cara screenshot iphone ipad

Hallo Sobat Gaul, pada kali ini kami akan membahas tentang cara screenshot iphone ipad.

1. Menggunakan Tombol Home dan Tombol Daya

Untuk melakukan screenshot pada iPhone atau iPad, Anda dapat menggunakan kombinasi tombol Home dan tombol Daya. Caranya sangat mudah, cukup tekan dan tahan tombol Home (berada di bagian depan perangkat) dan tombol Daya (biasanya berada di bagian atas atau samping perangkat) secara bersamaan selama beberapa detik. Anda akan mendengar suara seperti kamera yang mengambil foto, dan layar akan berkedip sebentar, menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil. Screenshot tersebut akan tersimpan di album Foto Anda.

2. Menggunakan AssistiveTouch

Jika tombol Home atau tombol Daya Anda sedang tidak berfungsi, Anda masih dapat mengambil screenshot dengan menggunakan fitur AssistiveTouch. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka Pengaturan pada perangkat iPhone atau iPad Anda.
  2. Pilih menu Umum, lalu pilih Aksesibilitas.
  3. Gulir ke bawah dan pilih AssistiveTouch.
  4. Aktifkan fitur AssistiveTouch dengan menggeser tombol di sebelah kanan.
  5. Tambahkan tombol Screenshot ke menu AssistiveTouch dengan memilih menu Kustomisasi Top Level Menu, lalu pilih tanda tambah (+).
  6. Pergi ke layar utama dan ketuk tombol AssistiveTouch yang baru muncul (biasanya berada di pojok kanan bawah layar).
  7. Pilih tombol Screenshot yang telah Anda tambahkan sebelumnya. Layar akan berkedip sebentar, menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil.

3. Menggunakan Siri

Jika Anda lebih suka menggunakan perintah suara, Anda dapat mengambil screenshot dengan menggunakan Siri. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Aktifkan Siri dengan cara menekan dan tahan tombol Daya atau dengan mengucapkan “Hai Siri” jika perangkat Anda mendukung fitur tersebut.
  2. Katakan perintah “Screenshot”. Siri akan mengambil screenshot layar dengan cepat, dan screenshot tersebut akan tersimpan di album Foto Anda.

4. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda ingin fitur lebih lanjut atau mengambil screenshot dengan cara yang lebih kreatif, Anda dapat mengunduh aplikasi pihak ketiga dari App Store. Ada banyak aplikasi yang tersedia dengan fitur-fitur tambahan untuk mengambil screenshot, seperti menambahkan teks atau anotasi pada screenshot, mengatur tampilan layar sebelum mengambil screenshot, dan banyak lagi.

5. Mengelola Screenshot di Foto

Semua screenshot yang Anda ambil akan secara otomatis tersimpan di album Foto Anda. Untuk mengelolanya, Anda dapat membuka aplikasi Foto dan pergi ke album Screenshots. Di sana, Anda dapat melihat, mengedit, atau menghapus screenshot sesuai keinginan Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengatur album Screenshots agar mudah diakses atau memberikan tanda pada screenshot favorit Anda.

6. Bagikan Screenshot dengan Mudah

Setelah Anda mengambil screenshot, Anda dapat dengan mudah membagikannya dengan orang lain. Anda dapat menggunakan aplikasi pesan atau media sosial untuk membagikan screenshot melalui pesan teks, email, WhatsApp, Facebook, dan banyak lagi. Cukup pilih screenshot yang ingin Anda bagikan dari album Foto, lalu pilih opsi Bagikan dan pilih aplikasi atau kontak yang ingin Anda gunakan untuk membagikannya.

7. Mengaktifkan Fitur Screenshot pada iPad

Pada beberapa model iPad, fitur screenshot mungkin tidak diaktifkan secara default. Jika Anda tidak dapat mengambil screenshot menggunakan metode di atas, Anda perlu mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka Pengaturan pada iPad Anda.
  2. Pilih menu Umum, lalu pilih Keyboard.
  3. Aktifkan opsi Menggunakan Tombol Tahan.

FAQ

1. Bagaimana cara melihat screenshot yang telah diambil?

Anda dapat melihat screenshot yang telah diambil dengan membuka aplikasi Foto dan pergi ke album Screenshots. Di sana, Anda dapat melihat semua screenshot yang pernah Anda ambil.

2. Apakah screenshot bisa digunakan untuk mencuri data pribadi?

Screenshot hanya mengambil gambar dari layar perangkat Anda, sehingga tidak dapat digunakan untuk mencuri data pribadi Anda. Namun, Anda harus tetap berhati-hati saat membagikan screenshot ke orang lain, terutama jika screenshot tersebut berisi informasi pribadi atau sensitif.

3. Apakah screenshot mempengaruhi kinerja perangkat?

Tidak, mengambil screenshot tidak akan mempengaruhi kinerja perangkat Anda. Proses mengambil screenshot hanya membutuhkan sejumlah kecil daya dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

4. Apakah screenshot disimpan di penyimpanan internal atau kartu SD?

Screenshot di iPhone dan iPad disimpan di penyimpanan internal perangkat Anda. Jika perangkat Anda memiliki kartu SD, screenshot tidak akan disimpan di kartu SD tersebut.

5. Apakah ada batasan jumlah screenshot yang dapat diambil?

Tidak ada batasan jumlah screenshot yang dapat Anda ambil. Namun, semakin banyak screenshot yang Anda simpan dalam album Foto, semakin banyak ruang penyimpanan yang dibutuhkan di perangkat Anda.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa cara untuk melakukan screenshot pada iPhone dan iPad. Anda dapat menggunakan kombinasi tombol Home dan tombol Daya, fitur AssistiveTouch, atau Siri untuk mengambil screenshot dengan mudah. Selain itu, Anda juga dapat mengelola screenshot Anda di album Foto, membagikannya dengan mudah, dan mengaktifkan fitur screenshot pada iPad jika diperlukan.

Dengan kemampuan mengambil screenshot tersebut, Anda dapat dengan mudah membagikan tangkapan layar dari aplikasi, pesan, atau halaman web kepada orang lain. Selamat mencoba!