Mengecek No Resi Shopee

Hallo Sobat Gaul, pada kali ini kami akan membahas tentang “mengecek no resi shopee”. Bagi kamu yang sering belanja online di Shopee, pasti pernah mengalami kebingungan saat ingin melacak pesanan yang sudah kamu bayar, bukan? Nah, dengan mengecek nomor resi Shopee, kamu akan bisa mengetahui posisi barangmu saat ini dan perkiraan waktu tiba di tempatmu. Yuk, simak artikel ini sampai habis!

Apa itu Nomor Resi Shopee?

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang cara mengecek nomor resi Shopee, ada baiknya kita mengerti terlebih dahulu apa itu nomor resi. Nomor resi adalah kode unik yang digunakan oleh jasa pengiriman untuk melakukan pelacakan terhadap suatu paket atau barang yang sedang dikirimkan. Pada Shopee, nomor resi ini diberikan oleh penjual kepada pembeli setelah barang dikirimkan.

Bagaimana Cara Mengecek Nomor Resi Shopee?

Untuk mengecek nomor resi Shopee, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Shopee di smartphone kamu
  2. Masuk ke menu “Saya” atau “Order Saya”
  3. Cari pesanan yang ingin kamu lacak
  4. Klik tombol “Lacak Pengiriman” atau “Cek Resi”
  5. Salin atau catat nomor resi yang tertera
  6. Buka situs jasa pengiriman yang sedang mengirimkan barangmu (misalnya JNE, J&T, atau TIKI)
  7. Temukan kolom “Lacak Paket” atau “Cek Resi”
  8. Masukkan nomor resi yang sudah kamu salin atau catat sebelumnya
  9. Tekan tombol “Cari” atau “Lacak”
  10. Tunggu beberapa detik hingga muncul informasi terkait posisi barang dan perkiraan waktu tiba

Apa yang Harus Dilakukan Jika Nomor Resi Tidak Ditemukan?

Jika nomor resi yang kamu coba masukkan tidak ditemukan oleh jasa pengiriman, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan, antara lain:

  1. Periksa kembali nomor resi yang kamu masukkan, pastikan tidak ada kesalahan penulisan atau pengambilan
  2. Sabar dan coba cek kembali beberapa jam atau hari kemudian karena ada kemungkinan sistem informasi jasa pengiriman belum update
  3. Jika sudah melewati batas waktu pengiriman yang ditentukan, hubungi penjual Shopee dan laporkan masalah tersebut
  4. Gunakan fitur “Bantuan” pada aplikasi Shopee untuk menghubungi tim customer service dan minta bantuan dalam melacak barangmu

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Bagaimana jika nomor resi Shopee tidak bisa dilacak?

Jika nomor resi Shopee tidak bisa dilacak, ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi. Pertama, nomor resi belum terdaftar di sistem jasa pengiriman, jadi kamu perlu bersabar dan cek kembali dalam beberapa waktu. Kedua, ada kesalahan penulisan atau pengambilan nomor resi, pastikan nomor resi yang kamu masukkan benar. Jika setelah dicek kembali masih tidak bisa dilacak, sebaiknya hubungi penjual atau customer service Shopee untuk mendapatkan solusi lebih lanjut.

2. Apakah bisa mengecek nomor resi Shopee tanpa masuk ke aplikasi?

Untuk saat ini, menu “Lacak Pengiriman” atau “Cek Resi” hanya tersedia di dalam aplikasi Shopee. Jadi, kamu perlu mengunduh aplikasi tersebut dan masuk ke akun kamu untuk bisa mengecek nomor resi. Namun, Shopee terus berinovasi dan mungkin akan memberikan akses untuk mengecek nomor resi tanpa harus masuk ke aplikasi di masa mendatang.

3. Apakah setiap pesanan di Shopee memiliki nomor resi?

Tidak, tidak setiap pesanan di Shopee memiliki nomor resi. Biasanya, hanya pesanan dengan metode pengiriman tertentu seperti JNE, J&T, atau TIKI yang akan mendapatkan nomor resi. Untuk pesanan dengan metode pengiriman lain seperti Shopee Express atau kurir lain yang disediakan oleh Shopee, nomor resi tidak diberikan kepada pembeli.

4. Apakah nomor resi Shopee bisa digunakan untuk melacak paket di situs jasa pengiriman?

Ya, nomor resi Shopee bisa digunakan untuk melacak paket di situs jasa pengiriman. Setelah kamu mendapatkan nomor resi, kamu hanya perlu membuka situs jasa pengiriman yang terkait dan masukkan nomor resi tersebut di kolom yang disediakan. Dengan begitu, kamu bisa melacak posisi barangmu secara real-time.

5. Apakah bisa mengecek nomor resi Shopee dari desktop atau komputer?

Untuk saat ini, menu “Lacak Pengiriman” atau “Cek Resi” hanya tersedia di aplikasi Shopee yang dijalankan di smartphone. Jadi, kamu perlu menggunakan smartphone atau tablet untuk mengecek nomor resi Shopee. Namun, kamu bisa menggunakan versi web dari situs jasa pengiriman yang terkait untuk melacak paketmu menggunakan nomor resi yang sudah kamu dapatkan.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas tentang cara mengecek nomor resi Shopee dengan mudah dan cepat. Kamu hanya perlu membuka aplikasi Shopee, masuk ke menu “Saya” atau “Order Saya”, dan mencari pesanan yang ingin kamu lacak. Salin nomor resi dan masukkan ke situs jasa pengiriman untuk melacak posisi barangmu. Jika nomor resi tidak ditemukan, periksa kembali nomor resi, bersabar, dan hubungi penjual atau customer service Shopee jika masalah masih belum teratasi.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang sering berbelanja online di Shopee. Dengan mengetahui cara mengecek nomor resi Shopee, kamu akan lebih tenang dan dapat memantau posisi barangmu dengan mudah. Happy shopping!