Kelebihan dan Kekurangan Huawei Mate 20 Pro

Hallo Sobat Gaul, pada kali ini kami akan membahas tentang “kelebihan dan kekurangan Huawei Mate 20 Pro”. Huawei Mate 20 Pro adalah salah satu smartphone yang banyak dipercaya oleh pengguna Android. Tidak hanya memiliki spesifikasi yang mengesankan, tetapi juga menawarkan berbagai fitur yang menarik. Namun, tentu saja tidak ada produk yang sempurna, termasuk juga Huawei Mate 20 Pro. Dalam artikel ini, kami akan mengulas secara lengkap kelebihan dan kekurangan Huawei Mate 20 Pro. Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Desain Premium dan Tampilan Elegan

Desain yang Ergonomis dan Eye-Catching

Desain Huawei Mate 20 Pro mengusung konsep premium dengan balutan material berkualitas tinggi. Pada bagian belakang, terdapat lensa kamera dengan penyematan sensor sidik jari, sementara pada bagian depannya dilengkapi dengan layar AMOLED berukuran 6,39 inci yang menghasilkan tampilan yang sangat jernih dan cerah. Dengan desain yang ergonomis, Huawei Mate 20 Pro sangat nyaman digenggam dan memberikan kesan elegan saat digunakan.

Tampilan Elegan yang Memanjakan Mata

Layar AMOLED Huawei Mate 20 Pro juga dilengkapi dengan resolusi 1440 x 3120 piksel dan rasio 19.5:9, memberikan pengalaman visual yang mendalam dan detail. Warna-warna yang ditampilkan sangat akurat dan tajam, membuat tampilan gambar atau video semakin hidup. Dengan begitu, mengonsumsi konten multimedia di Huawei Mate 20 Pro akan menjadi pengalaman yang luar biasa.

2. Performa Tangguh dan Sistem Operasi Terbaru

Kinerja Powerful dengan Chipset Kirin 980

Huawei Mate 20 Pro dibekali dengan chipset Kirin 980 yang dibangun dengan proses 7nm, menjadikannya salah satu chipset tercanggih yang ada saat ini. Dengan menggunakan CPU octa-core, GPU Mali-G76 MP10, dan RAM besar hingga 6GB, Huawei Mate 20 Pro mampu memberikan kinerja yang tangguh dan responsif dalam menjalankan berbagai aplikasi berat atau game terbaru.

Sistem Operasi Android 9.0 Pie dengan EMUI 9.0

Di dalam Huawei Mate 20 Pro, terdapat sistem operasi Android 9.0 Pie dengan antarmuka EMUI 9.0 yang menghadirkan berbagai fitur menarik. EMUI 9.0 memiliki tampilan yang bersih dan mudah digunakan, serta memberikan pengalaman yang mulus dan stabil. Selain itu, pembaruan software yang rutin juga menjadi prioritas Huawei, sehingga pengguna dapat menikmati fitur dan keamanan terbaru dari Android.

3. Kamera Canggih dan Hasil Foto yang Mengesankan

Kamera Leica Triple dengan AI Capability

Berbeda dengan kebanyakan smartphone, Huawei Mate 20 Pro dilengkapi dengan sistem kamera belakang yang terdiri dari tiga lensa Leica, yaitu lensa utama 40MP (wide angle), lensa 20MP (ultra wide angle), dan lensa telefoto 8MP. Kombinasi ketiga lensa ini memberikan keleluasaan pengambilan foto dengan berbagai sudut pandang dan hasil yang tajam dan kaya akan detail. Selain itu, kemampuan AI pada Huawei Mate 20 Pro juga membantu meningkatkan kualitas foto dengan memberikan pengaturan yang lebih akurat.

Kamera Selfie 24MP yang Menghasilkan Potret Perfect

Untuk memanjakan pengguna yang suka berfoto selfie, Huawei Mate 20 Pro juga dibekali dengan kamera depan 24MP yang menghasilkan potret dengan kualitas yang tinggi dan detail yang tajam. Berbagai fitur pada kamera depan ini juga turut mendukung pengguna untuk mendapatkan hasil foto yang lebih sempurna, seperti fitur beauty mode dan background blur. Dengan demikian, setiap momen berharga dapat diabadikan dengan kualitas terbaik.

4. Baterai Daya Tahan Lama dengan Fitur Fast Charging

Baterai 4.200mAh untuk Penggunaan Lebih Lama

Huawei Mate 20 Pro dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4.200mAh yang mampu menopang penggunaan intensif dalam sehari penuh. Dengan kapasitas baterai yang besar, pengguna tidak perlu khawatir kehabisan daya saat sedang bepergian atau tidak ada akses ke sumber daya listrik. Pengguna dapat menjalankan berbagai aplikasi, menonton video, atau bermain game tanpa harus terganggu oleh kebutuhan pengisian daya.

Fitur SuperCharge dan Wireless Reverse Charging

Dukungan fitur SuperCharge pada Huawei Mate 20 Pro memungkinkan pengguna untuk mengisi daya secara cepat. Dalam waktu yang singkat, baterai dapat terisi penuh untuk mendukung penggunaan lebih lanjut. Selain itu, Huawei Mate 20 Pro juga dilengkapi dengan fitur Wireless Reverse Charging yang memungkinkan pengguna untuk mengisi daya perangkat lain secara nirkabel. Dengan begitu, pengguna dapat berbagi daya dengan mudah kepada teman atau keluarga yang membutuhkan.

5. Keamanan Tingkat Tinggi dengan Face Unlock dan Sensor Sidik Jari In-Screen

Fitur Face Unlock yang Cepat dan Akurat

Keamanan menjadi salah satu aspek yang penting dalam sebuah smartphone. Huawei Mate 20 Pro menyediakan fitur Face Unlock yang cepat dan akurat dalam membuka kunci layar. Dalam hitungan detik, pengguna dapat mengakses berbagai fitur dan aplikasi hanya dengan menggunakan wajah mereka. Teknologi Face Unlock yang digunakan Huawei juga memastikan bahwa fitur ini tidak dapat ditembus oleh metode pencurian data wajah yang tidak sah.

Sensor Sidik Jari In-Screen

Dalam menambah lapisan keamanan, Huawei Mate 20 Pro juga dilengkapi dengan sensor sidik jari in-screen yang terletak di bawah layar. Dengan adanya sensor sidik jari yang terintegrasi dengan layar, pengguna dapat membuka kunci dengan mudah dan cepat dengan hanya meletakkan jari di area yang ditentukan. Proses pembacaan sidik jari berlangsung secara cepat dan akurat, sehingga pengguna dapat merasa aman dalam mengakses perangkat mereka.

6. Harga yang Mungkin Tidak Terjangkau untuk Semua Orang

Spesifikasi Tinggi dengan Harga Mewah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Huawei Mate 20 Pro menawarkan spesifikasi yang tinggi dan fitur-fitur unggulan yang menjadikannya sebagai salah satu smartphone terbaik di kelasnya. Meskipun demikian, harga yang ditawarkan untuk Huawei Mate 20 Pro bisa dibilang tidak murah. Bagi beberapa orang, harga Mate 20 Pro mungkin tergolong mahal dan tidak terjangkau. Namun, jika Anda mencari smartphone dengan performa dan fitur yang lengkap, Huawei Mate 20 Pro adalah pilihan yang sangat tepat.

7. Tidak Dilengkapi dengan Fitur Jack Audio 3,5mm

Keputusan Menghilangkan Jack Audio 3,5mm

Salah satu kelemahan Huawei Mate 20 Pro adalah tidak adanya fitur jack audio 3,5mm. Agar dapat menggunakan earphone atau headphone biasa, pengguna perlu menggunakan adapter USB-C ke 3,5mm tambahan. Selain itu, keputusan ini juga berarti bahwa pengguna tidak dapat mengisi daya dan mendengarkan musik secara bersamaan, kecuali menggunakan earphone atau headphone nirkabel.

8. Daya Tahan Baterai yang Menyusut dalam Jangka Panjang

Penurunan Kapasitas Baterai Secara Perlahan

Salah satu kekurangan Huawei Mate 20 Pro adalah menurunnya kapasitas baterai dalam jangka panjang. Meskipun pada awalnya baterai memiliki daya tahan yang luar biasa, seiring penggunaan dalam jangka waktu yang lama, kapasitas baterai dapat menyusut. Namun, hal ini adalah masalah yang umum terjadi pada hampir semua smartphone, dan pengguna dapat mengoptimalkan daya baterai dengan menyesuaikan pengaturan daya dan melakukan pengisian daya yang tepat.

9. Tidak Mendukung Kartu SD Eksternal

Batasan Penyimpanan Internal yang Tersedia

Huawei Mate 20 Pro memiliki penyimpanan internal yang luas dengan kapasitas yang bervariasi, mulai dari 128GB hingga 256GB. Namun, sayangnya, perangkat ini tidak mendukung kartu SD eksternal. Ini berarti bahwa pengguna harus mempertimbangkan dengan bijak penggunaan penyimpanan internal yang tersedia dan mengelola aplikasi dan file mereka untuk menghindari kehabisan ruang penyimpanan.

10. Tidak Tahan Air dan Tidak Memiliki Sertifikat IP Rating

Ketahanan terhadap Air dan Tidak Adanya Sertifikat IP Rating

Meskipun Huawei Mate 20 Pro dibangun dengan material yang berkualitas tinggi, perangkat ini tidak tahan air dan tidak dilengkapi dengan sertifikat IP rating. Ini berarti bahwa pengguna harus lebih berhati-hati saat menggunakan Mate 20 Pro dalam kondisi yang berisiko terkena air atau cairan. Selalu pastikan perangkat ini tetap terhindar dari kontak langsung dengan air untuk mencegah kerusakan yang tidak diinginkan.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah Huawei Mate 20 Pro memiliki fitur kamera yang unggul?

Ya, Huawei Mate 20 Pro dilengkapi dengan sistem kamera Leica triple yang menghasilkan foto dengan kualitas tinggi dan detail yang tajam.

2. Apakah Huawei Mate 20 Pro memiliki daya tahan baterai yang baik?

Ya, Huawei Mate 20 Pro dilengkapi dengan baterai 4.200mAh yang mampu menopang penggunaan intensif dalam sehari penuh.

3. Apakah Huawei Mate 20 Pro mendukung pengisian daya cepat?

Ya, Huawei Mate 20 Pro dilengkapi dengan fitur SuperCharge yang memungkinkan pengisian daya secara cepat.

4. Apakah Huawei Mate 20 Pro memiliki fitur keamanan yang canggih?

Ya, Huawei Mate 20 Pro dilengkapi dengan fitur Face Unlock dan sensor sidik jari in-screen untuk keamanan yang tinggi.

5. Apakah Huawei Mate 20 Pro memiliki slot kartu SD eksternal?

Tidak, Huawei Mate 20 Pro tidak mendukung kartu SD eksternal. Perangkat ini hanya memiliki penyimpanan internal yang luas.

Kesimpulan

Setelah meninjau kelebihan dan kekurangan Huawei Mate 20 Pro, dapat disimpulkan bahwa perangkat ini merupakan pilihan yang sangat menarik bagi pengguna yang menginginkan smartphone dengan performa, fitur, dan desain yang premium. Berbekal chipset Kirin 980 yang tangguh, sistem kamera Leica triple, baterai tahan lama, dan fitur keamanan yang canggih, Huawei Mate 20 Pro menunjukkan potensi yang besar dalam memenuhi kebutuhan pengguna.

Meskipun demikian, harga yang mungkin tidak terjangkau untuk semua orang, ketiadaan jack audio 3,5mm, penurunan daya tahan baterai dalam jangka panjang, ketidakmampuan untuk memperluas penyimpanan dengan kartu SD eksternal, dan ketiadaan sertifikat IP rating adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli Huawei Mate 20 Pro.

Bagi Anda yang menginginkan smartphone yang menggabungkan performa tinggi, kemampuan fotografi yang unggul, daya tahan baterai yang luar biasa, dan keamanan yang maksimal, Huawei Mate 20 Pro adalah pilihan yang tepat. Namun, bagi pengguna yang lebih memprioritaskan harga yang terjangkau atau preferensi fitur tertentu, dapat mempertimbangkan pilihan lain yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pribadi.