Kelebihan dan Kekurangan Huawei P20

Hallo Sobat Gaul, pada kali ini kami akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan Huawei P20. Huawei P20 adalah salah satu smartphone flagship terbaru dari Huawei yang diluncurkan pada tahun 2018. Dengan fitur-fitur canggih dan desain yang elegan, Huawei P20 menjadi salah satu pilihan yang menarik bagi pengguna smartphone. Namun, seperti halnya setiap smartphone, Huawei P20 juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum membelinya. Berikut ini adalah ulasan lengkap tentang kelebihan dan kekurangan Huawei P20.

Kelebihan Huawei P20

Kualitas Kamera yang Luar Biasa

Huawei P20 dilengkapi dengan kamera ganda Leica yang mampu menghasilkan foto-foto berkualitas tinggi dengan detail yang tajam dan warna yang akurat. Kamera ini juga dilengkapi dengan fitur kecerdasan buatan yang dapat mengenali objek yang sedang difoto dan mengoptimalkan pengaturan kamera secara otomatis. Dengan kualitas kamera yang luar biasa, Huawei P20 cocok bagi Anda yang gemar fotografi atau suka berbagi foto di media sosial.

Performa yang Cepat dan Responsif

Huawei P20 menggunakan prosesor Kirin 970 yang didukung dengan RAM 4GB, sehingga mampu memberikan performa yang cepat dan responsif dalam menjalankan berbagai aplikasi dan game. Dengan performa yang baik, Huawei P20 cocok digunakan untuk multitasking atau bermain game yang membutuhkan performa tinggi.

Teknologi Layar AMOLED

Huawei P20 dilengkapi dengan layar AMOLED berukuran 5.8 inci dengan resolusi 1080 x 2244 piksel. Layar ini memberikan pengalaman menonton yang memuaskan dengan reproduksi warna yang akurat dan tingkat kecerahan yang baik. Selain itu, layar Huawei P20 juga dilindungi dengan lapisan kaca Corning Gorilla Glass, sehingga tahan terhadap goresan dan benturan ringan.

Desain Elegan dan Mewah

Huawei P20 memiliki desain yang elegan dan mewah dengan balutan bodi berbahan kaca di bagian depan dan belakang serta frame dari logam. Desain ini membuat Huawei P20 terlihat sangat premium dan nyaman digenggam. Selain itu, Huawei P20 juga tersedia dalam beberapa pilihan warna yang menarik, seperti Twilight, Midnight Blue, Black, Pink Gold, dan Champagne Gold.

Baterai yang Tahan Lama

Huawei P20 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 3400mAh yang mampu bertahan seharian penuh dengan penggunaan normal. Selain itu, Huawei P20 juga dilengkapi dengan fitur pengisian cepat SuperCharge, sehingga pengguna dapat mengisi daya baterai dengan cepat dan efisien.

Fitur Keamanan yang Canggih

Huawei P20 dilengkapi dengan fitur keamanan Face Unlock dan pemindai sidik jari di bagian depan, yang memungkinkan pengguna untuk membuka kunci smartphone dengan cepat dan aman. Fitur ini juga dapat digunakan untuk mengamankan aplikasi atau data sensitif di dalam smartphone.

Dukungan Jaringan 4G LTE

Huawei P20 mendukung jaringan 4G LTE, sehingga pengguna dapat menikmati kecepatan internet yang lebih cepat dan stabil dalam mengakses berbagai konten di internet. Selain itu, Huawei P20 juga mendukung fitur Dual SIM, yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan dua kartu SIM dalam satu smartphone.

Kekurangan Huawei P20

Tidak Ada Slot Kartu Memori Eksternal

Sayangnya, Huawei P20 tidak dilengkapi dengan slot kartu memori eksternal, sehingga pengguna tidak dapat menambah kapasitas penyimpanan internal dengan kartu memori eksternal. Namun, Huawei P20 sudah memiliki penyimpanan internal yang cukup besar, jadi seharusnya tidak menjadi masalah jika pengguna tidak memiliki kebutuhan penyimpanan yang terlalu besar.

Tidak Tahan Air dan Debu

Huawei P20 tidak dilengkapi dengan sertifikat ketahanan terhadap air dan debu. Jadi, pengguna perlu lebih berhati-hati dalam menggunakan Huawei P20 agar tidak terkena air atau debu yang dapat merusak komponen dalam smartphone.

Tidak Ada Jack Audio 3.5mm

Huawei P20 tidak dilengkapi dengan jack audio 3.5mm, sehingga pengguna perlu menggunakan adaptor atau earphone Bluetooth untuk mendengarkan musik atau menonton video dengan earphone kabel.

Antarmuka EMUI yang Tidak Disukai Semua Orang

Huawei P20 menggunakan antarmuka EMUI yang memiliki tampilan dan fitur yang berbeda dengan antarmuka standar Android. Beberapa pengguna mungkin tidak menyukai antarmuka ini dan lebih memilih antarmuka Android murni. Namun, antarmuka EMUI juga memiliki fitur-fitur tambahan yang berguna, seperti mode hemat baterai yang dapat memperpanjang masa pakai baterai.

Tidak Ada Radio FM

Huawei P20 tidak dilengkapi dengan fitur radio FM, sehingga pengguna tidak dapat mendengarkan siaran radio FM secara langsung di smartphone. Namun, pengguna masih dapat mendengarkan radio melalui aplikasi radio online yang dapat diunduh melalui Play Store.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah Huawei P20 memiliki kamera depan yang bagus?

Ya, Huawei P20 dilengkapi dengan kamera depan 24MP yang mampu menghasilkan selfie dengan kualitas yang bagus dan tajam.

2. Apakah Huawei P20 dapat merekam video dengan resolusi 4K?

Ya, Huawei P20 dapat merekam video dengan resolusi 4K pada kecepatan 30fps, menghasilkan video berkualitas tinggi yang tajam dan jernih.

3. Apakah Huawei P20 dilengkapi dengan fitur pengisian nirkabel?

Tidak, Huawei P20 tidak dilengkapi dengan fitur pengisian nirkabel. Pengguna masih perlu menggunakan kabel untuk mengisi daya baterai Huawei P20.

4. Berapa kapasitas penyimpanan internal yang dimiliki Huawei P20?

Huawei P20 hadir dalam dua varian penyimpanan internal, yaitu 64GB dan 128GB. Pengguna dapat memilih varian yang sesuai dengan kebutuhan penyimpanan mereka.

5. Apakah Huawei P20 tahan terhadap goresan?

Huawei P20 dilindungi dengan lapisan kaca Corning Gorilla Glass yang dapat melindungi layar dan bodi smartphone dari goresan dan benturan ringan. Namun, pengguna tetap disarankan untuk menggunakan pelindung layar dan casing untuk menghindari kerusakan yang lebih serius.

Kesimpulan

Dalam ulasan ini, kami telah membahas tentang kelebihan dan kekurangan Huawei P20. Huawei P20 merupakan smartphone yang menawarkan banyak kelebihan, seperti kualitas kamera yang luar biasa, performa yang cepat dan responsif, desain elegan, baterai yang tahan lama, dan fitur keamanan yang canggih. Namun, Huawei P20 juga memiliki beberapa kekurangan, seperti tidak adanya slot kartu memori eksternal, ketahanan terhadap air dan debu yang rendah, dan tidak adanya jack audio 3.5mm.

Jika Anda adalah seorang penggemar fotografi atau membutuhkan smartphone dengan performa yang baik, Huawei P20 bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, jika Anda membutuhkan smartphone dengan daya tahan terhadap air dan debu, atau tidak ingin menggunakan adaptor atau earphone Bluetooth, mungkin Huawei P20 tidak cocok untuk Anda.

Namun, kesimpulan ini bukan berarti Huawei P20 adalah smartphone yang buruk. Huawei P20 tetap merupakan salah satu pilihan yang menarik di pasar smartphone saat ini. Keputusan untuk membeli Huawei P20 atau tidak tetaplah menjadi keputusan Anda sendiri, sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda sebagai pengguna smartphone.