Cara Screenshot di Realme 10

Hallo, Sobat Gaul! Pada kali ini kami akan membahas tentang cara screenshot di Realme 10. Apakah kamu sering merasa kesulitan ketika ingin mengambil tangkapan layar di smartphone Realme 10? Tenang, di artikel ini kami akan membantu kamu untuk memahami dan menguasai cara screenshot di Realme 10 dengan mudah. Yuk, simak selengkapnya!

1. Menggunakan Tombol Fisik

Metode pertama yang dapat kamu gunakan untuk mengambil screenshot di Realme 10 adalah dengan menggunakan kombinasi tombol fisik. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu menekan tombol power dan tombol volume bawah secara bersamaan selama beberapa detik. Setelah itu, layar akan berkedip dan tangkapan layar akan langsung tersimpan di galeri ponselmu.

2. Menggunakan Screenshot Gesture

Realme 10 juga menyediakan fitur screenshot gesture yang memudahkan penggunanya untuk mengambil screenshot hanya dengan menggunakan gesture tangan. Kamu dapat mengaktifkan fitur ini dengan membuka Pengaturan, lalu pilih Pengaturan Sistem, geser ke bawah dan pilih Gestur dan Navigasi, aktifkan opsi Screenshot Gesture. Setelah itu, kamu dapat mengambil screenshot dengan menjentikkan tangan di atas layar.

3. Menggunakan Menu Power

Jika tombol volume pada Realme 10mu sulit dijangkau, kamu juga dapat menggunakan menu power untuk mengambil screenshot. Caranya, kamu hanya perlu menekan dan tahan tombol power beberapa detik hingga muncul menu pop-up, lalu pilih Screenshot. Tangkapan layar akan secara otomatis tersimpan setelah itu.

4. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika kamu ingin memiliki lebih banyak kontrol dan fitur saat mengambil screenshot di Realme 10, kamu dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga. Terdapat berbagai aplikasi screenshot yang dapat kamu temukan di Google Play Store, seperti “Screenshot Easy” atau “Screenshot Touch”. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi yang diinginkan, ikuti instruksi pengaturannya, dan kamu siap mengambil screenshot dengan lebih banyak fitur.

5. Menggunakan Screenshot Timer

Realme 10 juga dilengkapi dengan fitur screenshot timer yang memungkinkanmu untuk mengatur waktu tunggu sebelum mengambil tangkapan layar. Fitur ini sangat berguna jika kamu ingin mengambil screenshot dari menu dropdown atau menu dengan animasi. Caranya, buka menu pengaturan Screenshot Timer, atur waktu yang diinginkan, dan klik tombol timer ketika kamu ingin mengambil screenshot tersebut. Setelah waktu tunggu selesai, tangkapan layar akan terambil secara otomatis.

6. Menggunakan Fitur Touch Assist

Jika kamu memiliki masalah dalam mengaktifkan fitur screenshot di Realme 10, kamu bisa mencoba menggunakan fitur Touch Assist. Fitur ini dapat membantu kamu dalam mengambil tangkapan layar dengan cara menyentuh beberapa opsi yang ada di layar seperti tombol home, back, dan lainnya. Kamu dapat mengaktifkan fitur ini dengan membuka Pengaturan, lalu pilih Aksesibilitas, gulir ke bawah dan pilih Assistive Ball, aktifkan opsi Touch Assist.

7. Menggunakan Google Assistant

Jika kamu tidak ingin repot-repot menggunakan tombol atau gesture, kamu dapat memanfaatkan bantuan Google Assistant untuk mengambil screenshot di Realme 10. Cukup panggil dengan mengatakan “Ok Google” atau tekan dan tahan tombol home, lalu katakan “Ambil screenshot” atau “Take a screenshot”. Google Assistant akan langsung mengambil tangkapan layar tanpa perlu menggunakan tanganmu.

8. Menggunakan Fitur Game Space

Jika kamu sering bermain game di Realme 10, kamu dapat menggunakan fitur Game Space untuk mengambil screenshot dengan mudah. Caranya, aktifkan fitur Game Space dengan membuka Game Space, pilih ikon menu di pojok kanan atas, lalu pilih Screenshot. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengambil tangkapan layar tanpa harus keluar dari game yang sedang dimainkan.

9. Menggunakan Fitur Three-Finger Screenshot

Realme 10 juga dilengkapi dengan fitur Three-Finger Screenshot yang memungkinkanmu untuk mengambil screenshot hanya dengan menggesekkan tiga jari di layar. Kamu dapat mengaktifkan fitur ini dengan membuka Pengaturan, lalu pilih Pengaturan Sistem, gulir ke bawah dan pilih Gestur dan Navigasi, aktifkan opsi Three-Finger Screenshot. Setelah itu, kamu hanya perlu mengepalkan tiga jari di layar ponsel untuk mengambil screenshot.

10. Menggunakan Fitur Scrolling Screenshot

Jika kamu ingin mengambil tangkapan layar dari halaman web atau dokumen panjang di Realme 10, kamu dapat menggunakan fitur Scrolling Screenshot. Setelah mengambil screenshot pertama dengan metode yang telah dijelaskan sebelumnya, akan muncul opsi “Gulirkan” atau “Scroll” di bagian bawah layar. Klik opsi tersebut untuk menggulir halaman dan terus mengambil tangkapan layar hingga mencapai bagian yang diinginkan.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah Realme 10 memiliki fitur built-in untuk mengambil screenshot?

Ya, Realme 10 dilengkapi dengan beberapa fitur bawaan yang memudahkan pengguna untuk mengambil screenshot, seperti menggunakan tombol fisik, screenshot gesture, menu power, dan lainnya.

2. Bisakah saya menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengambil screenshot di Realme 10?

Tentu saja! Kamu dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengambil screenshot di Realme 10. Berbagai aplikasi screenshot yang tersedia di Google Play Store dapat membantu kamu untuk mengambil screenshot dengan lebih banyak fitur.

3. Bagaimana cara menggunakan fitur Scrolling Screenshot di Realme 10?

Untuk menggunakan fitur Scrolling Screenshot di Realme 10, kamu perlu mengambil screenshot pertama seperti biasa. Setelah itu, klik opsi “Gulirkan” atau “Scroll” yang muncul di bagian bawah layar untuk terus mengambil tangkapan layar saat menggulir halaman.

4. Apakah saya dapat mengambil screenshot di Realme 10 dengan suara?

Realme 10 tidak memiliki fitur bawaan untuk mengambil screenshot dengan menggunakan suara. Namun, kamu dapat memanfaatkan Google Assistant untuk mengambil screenshot dengan perintah suara.

5. Bisakah saya mengambil screenshot dari video di Realme 10?

Ya, kamu dapat mengambil screenshot dari video di Realme 10 dengan menggunakan metode yang telah dijelaskan sebelumnya. Namun, perlu diingat bahwa mengambil screenshot dari video mungkin menghasilkan gambar yang kurang berkualitas.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas berbagai cara untuk mengambil screenshot di Realme 10. Mulai dari menggunakan tombol fisik, screenshot gesture, menu power, hingga fitur-fitur khusus seperti screenshot timer dan touch assist. Kami juga menyarankan penggunaan aplikasi pihak ketiga jika kamu ingin memiliki lebih banyak fitur saat mengambil screenshot.

Kamu dapat memilih metode yang paling sesuai dengan preferensimu untuk mengambil tangkapan layar di Realme 10. Penting untuk diingat bahwa setiap metode memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Jadi, cobalah metode yang berbeda dan temukan yang paling nyaman bagimu.

Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam menguasai cara screenshot di Realme 10. Jika kamu memiliki pertanyaan lain terkait topik ini, jangan ragu untuk menanyakannya pada kolom komentar di bawah. Terima kasih telah membaca, Sobat Gaul!