Cara Screenshot di Poco M5 dan Poco M5s

Hallo Sobat Gaul, pada kali ini kami akan membahas tentang cara screenshot di Poco M5 dan Poco M5s. Screenshot merupakan fitur yang sangat berguna dalam mengabadikan tampilan layar smartphone. Dengan mengambil screenshot, kita dapat membagikan momen-momen penting, hasil tangkapan layar gambar atau pesan, serta berbagi layar dengan teman-teman. Bagi pengguna Poco M5 dan Poco M5s, kali ini kami akan memandu Anda langkah demi langkah untuk melakukan screenshot dengan mudah dan cepat. Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Menggunakan Tombol Power dan Volume Bawah

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk melakukan screenshot di Poco M5 dan Poco M5s adalah dengan menggunakan kombinasi tombol Power dan Volume Bawah. Berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1:

Pastikan tampilan layar yang ingin Anda screenshot sudah siap.

Langkah 2:

Tekan tombol Power dan Volume Bawah secara bersamaan dan tahan selama beberapa detik hingga layar berkedip atau terdengar suara penangkapan layar.

Langkah 3:

Selanjutnya, Anda dapat menemukan screenshot yang telah diambil di Galeri atau dalam folder Screenshots.

Langkah 4:

Jika ingin mengedit screenshot, Anda dapat membuka gambar tersebut dan memodifikasinya sesuai keinginan menggunakan aplikasi pengedit foto bawaan atau aplikasi pihak ketiga.

2. Menggunakan Pintasan Layar

Selain menggunakan kombinasi tombol, Poco M5 dan Poco M5s juga menghadirkan fitur pintasan layar yang memudahkan pengguna untuk melakukan screenshot. Berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1:

Buka layar atau aplikasi yang ingin Anda screenshot.

Langkah 2:

Seret tiga jari dari bagian atas layar ke bawah dan tahan selama beberapa detik hingga layar berkedip atau terdengar suara penangkapan layar.

Langkah 3:

Screenshot yang telah diambil akan langsung ditampilkan di bawah layar dengan pilihan untuk mengedit atau membagikannya.

Langkah 4:

Jika ingin mengedit screenshot, Anda dapat memilih opsi edit yang disediakan atau membuka gambar tersebut di aplikasi pengedit foto pilihan Anda.

3. Menggunakan Fitur Screenshot Panjang

Poco M5 dan Poco M5s juga menyediakan fitur screenshot panjang yang memungkinkan pengguna untuk mengambil tangkapan layar dalam bentuk gambar yang lebih panjang dari halaman yang sedang ditampilkan. Berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1:

Buka halaman atau aplikasi yang ingin Anda ambil tangkapan layarnya.

Langkah 2:

Aktifkan pintasan layar dengan menyeret tiga jari dari bagian atas layar ke bawah atau gunakan kombinasi tombol Power dan Volume Bawah.

Langkah 3:

Ketika muncul opsi screenshot, pilih ikon screenshot panjang yang biasanya berada di sebelah kanan atau bawah tampilan.

Langkah 4:

Mulailah menggulirkan layar ke bawah secara perlahan hingga mencapai akhir halaman yang ingin Anda screenshot.

Langkah 5:

Screenshot panjang akan tersimpan di Galeri atau dalam folder Screenshots dengan mendapatkan nama berdasarkan judul halaman atau aplikasi yang diambil.

4. Menggunakan Screenshot Timer

Fitur lain yang tersedia di Poco M5 dan Poco M5s adalah screenshot timer, yang memungkinkan pengguna untuk mengatur penundaan sebelum tangkapan layar diambil. Fitur ini sangat berguna saat ingin mengambil screenshot yang melibatkan interaksi yang membutuhkan waktu. Berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1:

Buka halaman atau aplikasi yang ingin Anda screenshot.

Langkah 2:

Aktifkan pintasan layar atau gunakan kombinasi tombol Power dan Volume Bawah untuk memunculkan opsi screenshot.

Langkah 3:

Pilih opsi timer yang biasanya berada di bawah atau atas tampilan layar.

Langkah 4:

Tentukan waktu penundaan sebelum screenshot diambil. Pilih antara beberapa detik hingga beberapa menit.

Langkah 5:

Tekan tombol shutter atau tunggu hingga waktu penundaan berakhir untuk mengambil screenshot.

5. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain fitur bawaan, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengambil screenshot di Poco M5 dan Poco M5s. Berikut beberapa rekomendasi aplikasi screenshot yang dapat Anda coba:

1. Screenshot Easy

Screenshot Easy adalah aplikasi yang mudah digunakan untuk mengambil screenshot. Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengambil tangkapan layar dengan cepat hanya dengan mengguncangkan perangkat atau mengklik ikon aplikasi yang melayang di layar.

2. Screenshot Capture

Salah satu fitur menarik dari Screenshot Capture adalah kemampuannya untuk mengambil screenshot panjang, mirip dengan fitur bawaan di Poco M5 dan Poco M5s. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan editor gambar sederhana untuk mengedit screenshot yang telah diambil.

3. Super Screenshot

Super Screenshot adalah aplikasi screenshot dengan berbagai opsi pengambilan screenshot, termasuk pilihan tangkapan layar panjang. Aplikasi ini juga mendukung fitur cropping, annotating, dan penandaan pada screenshot.

4. Screenshot Touch

Dengan Screenshot Touch, Anda dapat mengambil screenshot hanya dengan mengetuk ikon aplikasi yang melayang di layar. Aplikasi ini juga menyediakan opsi untuk menggabungkan beberapa tangkapan layar menjadi satu gambar.

5. AZ Screen Recorder

Jika Anda membutuhkan screencast atau merekam layar, AZ Screen Recorder adalah pilihan yang tepat. Selain merekam layar, aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot dengan mudah.

Pertanyaan Umum (FAQ)

1. Bagaimana cara melihat screenshot yang telah diambil?

Setelah Anda mengambil screenshot, Anda bisa menemukannya di Galeri atau dalam folder khusus bernama “Screenshots”.

2. Apakah ada opsi untuk mengedit screenshot setelah diambil?

Ya, setelah screenshot diambil, Anda dapat mengeditnya menggunakan aplikasi pengedit foto bawaan atau menggunakan aplikasi pihak ketiga.

3. Apakah Poco M5 dan Poco M5s memiliki fitur screenshot panjang?

Ya, kedua smartphone tersebut dilengkapi dengan fitur screenshot panjang yang memungkinkan Anda mengambil tangkapan layar dalam bentuk gambar yang lebih panjang dari halaman yang sedang ditampilkan.

4. Bagaimana cara menggunakan fitur screenshot timer di Poco M5 dan Poco M5s?

Untuk menggunakan fitur screenshot timer, Anda perlu mengaktifkan opsi timer saat memilih opsi screenshot. Kemudian, tentukan waktu penundaan sebelum screenshot diambil.

5. Bisa minta rekomendasi aplikasi screenshot pihak ketiga?

Tentu, beberapa rekomendasi aplikasi screenshot pihak ketiga yang dapat Anda coba adalah Screenshot Easy, Screenshot Capture, Super Screenshot, Screenshot Touch, dan AZ Screen Recorder.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas tentang cara melakukan screenshot di Poco M5 dan Poco M5s. Terdapat beberapa metode yang bisa Anda gunakan, antara lain menggunakan tombol power dan volume bawah, pintasan layar, fitur screenshot panjang, screenshot timer, atau menggunakan aplikasi pihak ketiga. Dengan menguasai cara-cara ini, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot untuk berbagai keperluan. Jangan lupa untuk mencoba beberapa aplikasi screenshot pihak ketiga yang telah kami rekomendasikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!