Cara Screenshot Laptop Lenovo

Hallo Sobat Gaul, pada kali ini kami akan membahas tentang “cara screenshot laptop lenovo”. Bagi pengguna laptop Lenovo, sudah menjadi hal umum jika ingin mengambil tangkapan layar atau screenshot dari tampilan di layar laptop. Screenshot bisa berguna untuk berbagai keperluan, baik itu untuk membuat tutorial, membagikan gambar tampilan layar, atau mengabadikan momen penting di layar laptop. Berikut ini adalah beberapa metode yang bisa kamu gunakan untuk melakukan screenshot di laptop Lenovo.

1. Screenshot menggunakan tombol Print Screen

Metode pertama yang bisa kamu gunakan adalah dengan menggunakan tombol Print Screen. Tombol Print Screen biasanya ada di bagian kanan atas keyboard dan biasanya memiliki ikon “PrtSc” atau “PrtScn”. Caranya cukup sederhana, kamu hanya perlu menekan tombol Print Screen untuk mengambil tangkapan layar keseluruhan di layar laptop. Setelah itu, buka aplikasi pengolah gambar seperti Paint atau Photoshop, lalu tekan tombol Ctrl+V untuk mem-paste screenshot yang telah kamu ambil. Selanjutnya, kamu bisa mengedit atau menyimpan gambar tersebut sesuai kebutuhan.

2. Screenshot menggunakan tombol Windows + Print Screen

Jika kamu ingin melakukan screenshot sekaligus menyimpannya tanpa perlu membuka aplikasi pengolah gambar terlebih dahulu, kamu bisa menggunakan metode ini. Caranya sangat mudah, kamu tinggal tekan tombol Windows + Print Screen secara bersamaan. Layar akan menjadi flas dan screenshot akan otomatis tersimpan dalam folder gambar di perangkat kamu. Biasanya folder ini bernama “Screenshots” dan dapat diakses melalui File Explorer.

3. Screenshot menggunakan aplikasi bawaan Windows

Windows juga menyediakan aplikasi bawaan bernama Snipping Tool yang dapat digunakan untuk mengambil screenshot di laptop Lenovo. Caranya cukup mudah, kamu tinggal membuka aplikasi Snipping Tool, lalu klik “New” untuk memulai proses pengambilan screenshot. Setelah itu, pilih area yang ingin kamu screenshot, lalu simpan gambar tersebut.

4. Screenshot menggunakan aplikasi pihak ketiga

Jika kamu membutuhkan fitur tambahan atau lebih banyak pilihan dalam pengambilan screenshot, kamu bisa menginstall aplikasi pihak ketiga seperti Lightshot atau Greenshot. Aplikasi ini memiliki fitur-fitur yang lebih lengkap, seperti penandaan, cropping, atau membuat screenshot dengan bentuk dan ukuran yang spesifik. Kamu bisa mencari aplikasi screenshot terbaik untuk kebutuhan kamu dan memilih yang paling sesuai.

5. Screenshot menggunakan shortcut keyboard Lenovo

Beberapa laptop Lenovo juga dilengkapi dengan shortcut keyboard khusus untuk mengambil screenshot. Biasanya terdapat tombol dengan ikon kamera atau layar di keyboard. Untuk menggunakan shortcut ini, tinggal tekan tombol tersebut dan ikuti petunjuk yang muncul di layar. Hal ini bisa sangat memudahkan kamu dalam mengambil screenshot dengan cepat dan mudah.

6. Screenshot dengan menggesekkan tiga jari

Untuk pengguna Lenovo Yoga atau laptop lainnya dengan fitur touch screen, kamu bisa menggunakan metode ini. Caranya, tinggal geser tiga jari dari atas ke bawah pada layar laptop, atau sebaliknya, tergantung dari pengaturan yang kamu pilih. Screenshot akan secara otomatis diambil dan tersimpan dalam folder gambar di perangkat.

7. Screenshot menggunakan aplikasi pihak ketiga

Selain aplikasi yang disebutkan sebelumnya, ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang direkomendasikan bagi pengguna laptop Lenovo dalam mengambil screenshot. Beberapa di antaranya adalah Snagit, Jing, atau PicPick. Aplikasi-aplikasi ini memiliki fitur yang lebih lengkap dan dapat membantu kamu dalam proses pengambilan screenshot yang lebih profesional.

8. Screenshot dengan Windows Game Bar

Jika kamu ingin mengambil screenshot ketika sedang bermain game, Windows memiliki fitur bernama Game Bar. Kamu bisa memanggil Game Bar dengan menekan tombol Windows + G secara bersamaan. Setelah itu, kamu akan melihat tombol “Screenshot” di dalam Game Bar. Tinggal klik tombol tersebut untuk mengambil screenshot layar game kamu. Gambar akan tersimpan otomatis dalam folder gambar di perangkat.

9. Screenshot menggunakan fitur built-in aplikasi

Selain Snipping Tool, Windows juga memiliki aplikasi lain bernama Steps Recorder yang bisa digunakan untuk mengambil screenshot dengan cara yang berbeda. Caranya sangat sederhana, kamu tinggal membuka aplikasi Steps Recorder, lalu pilih “Start Record”. Selanjutnya, lakukan langkah-langkah yang ingin kamu screenshot di laptop Lenovo. Setelah selesai, klik “Stop Record” dan gambar-gambar langkah tersebut akan tersimpan dan bisa dilihat dalam format tutorial step-by-step.

10. Screenshot dengan menggunakan tombol Volume Down + Power

Jika kamu menggunakan laptop Lenovo dengan layar sentuh dan sistem operasi Android, maka cara terakhir ini mungkin bisa kamu coba. Caranya cukup mudah, kamu tinggal menekan tombol Volume Down dan tombol Power secara bersamaan. Tunggu beberapa saat, dan screenshot akan diambil dan tersimpan di galeri perangkat kamu. Dari sini, kamu bisa mengedit atau membagikan screenshot tersebut sesuai keinginan.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apakah semua laptop Lenovo memiliki tombol Print Screen?

Ya, umumnya semua laptop Lenovo memiliki tombol Print Screen yang digunakan untuk mengambil screenshot. Namun, letak tombol tersebut bisa berbeda-beda tergantung pada model dan jenis laptop Lenovo yang kamu gunakan.

2. Apakah ada aplikasi bawaan Lenovo untuk mengambil screenshot?

Laptop Lenovo biasanya menggunakan sistem operasi Windows, sehingga tidak ada aplikasi bawaan khusus dari Lenovo untuk mengambil screenshot. Namun, Windows sudah menyediakan beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan, seperti Snipping Tool dan Steps Recorder.

3. Bagaimana cara mengedit screenshot setelah diambil?

Setelah mengambil screenshot, kamu bisa membuka aplikasi pengolah gambar seperti Paint atau Photoshop untuk mengedit gambar tersebut. Di dalam aplikasi tersebut, kamu bisa melakukan berbagai manipulasi, seperti cropping, penambahan teks, penandaan, atau menggabungkan beberapa screenshot menjadi satu.

4. Apakah ada cara otomatis untuk mengambil screenshot di laptop Lenovo?

Salah satu cara otomatis untuk mengambil screenshot di laptop Lenovo adalah dengan menggunakan kombinasi tombol Windows + Print Screen. Dengan cara ini, screenshot akan langsung tersimpan dalam folder gambar tanpa perlu membuka aplikasi pengolah gambar terlebih dahulu.

5. Apakah semua metode screenshot di atas bekerja di semua model laptop Lenovo?

Umumnya, metode-metode yang disebutkan di atas bekerja pada sebagian besar model laptop Lenovo. Namun, ada beberapa model tertentu yang mungkin memiliki cara yang sedikit berbeda dalam mengambil screenshot. Kamu bisa mencoba beberapa metode di atas untuk menemukan yang paling sesuai dengan laptop Lenovo yang kamu gunakan.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas berbagai cara untuk melakukan screenshot di laptop Lenovo. Kamu bisa mencoba metode yang paling mudah atau sesuai dengan preferensi kamu. Apakah itu menggunakan tombol Print Screen, aplikasi bawaan Windows, atau aplikasi pihak ketiga, semua tergantung pada kebutuhan kamu. Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat dan membantu kamu dalam mengambil tangkapan layar di laptop Lenovo.

Jadi, tidak perlu khawatir lagi jika ingin mengambil screenshot di laptop Lenovo. Dengan beberapa langkah sederhana, kamu bisa mendapatkan tangkapan layar yang kamu inginkan. Selamat mencoba!