Cara Screenshot di Oppo A31

Hallo Sobat Gaul, pada kali ini kami akan membahas tentang cara screenshot di Oppo A31. Bagi pengguna Oppo A31, mungkin seringkali mengalami kebingungan saat ingin mengambil tangkapan layar atau screenshot di ponsel ini. Tenang saja, kami akan memberikan panduan yang mudah dipahami untuk melakukan screenshot di Oppo A31. Jadi, simak artikel ini sampai habis ya!

Panduan Screenshot di Oppo A31

1. Metode 1: Gunakan Tombol Fisik

Pertama, kami akan membahas metode screenshot yang menggunakan tombol fisik pada Oppo A31. Caranya sangat mudah, cukup tekan tombol volume bawah dan tombol power secara bersamaan dalam waktu yang singkat. Setelah itu, Layar akan berkedip dan tangkapan layar sudah berhasil diambil. Anda bisa menemukan screenshot yang diambil di folder Galeri atau Foto di ponsel Oppo A31 Anda.

2. Metode 2: Gunakan Tombol Floating

Jika Anda lebih suka menggunakan fitur tombol floating, Anda juga bisa melakukannya di Oppo A31. Anda hanya perlu membuka menu Pengaturan dengan menggesekkan layar dari atas ke bawah, lalu pilih ikon dengan gambar lingkaran dan titik tiga di bagian bawah layar. Setelah itu, pilih opsi Screenshot untuk mengambil tangkapan layar. Screenshot yang diambil akan tersimpan di folder Galeri atau Foto.

3. Metode 3: Gunakan Gestur Tangan

Selain menggunakan tombol, Oppo A31 juga menyediakan fitur untuk mengambil tangkapan layar dengan gestur tangan. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menggesekkan tiga jari secara bersamaan dari atas ke bawah pada layar ponsel. Layar akan berkedip dan screenshot akan tersimpan di folder Galeri atau Foto dengan cepat.

4. Metode 4: Gunakan Fitur Pengambilan Tangkapan Layar Panjang

Oppo A31 juga dilengkapi dengan fitur pengambilan tangkapan layar panjang yang sangat berguna untuk mengambil screenshot pada halaman web, chat panjang, atau konten yang membutuhkan lebih dari satu layar. Anda bisa mengaktifkan fitur ini dengan membuka menu Pengaturan, lalu pilih menu Pengambilan dan dapatkan. Kemudian, aktifkan opsi Pengambilan Tangkapan Layar Panjang. Anda tinggal membuka halaman yang ingin Anda screenshot, gesekkan tiga jari dari atas ke bawah, dan screenshot panjangpun akan tersedia di Galeri atau Foto.

5. Metode 5: Gunakan Screenshot Editor

Jika Anda ingin memberikan sentuhan kreatif pada tangkapan layar yang diambil, Oppo A31 memiliki fitur Screenshot Editor yang memungkinkan Anda untuk mengedit maupun menambahkan catatan pada tangkapan layar. Setelah mengambil screenshot menggunakan salah satu metode di atas, Anda akan langsung diberikan pilihan untuk langsung mengedit screenshot tersebut. Gunakan fitur ini untuk menambahkan teks, garis, atau melingkari bagian penting pada tangkapan layar.

6. Metode 6: Gunakan Screenshot Scheduler

Jika Anda seringkali perlu mengambil tangkapan layar pada waktu tertentu, Oppo A31 juga menyediakan fitur Screenshot Scheduler. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengatur waktu dan tanggal untuk secara otomatis mengambil screenshot pada masa yang akan datang. Anda bisa mengaktifkan fitur ini dengan membuka menu Pengaturan, pilih menu Cetak dan Mengambil, lalu aktifkan opsi Screenshot Scheduler. Anda bisa mengatur waktu dan tanggal sesuai kebutuhan Anda.

7. Metode 7: Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Terakhir, jika Anda membutuhkan fitur lanjutan untuk pengambilan tangkapan layar, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Play Store. Beberapa aplikasi populer seperti Screenshot Easy, Screenshot Capture, atau Screenshot Ultimate bisa menjadi pilihan Anda. Anda tinggal mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut, lalu ikuti petunjuk yang diberikan untuk mengambil tangkapan layar dengan menggunakan aplikasi tersebut.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah saya bisa mengambil screenshot di Oppo A31 tanpa menggunakan tombol fisik?

Iya, Anda bisa menggunakan metode lain seperti tombol floating, gestur tangan, atau fitur pengambilan tangkapan layar panjang.

2. Bagaimana cara mengedit screenshot di Oppo A31?

Anda dapat menggunakan fitur Screenshot Editor yang tersedia di Oppo A31 untuk mengedit tangkapan layar yang telah diambil.

3. Apakah Oppo A31 memiliki fitur untuk mengatur waktu pengambilan screenshot?

Ya, Oppo A31 memiliki fitur Screenshot Scheduler yang memungkinkan Anda untuk secara otomatis mengambil screenshot pada waktu yang telah Anda tentukan.

4. Bisakah saya menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengambil tangkapan layar di Oppo A31?

Tentu saja, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Play Store seperti Screenshot Easy, Screenshot Capture, atau Screenshot Ultimate.

5. Di mana saya dapat menemukan tangkapan layar yang telah diambil di Oppo A31?

Tangkapan layar yang telah diambil akan disimpan di folder Galeri atau Foto di ponsel Oppo A31 Anda.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas tentang cara screenshot di Oppo A31. Kami memberikan panduan langkah demi langkah dalam melakukan screenshot di Oppo A31 menggunakan berbagai metode yang tersedia. Anda dapat menggunakan tombol fisik, tombol floating, gestur tangan, atau fitur pengambilan tangkapan layar panjang yang telah disediakan oleh Oppo A31. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan fitur Screenshot Editor dan Screenshot Scheduler yang tersedia pada ponsel ini. Jika Anda membutuhkan fitur lebih lanjut, Anda juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Play Store. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mengambil tangkapan layar di Oppo A31. Selamat mencoba!