Kelebihan dan Kekurangan Asus ROG Phone 5

Hallo Sobat Gaul, pada kali ini kami akan membahas tentang “kelebihan dan kekurangan Asus ROG Phone 5.” Smartphone ini memiliki banyak fitur menarik yang dapat membuat pengguna terpesona. Namun, seperti semua produk lainnya, Asus ROG Phone 5 juga memiliki kekurangan yang perlu diperhatikan. Mari kita bahas lebih lanjut!

1. Desain yang Menawan

Asus ROG Phone 5 memiliki desain yang sangat menarik dan futuristik. Dengan bodi belakang yang dilapisi kaca dan pencahayaan RGB yang dapat disesuaikan, smartphone ini pasti akan membuat Anda terlihat lebih keren saat menggunakannya. Namun, desain yang unik ini juga membuatnya agak licin dan mudah meninggalkan sidik jari, jadi Anda perlu lebih berhati-hati saat menggunakannya.

2. Performa yang Hebat

Asus ROG Phone 5 didukung oleh chipset Snapdragon 888 terbaru, yang menawarkan performa yang sangat cepat dan responsif. Dengan RAM hingga 16GB, Anda dapat dengan lancar menjalankan aplikasi dan game berat tanpa adanya lag atau gangguan. Namun, semakin tinggi spesifikasi, semakin mahal pula harganya. Jadi, jika Anda tidak memerlukan performa sehebat itu, Anda mungkin lebih baik memilih varian yang lebih terjangkau.

3. Layar AMOLED yang Luar Biasa

Layar AMOLED 6,78 inci dengan resolusi Full HD+ pada Asus ROG Phone 5 memberikan pengalaman visual yang sangat memukau. Warna yang tajam dan kontras yang tinggi membuat setiap konten terlihat hidup dan jernih. Namun, ukuran layar yang besar juga membuatnya agak sulit untuk digunakan dengan satu tangan, terutama bagi pengguna dengan tangan kecil.

4. Sistem Pendinginan yang Efektif

Dalam dunia gaming, suhu yang tinggi dapat mempengaruhi performa perangkat secara keseluruhan. Asus ROG Phone 5 dilengkapi dengan sistem pendinginan yang canggih, termasuk kipas angin, heat pipe, dan graphene sheet. Ini memastikan suhu tetap terkendali bahkan saat menggunakan smartphone untuk bermain game berat dalam waktu yang lama. Namun, sistem pendinginan yang efektif ini juga membuatnya sedikit lebih berat dan tebal dibandingkan dengan smartphone pada umumnya.

5. Baterai yang Tahan Lama

Asus ROG Phone 5 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 6.000mAh, yang merupakan salah satu yang terbesar di kelasnya. Anda dapat menggunakan smartphone ini sepanjang hari tanpa perlu khawatir kehabisan daya. Namun, baterai sebesar itu juga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengisi dayanya sepenuhnya. Jadi, pastikan Anda memiliki waktu yang cukup saat mengisi daya smartphone ini.

6. Kualitas Audio yang Mengagumkan

Berbeda dengan smartphone lainnya, Asus ROG Phone 5 dilengkapi dengan speaker stereo depan yang menghadirkan suara yang jernih dan berkualitas tinggi. Dukungan teknologi audio DTS:X Ultra juga memberikan pengalaman audio yang lebih immersif saat menonton film atau bermain game. Namun, posisi speaker depan yang terletak di bingkai atas dan bawah layar membuatnya mudah diblokir saat memegang smartphone dalam mode landscape.

7. Kamera yang Mumpuni

Asus ROG Phone 5 dilengkapi dengan kamera belakang triple 64MP yang menghasilkan foto-foto yang jernih dan tajam. Bahkan dalam kondisi cahaya yang rendah, kamera ini masih mampu menghasilkan foto yang bagus dengan bantuan mode Night Mode. Namun, kamera depan 24MP yang terletak di pojok kiri atas layar bisa menjadi sedikit mengganggu saat mengambil foto atau merekam video.

8. Keamanan yang Ditingkatkan

Selain fingerprint sensor di layar, Asus ROG Phone 5 juga dilengkapi dengan fitur keamanan lainnya seperti face unlock dan side-mounted fingerprint sensor. Ini memastikan hanya Anda yang dapat mengakses smartphone Anda dengan aman dan praktis. Namun, ada pengguna yang melaporkan bahwa face unlock pada Asus ROG Phone 5 agak lambat dalam membaca wajah pengguna.

9. Tersedia Varian dengan Kapasitas Penyimpanan Besar

Asus ROG Phone 5 hadir dengan beragam varian, termasuk varian dengan kapasitas penyimpanan internal hingga 512GB. Ini memberikan Anda banyak ruang untuk menyimpan semua aplikasi, game, dan file penting Anda. Namun, harga varian dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar ini jauh lebih mahal dibandingkan dengan varian lainnya.

10. Antarmuka yang Mudah Digunakan

Antarmuka berbasis Android 11 pada Asus ROG Phone 5 sangat mudah digunakan dan intuitif. Dengan fitur Game Genie yang disematkan, Anda dapat dengan mudah mengakses semua fitur gaming yang tersedia dan mengoptimalkan pengaturan game sesuai kebutuhan Anda. Namun, antarmuka yang sedikit terlalu kustom dapat sedikit membingungkan bagi pengguna yang sudah terbiasa dengan antarmuka Android standar.

FAQ:

1. Apakah Asus ROG Phone 5 tahan air?

Maaf, Asus ROG Phone 5 tidak memiliki sertifikasi tahan air. Jadi, sebaiknya hindari penggunaan smartphone ini dalam kondisi yang sangat basah atau terkena air.

2. Apakah Asus ROG Phone 5 mendukung pengisian daya nirkabel?

Tidak, Asus ROG Phone 5 tidak mendukung pengisian daya nirkabel. Anda perlu menggunakan kabel USB-C yang disediakan untuk mengisi daya smartphone ini.

3. Berapa lama waktu pengisian daya Asus ROG Phone 5 dari 0 hingga penuh?

Waktu pengisian daya Asus ROG Phone 5 dari 0 hingga penuh dapat bervariasi tergantung pada daya yang digunakan. Namun, dengan charger 30W yang disertakan, waktu pengisian daya penuh dapat mencapai sekitar 2 jam.

4. Apakah Asus ROG Phone 5 memiliki slot kartu memori?

Tidak, Asus ROG Phone 5 tidak memiliki slot kartu memori eksternal. Namun, dengan kapasitas penyimpanan internal yang besar, seharusnya cukup untuk menyimpan semua file Anda.

5. Apakah Asus ROG Phone 5 dapat menjalankan game berat seperti PUBG Mobile dengan lancar?

Ya, Asus ROG Phone 5 dilengkapi dengan spesifikasi yang kuat dan sistem pendinginan yang efektif, sehingga Anda dapat dengan lancar menjalankan game berat seperti PUBG Mobile tanpa adanya lag atau gangguan.

Kesimpulan

Dalam pembahasan di atas, kita telah mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan Asus ROG Phone 5. Smartphone ini menawarkan desain yang menawan, performa yang hebat, layar AMOLED yang luar biasa, sistem pendinginan yang efektif, dan banyak fitur menarik lainnya. Namun, Anda juga perlu mempertimbangkan beberapa kekurangan seperti desain yang licin, ukuran layar yang besar, dan harga yang mahal. Dalam keseluruhan, Asus ROG Phone 5 adalah pilihan yang bagus bagi mereka yang mencari smartphone kelas atas dengan fitur dan performa yang mumpuni.