Perbedaan Huawei MatePad 10.4 dan Huawei MatePad SE

Hallo Sobat Gaul, pada kali ini kami akan membahas tentang perbedaan Huawei MatePad 10.4 dan Huawei MatePad SE. Huawei telah merilis beberapa varian tablet-nya dengan spesifikasi yang berbeda. Dua varian yang akan dibahas kali ini adalah Huawei MatePad 10.4 dan Huawei MatePad SE. Meskipun keduanya berasal dari seri MatePad, namun terdapat beberapa perbedaan yang perlu kamu ketahui sebelum memilih untuk membelinya. Mari simak penjelasan di bawah ini.

Huawei MatePad 10.4

Huawei MatePad 10.4 hadir dengan desain yang elegan dan layar yang cukup besar, yaitu 10,4 inci. Layar ini menawarkan resolusi WUXGA+ 2000 x 1200 piksel, yang memberikan pengalaman menonton yang jernih dan detail. Selain itu, Huawei MatePad 10.4 juga dilengkapi dengan sistem operasi EMUI 10.1 berbasis Android 10, yang menjadikan penggunaan tablet ini lebih lancar dan responsif.

Tablet ini ditenagai oleh chipset Kirin 810, yang merupakan salah satu chipset terbaik dari Huawei. Dengan itu, Huawei MatePad 10.4 menawarkan performa yang sangat baik dan mampu menjalankan berbagai aplikasi dan game dengan mulus. Tidak hanya itu, baterai berkapasitas 7250mAh yang dimilikinya juga cukup besar, sehingga dapat digunakan dalam waktu yang lama tanpa perlu sering-sering mengisi daya.

Dalam hal kamera, Huawei MatePad 10.4 memiliki kamera utama 8MP di bagian belakang dan kamera selfie 8MP di bagian depan. Kamera ini sudah cukup mumpuni untuk mengambil foto-foto atau melakukan video call dengan kualitas yang baik. Selain itu, tablet ini juga dilengkapi dengan speaker empat saluran yang menghasilkan suara stereo yang jernih dan kualitas suara yang baik.

Huawei MatePad 10.4 juga dilengkapi dengan penyimpanan internal 64GB dan RAM 4GB. Dengan ruang penyimpanan yang cukup besar ini, kamu dapat menyimpan banyak file, foto, video, atau game favoritmu tanpa khawatir kehabisan ruang. Tablet ini juga mendukung kartu microSD hingga 512GB, sehingga kamu dapat menambah kapasitas penyimpanan sesuai kebutuhanmu.

Fitur lain yang menarik dari Huawei MatePad 10.4 adalah M-Pencil, yaitu pena digital aktif yang dapat mengubah tablet ini menjadi alat tulis digital yang nyaman dan presisi. Dengan M-Pencil, kamu dapat menggambar, menulis, atau mengedit dengan lebih mudah dan kreatif.

Harga Huawei MatePad 10.4 bervariasi tergantung dari versi yang dipilih, mulai dari Rp 6,499,000 untuk versi WiFi-only, hingga Rp 7,999,000 untuk versi WiFi + 4G.

Huawei MatePad SE

Di sisi lain, Huawei MatePad SE hadir dengan desain yang simpel dan layar berukuran 10,1 inci dengan resolusi WUXGA 1920 x 1200 piksel. Meskipun resolusinya sedikit lebih rendah dibandingkan MatePad 10.4, namun tampilannya masih cukup tajam dan cukup nyaman digunakan dalam berbagai aktivitas.

Tablet ini menggunakan sistem operasi EMUI 10 berbasis Android 10 dan ditenagai oleh chipset Kirin 710A. Meskipun tidak sekuat Kirin 810, chipset Kirin 710A ini masih mampu memberikan performa yang baik untuk penggunaan sehari-hari. Kelebihan lain dari Huawei MatePad SE adalah kehadiran layanan HMS (Huawei Mobile Services), sehingga pengguna tetap bisa mendapatkan akses ke berbagai aplikasi dan layanan yang diperlukan.

Dalam hal kamera, Huawei MatePad SE memiliki kamera utama 5MP di bagian belakang dan kamera selfie 2MP di bagian depan. Meskipun tidak sebaik MatePad 10.4, kamera ini masih cukup untuk keperluan foto atau video call. Tablet ini juga dilengkapi dengan speaker stereo untuk pengalaman audio yang lebih baik.

Huawei MatePad SE hadir dalam dua varian, yaitu 4GB + 64GB dan 4GB + 128GB. Pilihan ini memungkinkan pengguna untuk memilih sesuai kebutuhan penyimpanan mereka. Jika kamu membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih besar, kamu bisa memilih varian kedua.

Dari segi harga, Huawei MatePad SE lebih terjangkau daripada MatePad 10.4. Harga penjualan resmi Huawei MatePad SE adalah sekitar Rp 5,399,000 untuk varian 4GB + 64GB dan Rp 5,999,000 untuk varian 4GB + 128GB.

Frequently Asked Questions (FAQs)

1. Apa perbedaan utama antara Huawei MatePad 10.4 dan Huawei MatePad SE?

Perbedaan utama antara Huawei MatePad 10.4 dan Huawei MatePad SE terletak pada spesifikasi layar, chipset yang digunakan, dan harga. MatePad 10.4 memiliki layar yang lebih besar, chipset yang lebih kuat, dan harga yang sedikit lebih tinggi daripada MatePad SE.

2. Apakah Huawei MatePad 10.4 dan Huawei MatePad SE dapat menggunakan M-Pencil?

Ya, Huawei MatePad 10.4 mendukung penggunaan M-Pencil, sementara Huawei MatePad SE tidak dilengkapi dengan fitur tersebut.

3. Berapa jumlah kamera yang dimiliki oleh Huawei MatePad 10.4 dan Huawei MatePad SE?

Huawei MatePad 10.4 dilengkapi dengan kamera utama 8MP di bagian belakang dan kamera selfie 8MP di bagian depan. Sementara itu, Huawei MatePad SE memiliki kamera utama 5MP di bagian belakang dan kamera selfie 2MP di bagian depan.

4. Apakah Huawei MatePad SE dapat menggunakan berbagai aplikasi yang tersedia di Google Play Store?

Di Huawei MatePad SE, pengguna dapat memiliki akses ke berbagai aplikasi dan layanan melalui Huawei Mobile Services (HMS). Meskipun tidak menggunakan Google Play Store secara langsung, pengguna tetap bisa menemukan aplikasi yang mereka butuhkan melalui AppGallery dan metode lainnya.

5. Berapa harga Huawei MatePad 10.4 dan Huawei MatePad SE?

Harga Huawei MatePad 10.4 bervariasi tergantung dari versi yang dipilih, mulai dari Rp 6,499,000 untuk versi WiFi-only, hingga Rp 7,999,000 untuk versi WiFi + 4G. Sementara itu, harga penjualan resmi Huawei MatePad SE adalah sekitar Rp 5,399,000 untuk varian 4GB + 64GB dan Rp 5,999,000 untuk varian 4GB + 128GB.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas perbedaan antara Huawei MatePad 10.4 dan Huawei MatePad SE. Huawei MatePad 10.4 hadir dengan layar yang lebih besar, chipset yang lebih kuat, dan harga yang lebih tinggi. Sementara itu, Huawei MatePad SE hadir dengan layar yang sedikit lebih kecil, chipset yang sedikit lebih rendah, namun dengan harga yang lebih terjangkau.

Untuk pengguna yang mengutamakan performa lebih tinggi dan berbagai fitur premium, Huawei MatePad 10.4 merupakan pilihan yang tepat. Namun, bagi pengguna yang memiliki anggaran terbatas namun tetap menginginkan pengalaman tablet yang baik, Huawei MatePad SE dapat menjadi pilihan yang baik.

Berbagai faktor seperti ukuran layar, chipset, kamera, dan harga perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli salah satu dari kedua tablet ini. Dengan memahami perbedaan dan keunggulan masing-masing, kamu dapat memilih tablet yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensimu. Pilihlah dengan bijak dan nikmati pengalaman menggunakan tablet Huawei MatePad sesuai keinginanmu!