Perbedaan Huawei MatePad T10s dan MatePad T10

Hallo Sobat Gaul, pada kali ini kami akan membahas tentang perbedaan Huawei MatePad T10s dan MatePad T10. Dua tablet ini merupakan produk terbaru dari Huawei yang memiliki fitur dan spesifikasi yang menarik untuk dikulik. Jika kamu sedang mencari tablet baru, kamu mungkin bingung antara kedua model ini. Nah, artikel ini akan membantu kamu dalam memahami perbedaan antara Huawei MatePad T10s dan MatePad T10 sehingga kamu bisa membuat keputusan yang tepat untuk kebutuhanmu. Simak ulasan berikut ini.

1. Desain

Desain Huawei MatePad T10s

Huawei MatePad T10s memiliki desain yang elegan dengan layar berbentuk persegi yang memaksimalkan tampilan visual. Bezel layar yang tipis membuatnya terlihat modern dan premium. Tablet ini juga memiliki body yang ramping dan ringan, sehingga nyaman saat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Material yang digunakan juga terasa berkualitas tinggi, memberikan kesan mewah pada Huawei MatePad T10s.

Desain Huawei MatePad T10

Di sisi lain, Huawei MatePad T10 memiliki desain yang tidak kalah menarik. Meskipun terlihat sedikit lebih tebal daripada T10s, tablet ini tetap nyaman digunakan. Bezels yang sedikit lebih lebar juga memberikan pegangan yang lebih baik saat digunakan dalam mode landscape. Material yang digunakan di bagian belakang MatePad T10 terasa sedikit lebih kasar, memberikan pegangan yang nyaman dan mencegah tergelincir saat digunakan.

2. Layar

Layar Huawei MatePad T10s

Huawei MatePad T10s memiliki layar IPS LCD 10.1 inci dengan resolusi 1920 x 1200 piksel. Layar ini memberikan tampilan yang tajam dan warna yang akurat, cocok untuk menonton video dan memainkan game. Layar MatePad T10s juga dilengkapi dengan mode TÜV Rheinland yang mengurangi sinar biru berlebih, menjaga mata dari kelelahan.

Layar Huawei MatePad T10

Sementara itu, Huawei MatePad T10 juga memiliki layar IPS LCD 10.1 inci, tetapi dengan resolusi yang sedikit lebih rendah, yakni 1280 x 800 piksel. Meskipun resolusinya lebih rendah, layar MatePad T10 masih memberikan tampilan yang tajam dan jelas. Namun, perbedaan ini akan terlihat jika kamu sering menggunakan tablet untuk menonton konten berkualitas tinggi.

3. Performa

Performa Huawei MatePad T10s

Huawei MatePad T10s didukung oleh chipset Kirin 710A yang cukup kuat untuk menjalankan tugas sehari-hari dengan lancar. Chipset ini dibantu dengan RAM 3GB, memberikan performa yang cukup baik untuk multitasking ringan dan menjalankan aplikasi-aplikasi harian.

Performa Huawei MatePad T10

Di sisi lain, Huawei MatePad T10 menggunakan chipset Snapdragon 450 yang lebih rendah dari T10s, tetapi masih mampu menawarkan performa yang cukup baik dalam penggunaan sehari-hari. Pada MatePad T10, kamu akan menemukan RAM 2GB yang cukup untuk kebutuhan multitasking biasa.

4. Kapasitas Penyimpanan

Kapasitas Penyimpanan Huawei MatePad T10s

Huawei MatePad T10s memiliki dua pilihan kapasitas penyimpanan, yakni 32GB dan 64GB. Dua kapasitas ini bisa diperluas melalui slot kartu microSD.

Kapasitas Penyimpanan Huawei MatePad T10

Di sisi lain, Huawei MatePad T10 hanya hadir dengan satu pilihan kapasitas penyimpanan, yakni 32GB. Namun, MatePad T10 juga dilengkapi dengan slot kartu microSD untuk memperluas kapasitas penyimpanan.

5. Fitur Kamera

Fitur Kamera Huawei MatePad T10s

Huawei MatePad T10s hadir dengan kamera utama 5MP yang dapat digunakan untuk mengambil foto dan merekam video dengan hasil yang cukup baik. Jika kamu sering menggunakan tablet untuk video conference atau panggilan video, kamera depan 2MP MatePad T10s juga cukup untuk memenuhi kebutuhanmu.

Fitur Kamera Huawei MatePad T10

Di sisi lain, Huawei MatePad T10 memiliki fitur kamera yang serupa dengan MatePad T10s. Dengan kamera utama 5MP dan kamera depan 2MP, tablet ini mampu memenuhi kebutuhan fotografi dan komunikasi visual kamu dengan baik.

6. Baterai

Kapasitas Baterai Huawei MatePad T10s

Huawei MatePad T10s dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5100mAh yang mampu bertahan dalam penggunaan sehari-hari yang normal. Dengan baterai yang cukup besar, MatePad T10s bisa digunakan untuk melakukan tugas-tugas harian dengan nyaman tanpa perlu sering mengisi daya.

Kapasitas Baterai Huawei MatePad T10

Sementara itu, Huawei MatePad T10 juga memiliki kapasitas baterai yang sama dengan MatePad T10s, yakni 5100mAh. Dengan kapasitas ini, tablet ini bisa digunakan sepanjang hari tanpa perlu khawatir tentang kehabisan daya.

7. Sistem Operasi

Sistem Operasi Huawei MatePad T10s

Huawei MatePad T10s menjalankan sistem operasi EMUI 10.1 berbasis Android 10. EMUI 10.1 memberikan antarmuka yang responsif dan beragam fitur menarik yang dapat memaksimalkan pengalaman pengguna.

Sistem Operasi Huawei MatePad T10

Di sisi lain, Huawei MatePad T10 juga menjalankan sistem operasi EMUI 10.1 yang serupa dengan MatePad T10s. Dengan demikian, kamu tidak akan mengalami perbedaan signifikan dalam hal antarmuka dan fitur.

8. Audio

Audio Huawei MatePad T10s

Huawei MatePad T10s memiliki dual speaker yang ditempatkan di bagian kanan dan kiri tablet. Dual speaker ini memberikan efek suara yang lebih imersif saat menonton video atau mendengarkan musik.

Audio Huawei MatePad T10

MatePad T10 juga dilengkapi dengan dual speaker yang memberikan pengalaman audio yang serupa dengan MatePad T10s. Dual speaker ini memastikan kamu mendapatkan suara yang jernih dan terdengar lebih optimal.

9. Fitur Tambahan

Fitur Tambahan Huawei MatePad T10s

Huawei MatePad T10s dilengkapi dengan fitur deteksi wajah yang memberikan kemudahan dalam membuka tablet tanpa perlu memasukkan kata sandi atau sidik jari. Tablet ini juga telah dilengkapi dengan GPU Turbo yang meningkatkan performa grafis saat bermain game.

Fitur Tambahan Huawei MatePad T10

Di sisi lain, Huawei MatePad T10 tidak dilengkapi dengan fitur deteksi wajah atau GPU Turbo. Namun, tablet ini tetap memiliki fitur lain seperti mode khusus anak-anak yang dapat memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan aman bagi anak-anak.

10. Harga

Harga Huawei MatePad T10s

Huawei MatePad T10s hadir dalam dua varian, yakni 32GB dengan harga sekitar Rp. 2.000.000 dan 64GB dengan harga sekitar Rp. 2.500.000. Harga ini bisa berbeda-beda tergantung tempat dan waktu pembelian.

Harga Huawei MatePad T10

Di sisi lain, Huawei MatePad T10 memiliki harga yang sedikit lebih murah daripada MatePad T10s. Tablet ini dijual dengan harga sekitar Rp. 1.800.000. Meskipun harganya lebih terjangkau, MatePad T10 masih menawarkan fitur dan performa yang baik.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apa perbedaan Huawei MatePad T10s dan MatePad T10 dalam hal desain?

Huawei MatePad T10s memiliki desain yang lebih ramping dan tipis dibandingkan dengan MatePad T10. Selain itu, bezel layar pada T10s juga lebih tipis, memberikan tampilan yang lebih modern.

2. Apakah layar MatePad T10s lebih baik daripada layar MatePad T10?

Ya, layar MatePad T10s memiliki resolusi yang lebih tinggi, 1920 x 1200 piksel, sedangkan MatePad T10 memiliki resolusi 1280 x 800 piksel.

3. Bagaimana dengan performa kedua tablet ini?

Performa MatePad T10s sedikit lebih baik dengan chipset Kirin 710A dan RAM 3GB, sedangkan MatePad T10 menggunakan chipset Snapdragon 450 dan RAM 2GB.

4. Berapa kapasitas penyimpanan yang dimiliki oleh MatePad T10s dan MatePad T10?

MatePad T10s hadir dengan pilihan kapasitas penyimpanan 32GB dan 64GB, sedangkan MatePad T10 hanya memiliki satu pilihan, yakni 32GB.

5. Apakah harga MatePad T10s jauh berbeda dengan MatePad T10?

Harga MatePad T10 sedikit lebih terjangkau dengan harga sekitar Rp. 1.800.000, sementara MatePad T10s dijual dengan harga sekitar Rp. 2.000.000 hingga Rp. 2.500.000 tergantung kapasitas penyimpanan yang dipilih.

Kesimpulan

Setelah membandingkan Huawei MatePad T10s dan MatePad T10, dapat disimpulkan bahwa keduanya memiliki fitur dan spesifikasi yang menarik. Huawei MatePad T10s menawarkan desain yang lebih elegan, layar dengan resolusi yang lebih tinggi, performa yang sedikit lebih baik, dan pilihan kapasitas penyimpanan yang lebih banyak. Namun, MatePad T10 tidak kalah menarik dengan harga yang lebih terjangkau dan tetap memiliki fitur dan performa yang baik. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan dan anggaranmu. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam memilih Huawei MatePad yang sesuai dengan kebutuhanmu. Terima kasih telah membaca!