Kelebihan dan Kekurangan Huawei MatePad Air

Hallo Sobat Gaul, pada kali ini kami akan membahas tentang “kelebihan dan kekurangan Huawei MatePad Air”. Huawei MatePad Air adalah salah satu tablet terbaru dari Huawei yang memiliki berbagai fitur menarik. Dengan desain yang elegan dan performa yang baik, tablet ini menjadi pilihan yang menarik bagi pengguna yang mencari perangkat yang multifungsi. Namun, seperti halnya perangkat elektronik lainnya, Huawei MatePad Air juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membelinya.

Kelebihan Huawei MatePad Air

1. Desain Elegan: Huawei MatePad Air hadir dengan desain yang elegan dan ramping, memberikan kesan premium pada penampilannya. Dengan bezel yang tipis, pengguna dapat menikmati pengalaman visual yang lebih luas.

2. Layar Berkualitas Tinggi: Tablet ini dilengkapi dengan layar IPS LCD 10.8 inci dengan resolusi tinggi, menghasilkan tampilan yang jernih dan detail.

3. Performa Tangguh: Ditenagai oleh chipset Kirin 820, Huawei MatePad Air menawarkan performa yang tangguh dan responsif. Dengan RAM yang besar, pengguna dapat menjalankan berbagai aplikasi dengan lancar.

4. Audio HIFI: Tablet ini dilengkapi dengan speaker quad stereo yang menghadirkan pengalaman audio yang luar biasa, memungkinkan pengguna untuk menikmati musik dan konten multimedia dengan kualitas suara yang tinggi.

5. Baterai Tahan Lama: Dibekali dengan baterai berkapasitas besar, Huawei MatePad Air dapat digunakan sepanjang hari tanpa perlu khawatir tentang daya yang cepat habis.

6. Sistem Operasi yang Canggih: Menggunakan EMUI 10.1 berbasis Android 10, pengguna dapat merasakan pengalaman penggunaan yang lancar dan intuitif.

7. Fitur M-Pencil: Huawei MatePad Air mendukung penggunaan stylus M-Pencil yang memungkinkan pengguna untuk menggambar, menulis, dan melakukan tugas lainnya dengan presisi yang tinggi.

Kekurangan Huawei MatePad Air

1. Tidak Ada Play Store: Salah satu kekurangan utama Huawei MatePad Air adalah tidak adanya aplikasi Play Store yang sebelumnya telah menjadi fitur standar di perangkat Android. Namun, Huawei menyediakan AppGallery sebagai alternatif untuk mengunduh aplikasi.

2. Tidak Dilengkapi dengan Penyangga: Tablet ini tidak dilengkapi dengan penyangga bawaan, sehingga pengguna perlu membeli penyangga tambahan jika ingin menggunakan tablet ini dalam posisi yang nyaman untuk menonton film atau bekerja.

3. Kapasitas Penyimpanan Tidak Dapat Diperluas: Huawei MatePad Air hadir dengan kapasitas penyimpanan internal yang tetap, tanpa dukungan untuk kartu microSD untuk memperluas penyimpanan.

4. Tidak Tahan Air atau Debu: Meskipun memiliki desain yang premium, Huawei MatePad Air tidak memiliki sertifikasi IP untuk tahan air atau debu. Jadi, pengguna perlu ekstra hati-hati dalam penggunaan di lingkungan yang berpotensi basah atau berdebu.

5. Tidak Ada NFC: Huawei MatePad Air tidak dilengkapi dengan teknologi NFC, yang dapat menghambat fitur-fitur seperti mobile payment yang memanfaatkan teknologi tersebut.

FAQ tentang Huawei MatePad Air

1. Apakah Huawei MatePad Air dapat menggunakan Google Play Store?

Tidak, Huawei MatePad Air tidak dapat menggunakan Google Play Store karena perangkat Huawei tidak memiliki akses ke layanan Google. Namun, Huawei menyediakan AppGallery sebagai alternatif untuk mengunduh aplikasi.

2. Apakah Huawei MatePad Air kompatibel dengan M-Pencil?

Ya, Huawei MatePad Air mendukung penggunaan stylus M-Pencil yang memungkinkan pengguna untuk menggambar, menulis, dan melakukan tugas lainnya dengan presisi yang tinggi.

3. Apakah Huawei MatePad Air bisa digunakan untuk panggilan suara?

Tidak, Huawei MatePad Air adalah tablet yang didesain untuk penggunaan multimedia dan produktivitas. Tablet ini tidak memiliki fitur panggilan suara seperti pada smartphone.

4. Bagaimana dengan kualitas kamera pada Huawei MatePad Air?

Huawei MatePad Air dilengkapi dengan kamera belakang 13MP yang mampu menghasilkan foto dengan kualitas yang cukup baik. Namun, sebagai tablet, kualitas kamera ini tidak sebaik pada smartphone khusus kamera.

5. Apakah Huawei MatePad Air dapat digunakan untuk game?

Ya, Huawei MatePad Air dilengkapi dengan chipset Kirin 820 yang dapat menangani game dengan lancar. Namun, performa pemrosesan grafisnya mungkin tidak sebaik pada smartphone gaming khusus.

Kesimpulan

Setelah melihat kelebihan dan kekurangan Huawei MatePad Air, dapat disimpulkan bahwa tablet ini menawarkan berbagai fitur menarik yang dapat memenuhi kebutuhan pengguna untuk penggunaan multimedia dan produktivitas. Desain yang elegan, layar berkualitas tinggi, performa tangguh, audio HIFI, dan fitur M-Pencil adalah beberapa kelebihan yang membuat Huawei MatePad Air menjadi pilihan yang menarik.

Namun, tidak adanya akses ke Google Play Store, ketidakdilengkapan dengan penyangga bawaan, dan ketidakmampuan untuk memperluas penyimpanan menjadi beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Meskipun demikian, dengan memanfaatkan alternatif seperti AppGallery untuk unduhan aplikasi, pengguna masih dapat menikmati pengalaman menggunakan Huawei MatePad Air secara maksimal.

Jadi, bagi pengguna yang mencari tablet dengan desain premium, performa baik, dan fitur yang lengkap, Huawei MatePad Air dapat menjadi pilihan yang tepat.