Cara Screenshot HP Oppo

Hallo Sobat Gaul, pada kali ini kami akan membahas tentang cara screenshot HP Oppo. Bagi pengguna HP Oppo, fitur screenshot memang menjadi salah satu fitur yang cukup penting. Dengan fitur ini, kita bisa dengan mudah mengambil gambar layar HP tanpa menggunakan kamera. Nah, berikut ini akan kami jelaskan beberapa cara screenshot HP Oppo yang bisa kamu coba.

1. Cara Screenshot dengan Tombol Fisik

Cara pertama yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan tombol fisik pada HP Oppo. Caranya cukup mudah, yaitu tekan tombol Volume Bawah dan tombol Power secara bersamaan selama beberapa detik. Setelah itu, gambar layar HP akan terambil dan disimpan di galeri.

Hal ini bisa sangat berguna ketika kamu ingin mengambil screenshot saat bermain game atau sedang menonton video. Kamu tidak perlu repot-repot mencari tombol screenshot di layar, karena menggunakan tombol fisik akan lebih praktis.

Perlu diingat, untuk bisa menggunakan fitur ini, pastikan kamu menekan kedua tombol dalam waktu yang cukup lama. Jika terlalu cepat, maka HP hanya akan mati atau mengurangi volume suara.

Terus, bagaimana jika tombol fisik HP kamu rusak? Tenang, masih ada beberapa cara lain yang bisa kamu coba untuk screenshot HP Oppo.

Berikutnya, mari kita bahas cara screenshot HP Oppo menggunakan tombol virtual di layar.

2. Cara Screenshot dengan Tombol Virtual

Jika tombol fisik pada HP Oppo kamu rusak, jangan khawatir. Oppo menyediakan tombol virtual di layar yang dapat digunakan untuk screenshot. Caranya hampir sama dengan menggunakan tombol fisik, yaitu tekan tombol Volume Bawah dan tombol Power secara bersamaan.

Perbedaannya, tombol Volume Bawah dan tombol Power ini ada di layar, dan biasanya berada di bagian bawah layar. Jadi, kamu cukup menekan kedua tombol tersebut secara bersamaan, dan screenshot akan langsung terambil.

Jika tombol virtual ini tidak muncul di layar HP Oppo kamu, coba periksa pengaturan HP terlebih dahulu. Pastikan fitur tombol screenshot virtual sudah diaktifkan. Jika belum, kamu bisa mengaktifkannya di menu Pengaturan > Tombol dan Gerakan > Screenshot Virtual.

Dengan menggunakan tombol virtual, kamu tetap bisa mengambil screenshot meskipun tombol fisik HP kamu rusak. Sangat praktis, bukan?

3. Cara Screenshot dengan Gesture Tangan

Selain menggunakan tombol fisik atau tombol virtual, HP Oppo juga menyediakan fitur screenshot menggunakan gesture tangan. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengambil screenshot hanya dengan melambaikan tangan di depan layar.

Caranya juga cukup mudah. Pertama, pastikan fitur Gesture Tangan sudah diaktifkan di pengaturan HP kamu. Kemudian, buka layar yang ingin kamu screenshot. Ketika layar sudah siap, aktifkan fitur Gesture Tangan dengan membentuk tanda O dengan jari-jari tanganmu.

Kemudian, dekatkan tanganmu ke depan layar dan tepat ketika HP Oppo mendeteksi gerakan tanganmu, screenshot akan terambil dengan sendirinya. Screenshot ini juga akan langsung tersimpan di galeri HP kamu.

Fitur Gesture Tangan ini sangat berguna ketika HP Oppo kamu sedang diletakkan di meja atau di tempat lain yang sulit dijangkau. Kamu tidak perlu repot-repot mengambil HP Oppo, hanya dengan melambaikan tangan, screenshot sudah bisa terambil.

4. Cara Screenshot dengan Fitur 3 Jari

Bagi pengguna HP Oppo yang lebih menyukai cara yang lebih simpel, ada fitur 3 jari yang bisa kamu manfaatkan. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengambil screenshot hanya dengan mengusapkan tiga jari sekaligus di layar HP.

Caranya juga cukup mudah. Aktifkan fitur 3 Jari di pengaturan HP Oppo kamu. Kemudian, buka layar yang ingin kamu screenshot. Setelah itu, tempatkan tiga jari secara horizontal di layar dan selangkah untuk mengusapkannya ke arah bawah.

Jika berhasil, maka layar HP Oppo akan mengeluarkan suara shutter dan gambar screenshot langsung tersimpan di galeri. Sangat praktis dan tidak ribet, bukan?

5. Cara Screenshot dengan ColorOS

Untuk pengguna HP Oppo dengan sistem operasi ColorOS, melakukan screenshot juga sangat mudah. ColorOS menyediakan fitur yang mendukung pengambilan screenshot dengan cepat dan simpel.

Pertama, buka layar yang ingin kamu screenshot. Selanjutnya, buka panel notifikasi dengan menggesekkan jari dari atas layar ke bawah. Kemudian, cari ikon screenshot dan tap pada ikon tersebut.

Setelah itu, gambar screenshot akan langsung terambil dan disimpan di galeri. Fitur ini memudahkan kamu untuk mengambil screenshot tanpa harus menggunakan tombol fisik atau tombol virtual.

Lebih praktis dan tentunya akan menghemat waktu kamu dalam mengambil screenshot HP Oppo kamu.

6. Cara Screenshot Full Page

Mungkin ada beberapa halaman web yang ingin kamu screenshot secara keseluruhan, bukan hanya tampilan yang terlihat di layar. Oppo menyediakan fitur khusus untuk mengambil screenshot full page.

Caranya juga cukup mudah. Buka halaman web yang ingin kamu screenshot secara keseluruhan. Selanjutnya, aktifkan menu Kontrol Gestur dengan membentuk huruf S di layar HP Oppo kamu.

Kemudian, kamu bisa menggeser tiga jari sekaligus dari atas ke bawah di layar untuk mengambil screenshot full page. Gambar yang dihasilkan akan mencakup seluruh konten halaman web, mulai dari bagian atas hingga bagian bawah halaman.

Fitur ini sangat berguna ketika kamu ingin mengambil screenshot untuk halaman web yang memiliki banyak konten, seperti artikel, blog, atau website.

7. Cara Screenshot dengan Fitur Screenshot Panjang

Selain fitur screenshot full page, HP Oppo juga menyediakan fitur screenshot panjang. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengambil screenshot dengan menggulir layar dari atas ke bawah.

Caranya juga cukup mudah. Buka layar yang ingin kamu screenshot, lalu aktifkan fitur Screenshot Panjang dengan membentuk huruf S di layar. Setelah itu, geser layar dari atas ke bawah perlahan dan searah agar semua konten layar terambil.

Fitur ini sangat berguna untuk mengambil screenshot pada halaman atau aplikasi yang memiliki konten yang lebih panjang dari layar, seperti chat WhatsApp atau chat Messenger yang panjang.

8. Cara Screenshot dengan Fitur Gesture Screenshot

Oppo juga menyediakan fitur Gesture Screenshot yang memungkinkan kamu untuk mengambil screenshot hanya dengan menggambar di layar. Cara ini cukup unik dan tentunya akan membuat proses mengambil screenshot menjadi lebih menarik.

Cara penggunaannya juga cukup mudah. Buatlah bentuk “O” dengan jari-jari kamu di atas layar untuk mengaktifkan fitur Gesture Screenshot. Kemudian, kamu bisa menggambar garis lurus, garis lengkung, atau bentuk sesuai yang kamu suka di layar untuk mengambil screenshot.

Setelah itu, gambar screenshot akan langsung tersimpan di galeri HP kamu. Menarik, bukan?

9. Cara Screenshot dengan Fitur AI Screenshot

Selain fitur-fitur di atas, Oppo juga memiliki fitur AI Screenshot yang cerdas. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengambil screenshot hanya dengan menggesekkan tiga jari dari bawah ke atas di layar.

Jadi, caranya cukup mudah. Buka layar yang ingin kamu screenshot, lalu gesekkan tiga jari dari bawah ke atas. Screenshot akan langsung terambil dan tersimpan di galeri HP kamu.

Dengan fitur AI Screenshot, kamu bisa mengambil screenshot dengan cepat dan mudah tanpa perlu repot-repot menggunakan tombol fisik atau tombol virtual.

10. Cara Screenshot dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Terakhir, jika kamu menginginkan fitur-fitur screenshot yang lebih lengkap dan lebih kustomisasi, kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi screenshot pihak ketiga.

Ada banyak aplikasi screenshot yang bisa kamu temukan di Play Store, seperti Screenshot Easy, Screenshot Pro, atau AZ Screen Recorder. Aplikasi-aplikasi tersebut biasanya menyediakan fitur-fitur tambahan untuk membantu dalam pengambilan screenshot.

Kamu bisa mendapatkan fitur-fitur seperti screenshot bergambar, screenshot delay, atau screenshot dengan anotasi. Fitur-fitur ini sangat berguna bagi kamu yang sering mengambil screenshot untuk keperluan pekerjaan atau berbagi di media sosial.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apakah semua HP Oppo bisa menggunakan fitur screenshot?

Iya, semua HP Oppo seharusnya memiliki fitur screenshot. Namun, cara mengaktifkannya bisa sedikit berbeda tergantung pada model dan sistem operasi HP Oppo yang kamu gunakan.

2. Bagaimana jika tombol fisik HP Oppo saya rusak?

Jika tombol fisik HP Oppo kamu rusak, kamu masih bisa menggunakan fitur screenshot menggunakan tombol virtual di layar. Pastikan tombol virtual sudah diaktifkan di pengaturan HP Oppo kamu.

3. Bisakah saya mengambil screenshot hanya sebagian layar HP Oppo?

Ya, kamu bisa menggunakan fitur crop atau pilih area yang ingin kamu screenshot setelah tombol screenshot virtual muncul di layar HP Oppo kamu.

4. Apakah ada aplikasi untuk mengambil screenshot di HP Oppo?

Ya, ada banyak aplikasi screenshot pihak ketiga yang bisa kamu gunakan di HP Oppo. Beberapa di antaranya adalah Screenshot Easy, Screenshot Pro, dan AZ Screen Recorder.

5. Apakah HP Oppo hanya bisa mengambil screenshot layar utama?

Tidak, HP Oppo bisa mengambil screenshot di layar manapun, termasuk saat bermain game atau menonton video. Kamu juga bisa menggunakan fitur seperti screenshot panjang atau screenshot full page.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa cara screenshot HP Oppo yang bisa kamu coba. Dari menggunakan tombol fisik atau tombol virtual, hingga fitur-fitur canggih seperti gesture tangan atau screenshot panjang, semua disediakan oleh HP Oppo untuk memudahkan kamu dalam mengambil gambar layar.

Pilihlah cara yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu. Jika tombol fisik rusak, kamu bisa menggunakan tombol virtual. Jika ingin kemudahan dan kecepatan, coba fitur-fitur seperti gesture tangan atau AI screenshot. Atau, jika ingin lebih banyak fitur dan kustomisasi, kamu bisa mencoba aplikasi screenshot pihak ketiga.

Terkadang, cara terbaik adalah mencoba beberapa cara dan menentukan mana yang paling nyaman dan efisien untuk kamu. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu kamu dalam mengambil screenshot HP Oppo. Selamat mencoba dan semoga berhasil!