Perbedaan Nokia C10 dan Nokia C20

Hallo Sobat Gaul, pada kali ini kami akan membahas tentang perbedaan Nokia C10 dan Nokia C20. Kedua ponsel ini merupakan produk terbaru dari Nokia yang diluncurkan pada tahun 2021. Meskipun keduanya sama-sama merupakan ponsel entry-level dengan harga yang terjangkau, namun ada beberapa perbedaan yang perlu kamu ketahui sebelum memilih salah satu di antaranya.

Tampilan dan Desain

Tampilan dan desain merupakan salah satu perbedaan utama antara Nokia C10 dan Nokia C20. Nokia C10 memiliki desain yang lebih modern dengan layar berukuran 6.51 inci dan rasio aspek 20:9. Ponsel ini juga dilengkapi dengan bezel yang lebih tipis, memberikan pengalaman menonton yang lebih maksimal. Sedangkan Nokia C20 memiliki layar berukuran 6.52 inci dengan rasio aspek 20:9 yang sama seperti Nokia C10.

Nokia C20 juga dilengkapi dengan desain yang lebih ramping dan ringan dibandingkan dengan Nokia C10. Ponsel ini memiliki ketebalan hanya 8.8mm dan berat sekitar 191 gram, sedangkan Nokia C10 memiliki ketebalan 9.1mm dan berat sekitar 191 gram. Desainnya yang ramping dan ringan membuat Nokia C20 lebih nyaman digenggam dalam waktu yang lama.

Kedua ponsel ini juga memiliki pilihan warna yang berbeda. Nokia C10 hadir dalam warna hitam dan biru, sedangkan Nokia C20 hadir dalam warna biru dan ungu. Kamu bisa memilih ponsel yang sesuai dengan selera dan gaya kamu.

Kinerja dan Performa

Perbedaan lainnya antara Nokia C10 dan Nokia C20 terletak pada kinerja dan performa. Nokia C10 ditenagai oleh prosesor Unisoc SC7331E quad-core dengan kecepatan 1.3 GHz dan didukung oleh RAM 1GB. Sedangkan Nokia C20 ditenagai oleh prosesor Unisoc SC9863A octa-core dengan kecepatan 1.6 GHz dan didukung oleh RAM 2GB.

Dengan spesifikasi yang lebih tinggi, Nokia C20 menawarkan kinerja yang lebih baik dibandingkan Nokia C10. Kamu bisa menjalankan aplikasi dan game dengan lancar tanpa gangguan lag. Selain itu, Nokia C20 juga dilengkapi dengan versi Android yang lebih baru yaitu Android 11, sedangkan Nokia C10 masih menggunakan Android 10.

Untuk penyimpanan data, Nokia C10 dan Nokia C20 sama-sama dilengkapi dengan memori internal 16GB yang dapat diperluas hingga 256GB menggunakan kartu microSD.

Kamera

Kamera menjadi salah satu faktor yang penting saat memilih ponsel. Nokia C10 memiliki kamera utama 5MP dan kamera depan 5MP, sedangkan Nokia C20 dilengkapi dengan kamera utama 5MP dan kamera depan 5MP juga.

Meskipun resolusinya sama, Nokia C20 menawarkan fitur yang lebih lengkap pada kamera depannya. Ponsel ini dilengkapi dengan fitur Mode Potret yang akan memberikan hasil foto selfie dengan latar belakang bokeh. Fitur ini tidak dimiliki oleh Nokia C10.

Bukan hanya itu, Nokia C20 juga dilengkapi dengan pemindai sidik jari yang terletak di bagian belakang ponsel. Fitur ini tidak dimiliki oleh Nokia C10, sehingga memberikan keamanan tambahan saat mengakses ponsel.

Baterai dan Daya Tahan

Kedua ponsel ini memiliki kapasitas baterai yang sama yaitu 3000mAh. Namun, Nokia C20 menawarkan daya tahan baterai yang lebih baik dibandingkan Nokia C10. Ponsel ini dapat bertahan lebih lama dalam penggunaan sehari-hari, sehingga kamu tidak perlu sering-sering mengisi ulang baterai.

Nokia C20 juga dilengkapi dengan fitur pengisian daya cepat 10W, sedangkan Nokia C10 hanya mendukung pengisian daya 5W. Dengan fitur pengisian daya cepat, ponsel kamu akan lebih cepat terisi sehingga kamu bisa kembali menggunakan ponsel dengan lebih efisien.

Harga

Harga merupakan pertimbangan penting dalam memilih ponsel. Nokia C10 memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan Nokia C20. Harga Nokia C10 berkisar di bawah 1 juta rupiah, sedangkan harga Nokia C20 sedikit lebih tinggi.

Jika kamu memiliki anggaran terbatas, Nokia C10 bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, jika kamu membutuhkan performa yang lebih baik dan fitur tambahan seperti pemindai sidik jari dan pengisian daya cepat, maka Nokia C20 bisa menjadi pilihan yang lebih baik.

Kesimpulan

Setelah membandingkan perbedaan antara Nokia C10 dan Nokia C20, kesimpulannya adalah keduanya menawarkan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Nokia C10 hadir dengan harga yang lebih terjangkau, sementara Nokia C20 menawarkan performa yang lebih baik dan fitur tambahan seperti pemindai sidik jari dan pengisian daya cepat.

Jadi, jika kamu mencari ponsel dengan performa yang cukup dan harga terjangkau, Nokia C10 bisa menjadi pilihan yang baik. Namun, jika kamu lebih memprioritaskan performa dan beberapa fitur tambahan, Nokia C20 bisa menjadi pilihan yang lebih baik.

Terlepas dari pilihan kamu, baik Nokia C10 maupun Nokia C20 adalah ponsel yang bisa diandalkan untuk kebutuhan sehari-hari. Kamu bisa memilih ponsel yang sesuai dengan anggaran, kebutuhan, dan preferensi kamu.