Perbedaan Advan G9 dan Advan GX

Hallo Sobat Gaul, pada kali ini kami akan membahas tentang perbedaan Advan G9 dan Advan GX. Advan G9 dan Advan GX adalah dua smartphone yang cukup populer di pasar Indonesia. Meskipun keduanya berasal dari merek yang sama, namun ada beberapa perbedaan yang perlu diperhatikan sebelum Anda membeli salah satu dari mereka.

Desain dan Tampilan

Advan G9 memiliki desain yang elegan dengan layar berukuran 6,3 inci dan resolusi 720 x 1520 piksel. Sementara itu, Advan GX menampilkan desain yang lebih simpel dengan layar berukuran 6 inci dan resolusi 720 x 1440 piksel. Kedua smartphone ini memiliki bezel yang tipis untuk memberikan pengalaman menonton yang maksimal.

Terdapat perbedaan dalam penempatan tombol-tombol pada kedua perangkat ini. Advan G9 memiliki tombol power dan volume di sisi kanan, sedangkan Advan GX memiliki tombol-tombol tersebut di sisi kiri. Selain itu, Advan G9 memiliki pemindai sidik jari yang terletak di bagian belakang, sedangkan Advan GX tidak memiliki fitur tersebut.

Dalam hal warna, Advan G9 tersedia dalam beberapa pilihan seperti hitam, biru, dan merah, sedangkan Advan GX hanya tersedia dalam warna hitam dan putih.

Kamera

Advan G9 dilengkapi dengan kamera belakang ganda 13MP + 2MP yang dilengkapi dengan fitur AI beautification dan LED flash. Sementara itu, Advan GX memiliki kamera belakang tunggal 13MP dengan fitur yang sama. Kedua smartphone ini juga dilengkapi dengan kamera depan 8MP untuk mengambil foto selfie yang jernih dan tajam.

Kualitas foto yang dihasilkan oleh Advan G9 dan Advan GX cukup memuaskan untuk harga yang ditawarkan. Namun, Advan G9 mungkin lebih unggul dalam hal detail gambar dan kejernihan warna.

Kinerja dan Performa

Advan G9 menggunakan prosesor MediaTek Helio A22 quad-core dengan RAM 2GB, sementara Advan GX menggunakan prosesor MediaTek MT6739WA quad-core dengan RAM 1GB. Perbedaan ini menjadikan Advan G9 memiliki performa yang lebih baik untuk multitasking dan penggunaan aplikasi yang lebih berat.

Advan G9 juga memiliki kapasitas baterai yang lebih besar, yaitu 4000mAh, sedangkan Advan GX hanya memiliki kapasitas 3000mAh. Ini berarti Advan G9 dapat bertahan lebih lama dengan penggunaan normal sehari-hari.

Fitur Tambahan

Advan G9 dilengkapi dengan pemindai sidik jari, Face Unlock, dan sensor cahaya. Di sisi lain, Advan GX tidak memiliki fitur pemindai sidik jari dan Face Unlock. Namun, Advan GX memiliki sensor gravitasi dan sensor jarak yang tidak dimiliki oleh Advan G9.

Kedua smartphone ini juga telah dilengkapi dengan fitur konektivitas seperti Wi-Fi, Bluetooth, GPS, dan USB Type-C untuk mentransfer data dan mengisi daya dengan cepat.

Harga

Harga Advan G9 saat ini berkisar antara Rp 1.500.000 hingga Rp 1.800.000, sedangkan Advan GX dijual dengan harga sekitar Rp 1.200.000 hingga Rp 1.500.000. Perbedaan harga ini biasanya disesuaikan dengan spesifikasi dan fitur yang dimiliki oleh masing-masing smartphone.

Jadi, jika Anda mencari smartphone dengan fitur lebih lengkap dan performa yang lebih baik, Advan G9 bisa menjadi pilihan yang tepat dengan harga yang cukup terjangkau. Namun, jika Anda menginginkan smartphone dengan harga yang lebih murah dan fitur yang cukup memadai, Advan GX juga merupakan opsi yang layak dipertimbangkan.

FAQ

1. Apa perbedaan utama antara Advan G9 dan Advan GX?

Perbedaan utama antara Advan G9 dan Advan GX terletak pada desain, performa, dan fitur tambahan. Advan G9 memiliki desain yang lebih elegan, performa yang lebih baik, dan beberapa fitur tambahan seperti pemindai sidik jari dan Face Unlock.

2. Apakah Advan G9 memiliki kamera yang lebih baik daripada Advan GX?

Ya, Advan G9 dilengkapi dengan kamera belakang ganda dan kualitas gambar yang lebih baik daripada Advan GX.

3. Berapa harga Advan G9 dan Advan GX?

Harga Advan G9 berkisar antara Rp 1.500.000 hingga Rp 1.800.000, sedangkan Advan GX dijual dengan harga sekitar Rp 1.200.000 hingga Rp 1.500.000.

4. Apakah Advan G9 memiliki fitur pemindai sidik jari?

Ya, Advan G9 dilengkapi dengan fitur pemindai sidik jari yang terletak di bagian belakang.

5. Apa kelebihan Advan GX dibandingkan Advan G9?

Advan GX memiliki harga yang lebih terjangkau dan dilengkapi dengan sensor gravitasi serta sensor jarak yang tidak dimiliki oleh Advan G9.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas perbedaan antara Advan G9 dan Advan GX. Dari segi desain, kamera, kinerja, fitur tambahan, dan harga, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Advan G9 menawarkan desain yang lebih elegan, kamera yang lebih baik, performa yang lebih baik, dan beberapa fitur tambahan seperti pemindai sidik jari dan Face Unlock. Namun, Advan GX memiliki harga yang lebih terjangkau dan dilengkapi dengan sensor gravitasi serta sensor jarak.

Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Jika Anda menginginkan smartphone dengan fitur lebih lengkap dan performa yang lebih baik, Advan G9 bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, jika Anda mencari smartphone dengan harga yang lebih terjangkau dan fitur yang cukup memadai, Advan GX juga merupakan opsi yang layak dipertimbangkan. Semoga artikel ini bermanfaat dalam membantu Anda memilih smartphone yang sesuai dengan kebutuhan Anda.