktifkan Siri di pengaturan iPhone kamu. Untuk mengambil screenshot menggunakan Siri, aktifkan Siri dengan menekan dan menahan tombol samping atau katakan “Hey Siri”. Setelah Siri aktif, katakan “Take a screenshot” atau “Ambil screenshot”. Siri akan langsung mengambil screenshot dan menyimpannya di Galeri foto iPhone kamu.

4. Menggunakan Apple Pencil

Bagi kamu yang menggunakan Apple Pencil dengan iPhone 13 series, kamu bisa menggunakan Apple Pencil untuk mengambil screenshot dengan mudah. Pastikan Apple Pencil sudah terhubung dengan iPhone kamu. Setelah itu, cukup letakkan Apple Pencil di atas layar dan gesekkan Apple Pencil dari bawah ke atas layar. Layar akan berkedip putih sebentar, menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil dan disimpan di Galeri foto.

5. Menggunakan Screenshot Timer

iPhone 13 series juga dilengkapi dengan fitur timer untuk mengambil screenshot. Fitur ini berguna jika kamu ingin melakukan screenshot saat sedang sulit menekan tombol atau saat kamu ingin menyiapkan sesuatu di layar terlebih dahulu. Untuk menggunakan fitur screenshot timer, buka Pengaturan (Settings) kemudian pilih “Kamera” (Camera). Pada bagian “Timer”, pilih waktu yang diinginkan (3 detik atau 10 detik).

Setelah mengatur timer, buka aplikasi atau layar yang ingin di-screenshot, tekan tombol sisi dan tombol volume secara bersamaan, dan tahan kedua tombol tersebut sampai timer selesai. Setelah timer berakhir, screenshot akan otomatis diambil dan tersimpan di Galeri foto iPhone 13 series kamu.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apakah semua model iPhone 13 series memiliki cara screenshot yang sama?

Tentu! Cara mengambil screenshot di iPhone 13, iPhone 13 Mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max sama persis. Kamu hanya perlu menekan tombol sisi dan tombol volume secara bersamaan atau mengaktifkan AssistiveTouch untuk mengambil screenshot.

2. Bisakah saya mengambil screenshot tanpa menekan tombol pada iPhone 13 series?

Ya, kamu bisa menggunakan AssistiveTouch untuk mengambil screenshot tanpa perlu menekan tombol pada iPhone 13 series. Aktifkan AssistiveTouch dan pilih tombol screenshot di menu Device.

3. Apakah saya bisa mengambil screenshot dengan gestur di iPhone 13 series?

Untuk saat ini, Apple belum menyediakan fitur mengambil screenshot dengan gestur di iPhone 13 series. Namun, kamu bisa menggunakan Apple Pencil untuk mengambil screenshot dengan gestur gesekkan dari bawah ke atas layar.

4. Di mana saya bisa menemukan screenshot yang sudah saya ambil di iPhone 13 series?

Screenshot yang kamu ambil akan otomatis disimpan di Galeri foto iPhone 13 series kamu. Buka aplikasi Foto di iPhone kamu, dan cari folder “Screenshot” untuk melihat semua screenshot yang sudah kamu ambil.

5. Bisakah saya mengatur waktu jeda sebelum screenshot diambil di iPhone 13 series?

Ya, kamu bisa menggunakan fitur timer yang tersedia di iPhone 13 series untuk mengatur waktu jeda sebelum screenshot diambil. Buka Pengaturan (Settings), pilih “Kamera” (Camera), dan atur waktu jeda pada bagian “Timer”.

Kesimpulan

Pada kesimpulannya, mengambil screenshot di iPhone 13 series sangatlah mudah dilakukan. Kamu bisa menggunakan tombol sisi dan tombol volume secara bersamaan, mengaktifkan AssistiveTouch, memanfaatkan Siri, menggunakan Apple Pencil, atau menggunakan fitur screenshot timer. Pilihlah metode yang paling nyaman bagi kamu sesuai dengan kebutuhan dan preferensi. Dengan memahami cara-cara ini, kamu dapat dengan mudah mengambil screenshot di iPhone 13, iPhone 13 Mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max.

Jadi, jangan ragu untuk mengambil screenshot di iPhone 13 series dan bagikan momen-momen pentingmu melalui screenshot yang kamu ambil. Semoga panduan ini bermanfaat dan membantu kamu dalam mengambil screenshot di iPhone 13 series. Selamat mencoba!