Cara Screenshot di Xiaomi 11T dan 11T Pro

Hallo Sobat Gaul, pada kali ini kami akan membahas tentang “cara screenshot di Xiaomi 11T dan 11T Pro”.

Pengenalan Xiaomi 11T dan 11T Pro

Xiaomi 11T dan 11T Pro adalah smartphone terbaru dari Xiaomi yang dilengkapi dengan fitur-fitur canggih dan kamera yang mumpuni. Salah satu fitur yang sangat berguna dan sering digunakan pada smartphone adalah fitur screenshot. Dengan fitur ini, kita dapat dengan mudah menyimpan tampilan layar ponsel dalam bentuk gambar. Dalam artikel ini, kami akan membahas berbagai cara untuk melakukan screenshot di Xiaomi 11T dan 11T Pro.

Cara Screenshot Menggunakan Tombol Fisik

Salah satu cara paling umum untuk melakukan screenshot di Xiaomi 11T dan 11T Pro adalah dengan menggunakan tombol fisik pada smartphone ini. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi atau tampilan layar yang ingin Anda screenshot.

2. Tekan dan tahan tombol power (tombol di sisi kanan) dan tombol volume down (tombol di sisi kiri) secara bersamaan.

3. Setelah Anda mendengar suara shutter dan melihat animasi menangkap layar, itu berarti screenshot sudah berhasil diambil.

4. Anda dapat menemukan screenshot yang baru diambil di Galeri atau di folder Screenshot di aplikasi Pengelola File.

Jika Anda tidak berhasil melakukan screenshot dengan cara ini, Anda dapat mencoba metode lain yang akan kami bahas selanjutnya.

Cara Screenshot Menggunakan Gesture

Xiaomi juga menyediakan fitur screenshot menggunakan gesture di Xiaomi 11T dan 11T Pro. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot dengan mudah hanya dengan menggesekkan tangan di atas layar. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Pastikan Anda telah mengaktifkan gesture screenshot di pengaturan ponsel. Anda dapat melakukannya dengan masuk ke Pengaturan, pilih Tambahan, pilih Gestur&Gerakan, dan aktifkan Gesture Screenshot.

2. Buka aplikasi atau tampilan layar yang ingin Anda screenshot.

3. Usapkan tiga jari secara bersamaan dari atas ke bawah layar.

4. Layar akan berkedip dan Anda akan melihat animasi screenshot berhasil diambil.

5. Screenshot akan tersimpan di Galeri atau di folder Screenshot di aplikasi Pengelola File.

Cara Screenshot Menggunakan Fitur Screenshot Penuh

Jika Anda ingin menangkap seluruh tampilan layar dan menggabungkannya menjadi satu gambar, Xiaomi 11T dan 11T Pro juga memiliki fitur screenshot penuh. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi atau tampilan layar yang ingin Anda tangkap.

2. Tarik menu notifikasi ke bawah dan pilih opsi “Screenshot Penuh”.

3. Anda akan melihat tampilan layar digulir secara otomatis dan mengambil beberapa screenshot.

4. Setelah proses selesai, Anda dapat mengedit atau memotong bagian yang tidak ingin ditampilkan pada screenshot.

5. Screenshot penuh akan tersimpan di Galeri atau di folder Screenshot di aplikasi Pengelola File.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Bagaimana cara melihat screenshot yang telah diambil?

Untuk melihat screenshot yang telah diambil di Xiaomi 11T dan 11T Pro, Anda dapat membuka aplikasi Galeri atau membuka folder Screenshot di aplikasi Pengelola File.

2. Dapatkah saya mengedit screenshot setelah diambil?

Ya, Xiaomi 11T dan 11T Pro memiliki fungsi pengeditan gambar bawaan yang memungkinkan Anda untuk mengedit screenshot setelah diambil. Anda dapat memotong, menambahkan teks, atau menerapkan filter pada screenshot yang ingin Anda edit.

3. Bisakah saya berbagi screenshot ke media sosial?

Tentu saja! Setelah Anda mengambil screenshot, Anda dapat membagikannya ke media sosial atau aplikasi lainnya seperti WhatsApp, Instagram, atau Facebook. Cukup buka screenshot di Galeri atau Pengelola File, dan pilih opsi berbagi.

4. Bagaimana jika saya tidak dapat mengambil screenshot dengan tombol fisik?

Jika Anda mengalami masalah dalam mengambil screenshot dengan tombol fisik, Anda dapat mencoba menggunakan metode gesture atau fitur screenshot penuh yang telah dijelaskan sebelumnya.

5. Dapatkah saya mengubah lokasi penyimpanan screenshot?

Tentu saja! Xiaomi 11T dan 11T Pro memungkinkan Anda untuk mengubah lokasi penyimpanan default untuk screenshot. Anda dapat melakukannya dengan masuk ke Pengaturan, pilih Tambahan, pilih Screenshot, dan ubah lokasi penyimpanan yang diinginkan.

Kesimpulan

Pada artikel ini, kami telah membahas berbagai cara untuk melakukan screenshot di Xiaomi 11T dan 11T Pro. Anda dapat menggunakan tombol fisik, gesture, atau fitur screenshot penuh untuk mengambil screenshot dengan mudah dan cepat. Selain itu, Anda juga dapat mengedit dan berbagi screenshot yang telah diambil. Jangan lupa untuk mengatur lokasi penyimpanan default untuk screenshot sesuai dengan preferensi Anda. Dengan mengetahui cara screenshot di Xiaomi 11T dan 11T Pro, Anda dapat dengan mudah menyimpan dan berbagi momen penting dari layar ponsel Anda.