Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A72

Hallo, Sobat Gaul! Pada kali ini kami akan membahas tentang “kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A72”. Samsung Galaxy A72 adalah salah satu smartphone terbaru yang dirilis oleh Samsung dengan berbagai fitur yang menarik perhatian pengguna. Namun, seperti halnya produk lainnya, Samsung Galaxy A72 juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu diketahui sebelum memutuskan untuk membelinya. Mari kita simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Kelebihan Samsung Galaxy A72

1. Desain yang Elegan

Samsung Galaxy A72 memiliki desain yang elegan dengan balutan material berkualitas. Tampilannya yang premium membuatnya terlihat mewah dan menarik.

2. Layar yang Luas dan Jernih

Dilengkapi dengan layar Super AMOLED berukuran 6.7 inci, Samsung Galaxy A72 menawarkan tampilan yang jernih, cerah, dan detail. Anda dapat menikmati konten multimedia dengan lebih maksimal.

3. Performa yang Tangguh

Ditenagai oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 720G, Galaxy A72 memiliki performa yang cepat dan tangguh untuk menjalankan berbagai aplikasi dan game yang berat sekalipun.

4. Kapasitas Baterai yang Besar

Dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh, Samsung Galaxy A72 dapat bertahan seharian penuh dengan penggunaan yang intensif. Anda tidak perlu khawatir kehabisan baterai saat sedang dalam perjalanan atau penggunaan yang lama.

5. Kamera yang Unggul

Samsung Galaxy A72 dilengkapi dengan kamera utama 64 MP yang dapat menghasilkan foto dan video dengan kualitas yang sangat baik. Selain itu, terdapat juga kamera ultra-wide, makro, dan depth sensor yang memungkinkan Anda untuk bereksplorasi dengan berbagai jenis fotografi.

6. Fitur-fitur Menarik

Samsung Galaxy A72 memiliki berbagai fitur menarik seperti kemampuan tahan air dan debu, pemindai sidik jari di layar, pengisian daya cepat, dan masih banyak lagi. Fitur-fitur ini memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan nyaman.

7. Harga yang Terjangkau

Meskipun memiliki spesifikasi yang mengesankan, Samsung Galaxy A72 tetap ditawarkan dengan harga yang terjangkau. Hal ini menjadikannya pilihan yang baik bagi mereka yang ingin memiliki smartphone dengan kualitas yang bagus tanpa perlu mengeluarkan banyak uang.

Kekurangan Samsung Galaxy A72

1. Tidak Mendukung 5G

Samsung Galaxy A72 hanya mendukung jaringan 4G, sehingga pengguna tidak dapat menikmati kecepatan internet 5G yang lebih cepat.

2. Tidak Dilengkapi dengan S-pen

Samsung Galaxy A72 tidak memiliki dukungan untuk menggunakan S-pen, sehingga pengguna tidak dapat memanfaatkan fitur ini seperti pada seri Samsung Galaxy Note.

3. Bobot yang Agak Berat

Dengan bobot sekitar 203 gram, Samsung Galaxy A72 tergolong agak berat. Hal ini bisa menjadi sedikit tidak nyaman bagi pengguna yang sering menggunakan smartphone dalam jangka waktu yang lama.

4. Tidak Mendukung Pengisian Nirkabel

Meskipun memiliki kapasitas baterai yang besar, Samsung Galaxy A72 tidak dilengkapi fitur pengisian nirkabel. Pengguna harus mengisi daya secara tradisional menggunakan kabel.

5. Tidak Menyediakan Slot MicroSD Terpisah

Samsung Galaxy A72 memiliki slot hybrid yang berarti Anda harus memilih antara menggunakan kartu SIM kedua atau kartu microSD. Jika Anda ingin menambahkan penyimpanan ekstra, Anda harus mengorbankan penggunaan kartu SIM kedua.

6. Tidak Mendukung Layar dengan Refresh Rate Tinggi

Samsung Galaxy A72 hanya dilengkapi dengan layar berkinerja standar tanpa dukungan refresh rate tinggi seperti pada smartphone kelas atas lainnya. Hal ini bisa menjadi kekurangan bagi pengguna yang menginginkan pengalaman visual yang lebih smooth.

7. Versi Sistem Operasi yang Tidak Terbaru

Samsung Galaxy A72 diluncurkan dengan sistem operasi Android 11, yang bukan merupakan versi terbaru Android. Pengguna mungkin tidak bisa mendapatkan fitur-fitur terbaru yang ditawarkan oleh versi terbaru Android.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apakah Samsung Galaxy A72 tahan air?

Ya, Samsung Galaxy A72 memiliki tingkat perlindungan IP67 yang membuatnya tahan air dan debu.

2. Apakah Samsung Galaxy A72 mendukung pengisian daya nirkabel?

Tidak, Samsung Galaxy A72 tidak mendukung pengisian daya nirkabel.

3. Berapa kapasitas baterai Samsung Galaxy A72?

Samsung Galaxy A72 memiliki kapasitas baterai sebesar 5.000 mAh.

4. Apakah Samsung Galaxy A72 memiliki slot microSD terpisah?

Tidak, Samsung Galaxy A72 memiliki slot hybrid yang memungkinkan Anda harus memilih antara kartu SIM kedua atau kartu microSD.

5. Apakah kamera Samsung Galaxy A72 bisa merekam video 4K?

Ya, kamera utama Samsung Galaxy A72 mampu merekam video dengan kualitas hingga 4K.

Kesimpulan

Dalam ulasan ini, kami telah membahas kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A72. Dari sisi kelebihannya, Samsung Galaxy A72 memiliki desain elegan, layar yang luas dan jernih, performa yang tangguh, kapasitas baterai yang besar, kamera yang unggul, fitur menarik, dan harga yang terjangkau. Namun, tidak mendukung 5G, tidak dilengkapi dengan S-pen, bobot yang agak berat, tidak mendukung pengisian nirkabel, tidak menyediakan slot microSD terpisah, tidak mendukung layar dengan refresh rate tinggi, dan versi sistem operasi yang tidak terbaru menjadi kekurangan dari Samsung Galaxy A72.

Tentunya, keputusan untuk membeli Samsung Galaxy A72 tetap berada di tangan Anda. Pertimbangkan dengan baik semua kelebihan dan kekurangannya sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga ulasan ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi Anda dalam memilih smartphone terbaik sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda.