Kelebihan dan Kekurangan Infinix S4

Hallo Sobat Gaul, pada kali ini kami akan membahas tentang “kelebihan dan kekurangan Infinix S4”. Infinix S4 merupakan salah satu smartphone populer yang diluncurkan oleh Infinix Mobility. Dengan berbagai fitur yang menarik dan harga yang terjangkau, Infinix S4 menjadi pilihan yang menarik bagi pengguna smartphone saat ini. Pada artikel ini, kami akan mengulas secara lengkap mengenai keunggulan dan kelemahan dari Infinix S4.

1. Desain yang Menawan

Infinix S4 memiliki desain yang sangat menawan dengan bodi yang ramping dan layar yang luas. Smartphone ini dilengkapi dengan layar 6.2 inci yang menggunakan teknologi IPS LCD dengan resolusi HD+. Desain bodi belakang Infinix S4 dilengkapi dengan gradient color yang membuatnya terlihat elegan dan modern.

Kelebihan lainnya dari desain Infinix S4 adalah adanya poni di bagian atas layar, yang memberikan tampilan layar yang lebih luas dan bezel yang lebih tipis. Hal ini membuat pengalaman menonton video dan bermain game menjadi lebih nyaman.

Namun, kelemahan dari desain Infinix S4 adalah penggunaan bahan plastik pada bodi belakang yang mudah tergores. Pengguna disarankan menggunakan case atau pelindung layar untuk menjaga keawetan dan keindahan dari smartphone ini.

2. Performa yang Tangguh

Infinix S4 dibekali dengan prosesor Mediatek MT6762 Helio P22 octa-core yang memiliki kecepatan 2.0 GHz. Prosesor ini dipadukan dengan RAM 3/4 GB dan penyimpanan internal 32/64 GB, yang dapat diperluas menggunakan kartu microSD hingga 256 GB.

Dengan spesifikasi tersebut, Infinix S4 mampu memberikan performa yang tangguh dan responsif dalam menjalankan berbagai aplikasi, game, dan multitasking. Pengguna tidak perlu khawatir akan lag atau hang saat menggunakan smartphone ini.

Kelebihan lainnya dari segi performa Infinix S4 adalah sistem operasi Android 9.0 Pie yang sudah terintegrasi dengan antarmuka XOS 5.0 Cheetah yang membuat tampilan antarmuka lebih menarik dan mudah digunakan.

Meski memiliki performa yang tangguh, kekurangan Infinix S4 terletak pada kemampuan menjaga suhu smartphone saat digunakan dalam waktu yang lama. Smartphone ini bisa terasa agak panas jika digunakan untuk bermain game dengan durasi yang lama.

3. Kamera yang Unggul

Salah satu kelebihan utama dari Infinix S4 adalah kamera yang unggul. Smartphone ini dilengkapi dengan triple kamera belakang dengan konfigurasi 13 MP wide lens, 8 MP ultra-wide lens, dan 2 MP depth sensor. Kamera ini mampu menghasilkan foto dengan kualitas yang baik, baik pada kondisi pencahayaan yang terang maupun minim cahaya.

Selain itu, Infinix S4 juga dilengkapi dengan kamera depan 32 MP yang memungkinkan pengguna untuk mengambil selfie yang berkualitas tinggi. Smartphone ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur pemotretan seperti mode malam, mode potret, dan AI Beauty.

Meski kamera Infinix S4 memiliki kualitas yang baik, namun ada kekurangan pada kemampuan perekaman video yang hanya mampu mencapai resolusi Full HD 1080p. Bagi pengguna yang lebih sering merekam video dengan kualitas yang lebih tinggi, mungkin ini menjadi sedikit keterbatasan.

4. Baterai yang Tahan Lama

Infinix S4 dibekali dengan baterai berkapasitas 4000 mAh yang mampu bertahan seharian penuh dengan penggunaan normal. Smartphone ini juga dilengkapi dengan fitur penghemat daya yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan smartphone lebih lama tanpa perlu takut kehabisan baterai.

Kelebihan lainnya adalah adanya fitur fast charging yang memungkinkan pengguna untuk mengisi daya baterai dengan cepat. Dalam waktu singkat, baterai Infinix S4 sudah siap digunakan kembali.

Namun, ada kekurangan pada penggunaan port micro USB untuk pengisian daya. Keberadaan port USB tipe-C mungkin menjadi lebih praktis dan kemungkinan penggunaan fast charging menjadi lebih optimal.

5. Fitur Keamanan yang Canggih

Infinix S4 dilengkapi dengan fitur keamanan fingerprint sensor dan face unlock. Dengan fingerprint sensor, pengguna dapat dengan mudah membuka kunci smartphone hanya dengan menyentuh sensor pada bodi belakang smartphone.

Selain itu, dengan fitur face unlock, pengguna dapat membuka kunci smartphone hanya dengan menggunakan wajah. Fitur ini menggunakan teknologi yang canggih sehingga mampu mengenali wajah pengguna dengan cepat dan akurat.

Kelebihan lainnya adalah adanya fitur App Lock yang memungkinkan pengguna untuk mengunci aplikasi-aplikasi pilihan dengan menggunakan password, pola, atau sidik jari. Fitur ini sangat berguna untuk menjaga privasi pengguna.

Namun, kekurangan pada fitur keamanan Infinix S4 adalah tidak adanya fitur NFC yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran digital dengan mudah menggunakan smartphone.

6. Koneksi dan Jaringan yang Cepat

Infinix S4 mendukung dual SIM dan memiliki fitur 4G LTE yang memungkinkan pengguna untuk menjelajahi internet dengan kecepatan tinggi. Smartphone ini juga dilengkapi dengan fitur Bluetooth 5.0 yang memungkinkan pengguna untuk mentransfer file dengan cepat dan stabil.

Kelebihan lainnya adalah adanya fitur dual band Wi-Fi yang memungkinkan smartphone ini terhubung dengan jaringan Wi-Fi dengan kecepatan yang lebih stabil dan tidak terganggu oleh interferensi jaringan lainnya.

Meskipun demikian, kelemahan dari fitur koneksi Infinix S4 adalah tidak adanya fitur NFC seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Bagi pengguna yang sering melakukan pembayaran digital menggunakan smartphone, ini mungkin menjadi sedikit keterbatasan.

7. Kapasitas Penyimpanan yang Luas

Infinix S4 hadir dengan kapasitas penyimpanan internal sebesar 32/64 GB. Jumlah ini sudah cukup luas untuk menyimpan berbagai file, seperti foto, video, musik, dan aplikasi.

Kelebihan lainnya adalah adanya slot kartu microSD yang memungkinkan pengguna untuk menambah kapasitas penyimpanan hingga 256 GB. Dengan begitu, pengguna tidak perlu khawatir kehabisan penyimpanan dalam waktu dekat.

Namun, kekurangan Infinix S4 terletak pada tipe slot kartu yang digunakan. Infinix S4 hanya menggunakan hybrid SIM slot, yang berarti pengguna harus memilih antara menggunakan kartu SIM kedua atau kartu memori tambahan.

8. Tampilan Antarmuka yang Menarik

Infinix S4 menggunakan tampilan antarmuka XOS 5.0 Cheetah yang berjalan di atas sistem operasi Android 9.0 Pie. Tampilan antarmuka ini memberikan pengalaman pengguna yang menarik dan mudah digunakan.

Kelebihan lainnya adalah adanya fitur-fitur menarik seperti Smart Panel yang memudahkan pengguna untuk mengakses aplikasi-aplikasi terkini dan fitur AI Gallery yang secara otomatis menganalisis foto-foto pengguna dan mengklasifikasikannya berdasarkan objek dan kejadian.

Meski begitu, ada kekurangan pada tampilan antarmuka yang sedikit terlalu banyak aplikasi bawaan. Pengguna mungkin akan membutuhkan sedikit waktu untuk menyesuaikan dan menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan.

Pertanyaan Umum (FAQ)

1. Apakah Infinix S4 sudah dilengkapi dengan pelindung layar?

Ya, Infinix S4 sudah dilengkapi dengan lapisan pelindung layar Corning Gorilla Glass.

2. Apakah Infinix S4 dapat digunakan untuk gaming berat?

Tentu saja! Dengan prosesor dan RAM yang tangguh, Infinix S4 mampu menjalankan game-game berat dengan lancar dan responsif.

3. Apakah Infinix S4 memiliki fitur pengisian daya cepat?

Ya, Infinix S4 dilengkapi dengan fitur fast charging yang memungkinkan pengguna untuk mengisi daya baterai dengan cepat.

4. Apakah Infinix S4 sudah menggunakan USB tipe-C?

Tidak, Infinix S4 masih menggunakan port micro USB untuk pengisian daya.

5. Apakah Infinix S4 tahan air?

Tidak, Infinix S4 tidak memiliki sertifikasi tahan air. Pengguna disarankan untuk menjaga smartphone ini dari cairan.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas tentang “kelebihan dan kekurangan Infinix S4”. Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa Infinix S4 memiliki banyak kelebihan seperti desain menawan, performa yang tangguh, kamera yang unggul, baterai yang tahan lama, fitur keamanan yang canggih, koneksi dan jaringan yang cepat, kapasitas penyimpanan yang luas, serta tampilan antarmuka yang menarik.

Namun, Infinix S4 juga memiliki beberapa kekurangan seperti penggunaan bahan plastik pada bodi belakang yang mudah tergores, kemampuan menjaga suhu saat digunakan dalam waktu lama, keterbatasan resolusi perekaman video, penggunaan port micro USB, tidak adanya fitur NFC, keberadaan hybrid SIM slot, serta jumlah aplikasi bawaan yang terlalu banyak.

Meski demikian, Infinix S4 tetap menjadi pilihan yang menarik bagi pengguna smartphone yang menginginkan fitur-fitur unggulan dengan harga yang terjangkau. Dalam kisaran harga yang sama, Infinix S4 merupakan salah satu opsi yang dapat dipertimbangkan.