Kelebihan dan Kekurangan Nokia 8

Hallo, Sobat Gaul! Pada kali ini kami akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan Nokia 8. Nokia 8 adalah salah satu smartphone besutan Nokia yang banyak diminati oleh pengguna. Dengan berbagai fitur dan teknologi canggih yang dimiliki, Nokia 8 menjadi pilihan yang menarik bagi banyak orang. Namun, seperti halnya smartphone lainnya, Nokia 8 juga memiliki kelebihan dan kekurangan tertentu yang perlu kita ketahui sebelum memutuskan untuk membelinya. Mari kita simak ulasan berikut ini.

Kelebihan Nokia 8

1. Desain yang Elegan

Nokia 8 hadir dengan desain yang elegan dan premium. Dibuat dengan bahan berkualitas tinggi dan tampilan yang modern, Nokia 8 memberikan kesan mewah dan terlihat lebih mahal dari harga yang ditawarkan. Desain bodi yang kokoh dan tahan lama membuat Nokia 8 terasa nyaman digenggam.

2. Kamera Berkualitas Tinggi

Nokia 8 dilengkapi dengan kamera belakang ganda dengan resolusi 13 MP yang mampu menghasilkan gambar yang tajam dan jernih. Fitur-fitur seperti optical image stabilization dan fase deteksi autofocus membuat hasil foto semakin baik, terutama dalam kondisi cahaya yang redup. Selain itu, Nokia 8 juga dilengkapi dengan kamera depan 13 MP yang menghasilkan foto selfie yang berkualitas tinggi.

3. Performa yang Tangguh

Ditenagai oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 835 dan RAM 4 GB, Nokia 8 memiliki performa yang tangguh dan responsif. Dalam penggunaan sehari-hari, Nokia 8 mampu menjalankan berbagai aplikasi secara lancar dan multitasking tanpa hambatan. Dengan demikian, pengguna dapat mengakses berbagai fitur dan aplikasi dengan cepat dan mudah.

4. Layar dengan Resolusi Tinggi

Nokia 8 dilengkapi dengan layar IPS LCD berukuran 5,3 inci dan resolusi Quad HD. Layar tersebut memberikan pengalaman visual yang memukau dengan warna yang tajam dan kontras yang baik. Dengan teknologi layar yang canggih, Nokia 8 membuat gambar dan video terlihat lebih hidup dan detail.

5. Baterai yang Tahan Lama

Dilengkapi dengan baterai berkapasitas 3090 mAh, Nokia 8 mampu bertahan sepanjang hari dengan penggunaan normal. Dalam pengujian baterai, Nokia 8 mampu bertahan hingga 9 jam dalam pemutaran video, 19 jam dalam percakapan telepon, dan 49 jam dalam pemutaran musik. Dengan demikian, pengguna tidak perlu khawatir kehabisan daya ketika sedang digunakan.

6. Sistem Operasi yang Lengkap

Nokia 8 menggunakan sistem operasi Android dengan antarmuka murni tanpa modifikasi. Dengan demikian, pengguna mendapatkan pengalaman Android yang murni dan terupdate. Nokia 8 juga mendapatkan dukungan update sistem operasi selama beberapa tahun ke depan, sehingga pengguna tetap bisa menikmati fitur dan keamanan terbaru dari Android.

7. Harga yang Kompetitif

Dibandingkan dengan smartphone sekelasnya, Nokia 8 menawarkan harga yang kompetitif. Dengan kualitas dan fitur yang dimiliki, Nokia 8 menjadi salah satu pilihan yang menguntungkan bagi pengguna yang ingin memiliki smartphone dengan harga yang terjangkau.

Kekurangan Nokia 8

1. Tidak Tahan Air

Salah satu kekurangan Nokia 8 adalah ketidakmampuannya dalam bertahan terhadap air dan debu. Hal ini menjadi kendala bagi pengguna yang ingin menggunakan smartphone ini dalam situasi yang cenderung basah atau berdebu.

2. Speaker yang Kurang Baik

Kualitas speaker pada Nokia 8 terbilang kurang baik. Suara yang dihasilkan memiliki kualitas yang kurang memuaskan terutama pada volume suara tinggi. Hal ini menjadi kendala bagi pengguna yang lebih sering menggunakan speaker smartphone dalam mendengarkan musik atau menonton video.

3. Tidak Ada Slot Kartu Memori

Nokia 8 tidak menyediakan slot kartu memori eksternal, sehingga penyimpanan eksternal sangat terbatas. Pengguna harus memilih varian memori internal yang sesuai dengan kebutuhan, sehingga tidak bisa menambahkan penyimpanan eksternal jika memori internal sudah penuh.

4. Desain yang Kurang Ergonomis

Desain Nokia 8 tergolong cukup besar dan sedikit berat dibandingkan dengan smartphone sekelasnya. Hal ini membuat grip terhadap smartphone ini menjadi kurang nyaman, terutama bagi pengguna dengan tangan yang lebih kecil.

5. Tidak Dilengkapi dengan Fitur Pengisian Daya Cepat

Nokia 8 tidak dilengkapi dengan fitur pengisian daya cepat, sehingga waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya baterai agak lebih lama dibandingkan dengan smartphone sekelasnya yang sudah dilengkapi dengan fitur tersebut.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apa yang menjadi kelebihan utama Nokia 8?

Nokia 8 memiliki kelebihan utama dalam desain yang elegan, kamera berkualitas tinggi, performa yang tangguh, layar dengan resolusi tinggi, baterai yang tahan lama, sistem operasi yang lengkap, dan harga yang kompetitif.

2. Apakah Nokia 8 tahan air?

Maaf, Nokia 8 tidak tahan air. Oleh karena itu, pengguna harus lebih berhati-hati dalam penggunaannya agar tidak terkena air atau debu.

3. Apakah Nokia 8 dilengkapi dengan slot kartu memori eksternal?

Tidak, Nokia 8 tidak menyediakan slot kartu memori eksternal. Pengguna harus memilih varian memori internal yang sesuai dengan kebutuhan.

4. Berapa kapasitas baterai Nokia 8?

Nokia 8 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 3090 mAh.

5. Apakah Nokia 8 dilengkapi dengan fitur pengisian daya cepat?

Maaf, Nokia 8 tidak dilengkapi dengan fitur pengisian daya cepat.

Kesimpulan

Melalui ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa Nokia 8 memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan menarik bagi pengguna. Desain elegan, kamera berkualitas tinggi, performa yang tangguh, dan banyak fitur lainnya menjadikan Nokia 8 sebagai smartphone yang handal dan mengagumkan. Meskipun demikian, Nokia 8 juga memiliki beberapa kekurangan seperti ketidakmampuannya dalam bertahan terhadap air dan debu, kualitas speaker yang kurang baik, tidak ada slot kartu memori eksternal, dan desain yang kurang ergonomis. Meski begitu, jika Anda mencari smartphone dengan harga yang kompetitif dan performa yang baik, Nokia 8 tetap menjadi pilihan yang patut dipertimbangkan.

Demikianlah pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan Nokia 8. Semoga ulasan ini dapat membantu Anda dalam memilih smartphone yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.