Kelebihan dan Kekurangan Realme C12

Hallo Sobat Gaul, pada kali ini kami akan membahas tentang “kelebihan dan kekurangan Realme C12”. Realme C12 merupakan salah satu smartphone terbaru dari Realme yang diluncurkan pada bulan Agustus 2020. Dengan harga yang terjangkau, Realme C12 memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu kamu ketahui sebelum membelinya. Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Spesifikasi Realme C12

Sebelum membahas kelebihan dan kekurangan Realme C12, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu spesifikasi dari smartphone ini. Realme C12 dilengkapi dengan layar IPS LCD berukuran 6.5 inci dengan resolusi 720 x 1560 piksel. Smartphone ini didukung oleh prosesor MediaTek Helio G35 dan menjalankan sistem operasi Android 10 yang dikustomisasi dengan antarmuka Realme UI. Realme C12 juga memiliki kapasitas baterai yang besar, yaitu 6000mAh, sehingga dapat digunakan dalam waktu yang lama tanpa perlu sering-sering mengisi daya.

Selain itu, Realme C12 juga memiliki kamera belakang dengan konfigurasi triple camera, yaitu kamera utama 13MP, kamera makro 2MP, dan kamera depth sensor 2MP. Sedangkan untuk kamera depan, Realme C12 dilengkapi dengan kamera selfie 5MP. Smartphone ini juga sudah dilengkapi dengan fitur-fitur menarik seperti pemindai sidik jari, Face Unlock, dan slot kartu microSD yang dapat digunakan untuk memperluas kapasitas penyimpanan.

Kelebihan Realme C12

1. Desain Menarik dan Ergonomis

Realme C12 memiliki desain yang cukup menarik dengan pilihan warna yang berbeda-beda. Smartphone ini juga cukup ergonomis dengan bodi yang ramping dan ringan, sehingga nyaman digenggam dalam waktu yang lama.

2. Performa yang Cukup Berkelas

Realme C12 didukung oleh prosesor MediaTek Helio G35 yang mampu memberikan performa yang cukup kelas untuk kegiatan sehari-hari. Dengan RAM 3GB, kamu dapat menjalankan beberapa aplikasi dengan lancar dan tanpa lag.

3. Baterai yang Tahan Lama

Salah satu keunggulan utama dari Realme C12 adalah kapasitas baterai yang besar, yaitu 6000mAh. Dengan kapasitas baterai sebesar itu, kamu dapat menggunakan smartphone ini dalam waktu yang lama tanpa perlu khawatir kehabisan daya.

4. Kamera yang Mumpuni

Realme C12 dilengkapi dengan tripe camera yang mampu menghasilkan foto-foto yang memuaskan. Kamera utama 13MP dapat mengambil foto dengan detail yang baik, sedangkan kamera makro memungkinkan kamu untuk mengabadikan detail objek dari jarak yang sangat dekat.

5. Harga Terjangkau

Seperti halnya smartphone Realme lainnya, Realme C12 ditawarkan dengan harga yang terjangkau. Dengan fitur-fitur yang cukup mumpuni, smartphone ini menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin memiliki smartphone dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Kekurangan Realme C12

1. Layar dengan Resolusi Rendah

Salah satu kekurangan Realme C12 adalah layarnya yang memiliki resolusi rendah, yaitu 720 x 1560 piksel. Hal ini membuat tampilan yang ditampilkan kurang tajam dan kurang mendetail jika dibandingkan dengan smartphone lain yang memiliki resolusi lebih tinggi.

2. Prosesor yang Cukup Standar

Meskipun didukung oleh prosesor MediaTek Helio G35, performa Realme C12 terhitung standar. Smartphone ini masih mengalami sedikit kendala dalam menjalankan aplikasi-aplikasi yang membutuhkan performa tinggi.

3. Kamera Selfie yang Kurang Memuaskan

Meskipun kamera belakang Realme C12 memiliki kualitas yang mumpuni, namun tidak demikian dengan kamera depannya. Kamera selfie 5MP pada smartphone ini memberikan hasil yang kurang memuaskan, terutama dalam kondisi cahaya yang kurang baik.

4. Tidak Dilengkapi dengan Fitur Fast Charging

Salah satu kekurangan lainnya adalah Realme C12 tidak dilengkapi dengan fitur fast charging. Sehingga waktu pengisian daya smartphone ini menjadi lebih lama jika dibandingkan dengan smartphone lainnya yang menggunakan fitur tersebut.

5. Sistem Operasi yang Sudah Tua

Realme C12 masih menggunakan sistem operasi Android 10 yang dikustomisasi dengan Realme UI. Hal ini membuat smartphone ini tidak mendapatkan fitur-fitur terbaru dan pembaruan keamanan yang lebih lanjut.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah Realme C12 mendukung fitur pengisian daya cepat?

Maaf, Realme C12 tidak dilengkapi dengan fitur fast charging sehingga waktu pengisian daya menjadi lebih lama.

2. Berapa kapasitas RAM yang dimiliki oleh Realme C12?

Realme C12 memiliki kapasitas RAM sebesar 3GB, yang cukup untuk menjalankan beberapa aplikasi dengan lancar dan tanpa lag.

3. Apakah Realme C12 memiliki sensor sidik jari?

Ya, Realme C12 dilengkapi dengan fitur pemindai sidik jari yang terletak di bagian belakang smartphone.

4. Apakah Realme C12 memiliki kemampuan merekam video dalam resolusi tinggi?

Ya, Realme C12 dapat merekam video dengan resolusi 1080p pada 30fps.

5. Berapa kapasitas baterai yang dimiliki oleh Realme C12?

Realme C12 memiliki kapasitas baterai yang besar, yaitu 6000mAh. Dengan kapasitas sebesar itu, kamu dapat menggunakan smartphone ini dalam waktu yang lama tanpa perlu sering-sering mengisi daya.

Kesimpulan

Setelah mengulas kelebihan dan kekurangan Realme C12, dapat disimpulkan bahwa smartphone ini merupakan pilihan yang menarik untuk kamu yang menginginkan smartphone dengan harga terjangkau. Kelebihan Realme C12 seperti desain menarik, performa yang cukup berkelas, baterai tahan lama, kamera yang mumpuni, dan harga yang terjangkau menjadikannya sebagai smartphone yang layak dipertimbangkan.

Namun, Realme C12 juga memiliki kekurangan seperti layar dengan resolusi rendah, prosesor yang standar, kamera selfie yang kurang memuaskan, tidak dilengkapi fitur fast charging, dan sistem operasi yang sudah tua. Jadi, sebelum membeli Realme C12, kamu perlu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan tersebut sesuai dengan kebutuhan dan preferencemu.

Demikianlah ulasan tentang kelebihan dan kekurangan Realme C12. Semoga informasi ini dapat membantu kamu dalam memilih smartphone yang sesuai dengan kebutuhanmu. Terima kasih telah membaca artikel ini dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya!