Kelebihan dan Kekurangan Realme 2 Pro

Hallo Sobat Gaul, pada kali ini kami akan membahas tentang “kelebihan dan kekurangan Realme 2 Pro”. Realme 2 Pro merupakan salah satu smartphone terbaru yang diluncurkan oleh Realme, merek yang masih tergolong baru di pasar smartphone Indonesia. Dengan spesifikasi yang mumpuni dan harga yang terjangkau, Realme 2 Pro menjadi pilihan menarik bagi para pengguna smartphone di Indonesia. Namun, seperti halnya produk lainnya, Realme 2 Pro juga memiliki kelebihan dan kekurangan tertentu yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk membelinya. Berikut ini adalah ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Realme 2 Pro.

1. Desain dan Tampilan

Realme 2 Pro hadir dengan desain yang elegan dan modern. Bagian belakang smartphone ini dilapisi dengan panel kaca yang memberikan kesan mewah dan premium. Tersedia dalam beberapa pilihan warna menarik seperti Black Sea, Ice Lake, dan Blue Ocean. Namun, sayangnya, desain belakang yang dilapisi kaca ini membuat smartphone ini cenderung licin dan mudah meninggalkan sidik jari.

2. Layar

Layar Realme 2 Pro memiliki ukuran 6,3 inci dengan teknologi IPS LCD. Layarnya memiliki resolusi Full HD+ dan rasio 19,5:9, sehingga memberikan tampilan yang jernih dan detail. Selain itu, smartphone ini juga dilengkapi dengan poni kecil atau notch di bagian atas layar, yang memberikan tambahan ruang tampilan. Namun, beberapa pengguna mungkin menganggap ukuran layar ini terlalu besar dan sulit digunakan dengan satu tangan.

3. Performa

Realme 2 Pro dibekali dengan prosesor Snapdragon 660 yang cukup tangguh untuk menangani tugas-tugas sehari-hari, termasuk menjalankan aplikasi dan bermain game. Smartphone ini juga dilengkapi dengan RAM 4GB atau 6GB, sehingga memberikan performa yang responsif dan lancar. Namun, sayangnya, Realme 2 Pro tidak mendukung teknologi fast charging, sehingga waktu pengisian baterai bisa lebih lama dibandingkan dengan smartphone lain yang mendukung fitur tersebut.

4. Kamera

Realme 2 Pro hadir dengan kamera utama ganda 16MP + 2MP di bagian belakang, yang mampu mengambil foto dengan kualitas yang baik, terutama dalam kondisi cahaya yang cukup. Smartphone ini juga dilengkapi dengan fitur AI Beauty 2.0 yang dapat mengoptimalkan hasil foto selfie. Namun, beberapa pengguna menganggap bahwa kemampuan kamera Realme 2 Pro masih dapat ditingkatkan terutama dalam mengatasi noise dan kekurangan cahaya saat pengambilan foto di malam hari.

5. Baterai

Realme 2 Pro memiliki baterai berkapasitas 3500mAh, yang cukup untuk digunakan sehari-hari. Namun, beberapa pengguna menganggap daya tahan baterai ini masih bisa ditingkatkan, terutama saat penggunaan secara intensif seperti bermain game atau menonton video dalam waktu yang lama.

6. Fitur dan Keamanan

Realme 2 Pro dilengkapi dengan berbagai fitur menarik seperti dual SIM, face unlock, dan fingerprint sensor di bagian belakang. Kedua fitur keamanan ini berfungsi dengan baik dan responsif. Namun, beberapa pengguna mungkin menginginkan adanya fitur NFC yang tidak ada pada smartphone ini.

7. Penyimpanan dan Ekspansi

Realme 2 Pro tersedia dalam beberapa pilihan varian penyimpanan internal, mulai dari 64GB hingga 128GB. Selain itu, smartphone ini juga dilengkapi dengan slot kartu microSD yang dapat digunakan untuk menambah kapasitas penyimpanan. Namun, slot kartu microSD ini merupakan slot khusus dan tidak bisa digunakan bersamaan dengan dual SIM. Beberapa pengguna mungkin merasa bahwa kapasitas penyimpanan yang tersedia masih kurang, terutama bagi mereka yang memiliki banyak file media.

8. Sistem Operasi

Realme 2 Pro menjalankan sistem operasi Android 8.1 Oreo dengan antarmuka ColorOS 5.2. Antarmuka ini cukup responsif dan mudah digunakan. Namun, beberapa pengguna mungkin menginginkan adanya pembaruan sistem operasi yang lebih cepat ke versi terbaru, yaitu Android 9 Pie.

9. Harga

Realme 2 Pro dipasarkan dengan harga yang terjangkau, menawarkan spesifikasi yang kompetitif. Harga yang ditawarkan untuk varian tertinggi masih lebih murah dibandingkan dengan smartphone sekelasnya. Hal ini menjadi salah satu keunggulan Realme 2 Pro dan menjadi alasan mengapa banyak pengguna tertarik untuk memilikinya.

10. Jaringan dan Konektivitas

Realme 2 Pro mendukung jaringan 4G LTE dengan kecepatan yang cukup stabil. Smartphone ini juga dilengkapi dengan fitur Wi-Fi, Bluetooth, dan GPS yang berfungsi dengan baik. Namun, beberapa pengguna mungkin menginginkan adanya fitur NFC yang tidak ada pada smartphone ini.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apakah Realme 2 Pro memiliki fitur fast charging?

Tidak, Realme 2 Pro tidak mendukung fitur fast charging. Waktu pengisian baterai bisa lebih lama dibandingkan dengan smartphone lain yang mendukung fitur tersebut. Namun, baterai Realme 2 Pro memiliki kapasitas yang cukup besar, sehingga biasanya dapat bertahan seharian penuh dengan pemakaian normal.

2. Bagaimana kualitas kamera Realme 2 Pro?

Kualitas kamera Realme 2 Pro cukup baik, terutama dalam kondisi cahaya yang cukup. Smartphone ini dilengkapi dengan kamera utama ganda 16MP + 2MP di bagian belakang yang mampu menghasilkan foto yang detail dan tajam. Namun, untuk pengambilan foto di malam hari, kualitas foto masih bisa ditingkatkan terutama dalam mengatasi noise dan kekurangan cahaya.

3. Apakah Realme 2 Pro memiliki fitur NFC?

Realme 2 Pro tidak dilengkapi dengan fitur NFC. Beberapa pengguna mungkin menginginkan adanya fitur tersebut, terutama jika mereka sering menggunakan smartphone untuk bertransaksi menggunakan fitur pembayaran digital.

4. Apakah Realme 2 Pro memiliki pembaruan sistem operasi?

Realme 2 Pro saat ini menjalankan sistem operasi Android 8.1 Oreo dengan antarmuka ColorOS 5.2. Namun, beberapa pengguna mungkin menginginkan adanya pembaruan sistem operasi yang lebih cepat ke versi terbaru, yaitu Android 9 Pie. Perusahaan Realme telah berkomitmen untuk memberikan pembaruan sistem operasi secara reguler untuk smartphone mereka, termasuk Realme 2 Pro.

5. Apakah Realme 2 Pro memiliki slot kartu microSD terpisah?

Ya, Realme 2 Pro dilengkapi dengan slot kartu microSD terpisah yang dapat digunakan untuk menambah kapasitas penyimpanan. Namun, slot kartu microSD ini merupakan slot khusus dan tidak bisa digunakan bersamaan dengan dual SIM. Jadi, jika Anda menggunakan dua kartu SIM, Anda harus memilih antara menambah kapasitas penyimpanan atau menggunakan dua kartu SIM.

Kesimpulan

Realme 2 Pro adalah smartphone yang menawarkan spesifikasi yang mumpuni dengan harga yang terjangkau. Desainnya yang elegan, layar yang jernih, performa yang responsif, serta fitur-fitur menarik membuat Realme 2 Pro menjadi pilihan menarik bagi para pengguna smartphone di Indonesia. Namun, ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan, seperti absennya fitur fast charging dan NFC. Meskipun demikian, kelebihan-kelebihan Realme 2 Pro masih mampu mengimbangi kekurangannya ini. Dengan demikian, apabila Anda sedang mencari smartphone dengan spesifikasi yang tinggi namun dengan harga yang terjangkau, Realme 2 Pro bisa menjadi pilihan yang tepat.