Kelebihan dan Kekurangan Realme C30s

Hallo sobat Gaul, pada kali ini kami akan membahas tentang “kelebihan dan kekurangan Realme C30s”. Realme C30s merupakan smartphone terbaru yang diluncurkan oleh Realme pada bulan September 2021. Dengan spesifikasi yang cukup menarik, Realme C30s memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu kita ketahui sebelum membelinya. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara detail tentang hal tersebut.

1. Kelebihan Realme C30s

Baterai yang Tahan Lama

Salah satu kelebihan utama dari Realme C30s adalah kapasitas baterainya yang besar, yaitu 6000 mAh. Dengan baterai sebesar itu, Anda dapat menggunakan smartphone ini seharian penuh tanpa perlu khawatir kehabisan daya. Selain itu, Realme C30s dilengkapi dengan fitur pengisian cepat 18W, yang memungkinkan Anda mengisi daya secara efisien dalam waktu singkat.

Performa yang Tangguh

Realme C30s dibekali dengan prosesor MediaTek Helio G85, yang memberikan performa yang tangguh untuk kegiatan sehari-hari, seperti bermain game, menonton video, dan menjalankan aplikasi berat. Prosesor ini didukung dengan RAM 4GB atau 6GB, yang membuat multitasking menjadi lebih lancar dan responsif.

Layar Besar dengan Resolusi Tinggi

Smartphone ini memiliki layar IPS LCD berukuran 6,5 inci dengan resolusi 720 x 1600 piksel. Layar besar dengan resolusi tinggi ini memberikan pengalaman menonton video dan bermain game yang lebih imersif. Selain itu, Realme C30s juga dilengkapi dengan fitur Blue Light Filter, yang mengurangi paparan cahaya biru berlebihan dan melindungi mata Anda.

Kamera Belakang yang Berkualitas

Realme C30s dilengkapi dengan triple kamera belakang, yang terdiri dari kamera utama 13 MP, kamera ultrawide 2 MP, dan kamera makro 2 MP. Trifecta kamera ini menjamin Anda dapat mengambil foto dan video dengan kualitas yang baik dalam berbagai kondisi pencahayaan. Selain itu, smartphone ini juga memiliki kamera depan 8 MP untuk keperluan swafoto dan panggilan video.

2. Kekurangan Realme C30s

Desain yang Biasa Saja

Salah satu kekurangan dari Realme C30s adalah desainnya yang tergolong biasa saja. Smartphone ini hadir dengan bodi polikarbonat dengan pilihan warna yang terbatas. Jika Anda menginginkan desain yang lebih premium atau inovatif, mungkin Realme C30s bukanlah pilihan yang tepat untuk Anda.

Tidak Mendukung NFC

Jika Anda sering menggunakan fitur NFC untuk berbagai keperluan, seperti pembayaran digital atau transfer data antar smartphone, Realme C30s mungkin tidak cocok untuk Anda. Sayangnya, smartphone ini tidak dilengkapi dengan fitur NFC, sehingga Anda harus mencari alternatif lain jika membutuhkannya.

Tidak Dilengkapi dengan Perlindungan Layar Gorilla Glass

Jika Anda khawatir tentang keamanan layar smartphone, Anda mungkin akan kecewa mengetahui bahwa Realme C30s tidak dilengkapi dengan perlindungan layar Gorilla Glass. Ini berarti Anda perlu lebih berhati-hati untuk menghindari goresan atau kerusakan pada layar smartphone ini.

Masih Menggunakan Micro USB

Saat ini, kebanyakan smartphone telah beralih ke penggunaan port USB Type-C yang lebih modern dan cepat. Namun, Realme C30s masih menggunakan konektor Micro USB, yang lebih lambat dalam mentransfer data dan mengisi daya. Hal ini menjadi kekurangan bagi mereka yang menginginkan koneksi yang lebih cepat dan efisien.

Tidak Mendukung Jaringan 5G

Jika Anda adalah salah satu pengguna yang mencari smartphone dengan dukungan jaringan 5G, Realme C30s mungkin bukan pilihan yang tepat untuk Anda. Smartphone ini hanya mendukung jaringan 4G, sehingga Anda tidak dapat merasakan kecepatan internet yang lebih tinggi yang ditawarkan oleh jaringan 5G.

FAQ tentang Realme C30s

1. Berapa kapasitas RAM yang tersedia pada Realme C30s?

Realme C30s tersedia dalam dua varian RAM, yaitu 4GB dan 6GB. Anda dapat memilih varian yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Apakah Realme C30s memiliki fitur sidik jari atau wajah?

Ya, Realme C30s dilengkapi dengan sensor sidik jari pada bagian belakang dan juga mendukung fitur pengenalan wajah.

3. Berapa ukuran penyimpanan internal yang dimiliki oleh Realme C30s?

Realme C30s memiliki penyimpanan internal sebesar 64GB atau 128GB, yang dapat diperluas dengan slot kartu microSD.

4. Apakah Realme C30s tahan air?

Maaf, Realme C30s tidak dilengkapi dengan fitur tahan air atau sertifikasi IP68. Sebaiknya hindari paparan air yang berlebihan pada smartphone ini.

5. Apakah Realme C30s dapat menjalankan game berat?

Realme C30s dilengkapi dengan prosesor MediaTek Helio G85 dan RAM 4GB atau 6GB, yang membuatnya mampu menjalankan game berat dengan lancar. Namun, untuk performa yang optimal, sebaiknya kurangi aplikasi latar belakang saat bermain game.

Kesimpulan

Setelah membahas tentang kelebihan dan kekurangan Realme C30s, dapat disimpulkan bahwa smartphone ini menawarkan beberapa fitur menarik dengan harga yang terjangkau. Kelebihan-kelebihan seperti baterai yang tahan lama, performa yang tangguh, layar besar dengan resolusi tinggi, dan kamera belakang berkualitas menjadi daya tarik utama dari Realme C30s. Namun, ada beberapa kekurangan seperti desain yang biasa saja, ketiadaan fitur NFC, dan ketidakmendukungan jaringan 5G.

Jika Anda mencari smartphone dengan harga terjangkau dan performa yang mumpuni untuk kebutuhan sehari-hari, Realme C30s dapat menjadi pilihan yang cocok. Namun, jika Anda mengutamakan desain yang lebih premium atau fitur-fitur khusus seperti NFC atau jaringan 5G, Anda mungkin perlu mempertimbangkan pilihan lain. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dalam memilih smartphone yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.