Perbedaan Poco F3 dan Poco F3 GT

Hallo Sobat Gaul, pada kali ini kami akan membahas tentang perbedaan Poco F3 dan Poco F3 GT. Jika kamu sedang mencari ponsel baru dan bingung memilih antara kedua pilihan tersebut, artikel ini akan memberikan informasi yang kamu perlukan. Yuk, simak perbedaan-perbedaan antara Poco F3 dan Poco F3 GT berikut ini!

1. Desain dan Tampilan

Poco F3 memiliki desain yang elegan dengan balutan kaca pada bagian belakang dan frame aluminium. Ponsel ini hadir dengan pilihan warna yang menarik, seperti Deep Ocean Blue, Night Black, dan Arctic White. Sementara itu, Poco F3 GT memiliki desain yang lebih sporty dengan tambahan aksen-persenjataan di bagian belakang dan pilihan warna matte black.

1.1 Material dan Daya Tahan

Poco F3 menggunakan bahan kaca Gorilla Glass 5 pada bagian depan dan belakang untuk memberikan kekuatan dan ketahanan yang baik. Di sisi lain, Poco F3 GT menggunakan bahan Double Corning Gorilla Glass 5 dengan perlindungan layar AMOLED.

1.2 Dimensi dan Berat

Poco F3 memiliki dimensi 163,7 x 76,4 x 7,8 mm dengan berat 196 gram, sedangkan Poco F3 GT sedikit lebih besar dengan dimensi 161,9 x 76,9 x 8,3 mm dengan berat 205 gram. Perbedaan ini bisa memberikan pengalaman penggunaan yang berbeda dalam hal ergonomi.

1.3 Layar

Poco F3 dilengkapi dengan layar AMOLED 6,67 inci dengan resolusi 1080 x 2400 piksel, sedangkan Poco F3 GT menggunakan layar AMOLED 6,67 inci dengan resolusi yang sama. Namun, Poco F3 GT mendukung refresh rate 120Hz dan HDR10+ untuk pengalaman visual yang lebih baik.

1.4 Pemindai Sidik Jari

Perbedaan lainnya terletak pada pemindai sidik jari. Poco F3 memiliki pemindai sidik jari di dalam layar, sementara Poco F3 GT memiliki pemindai sidik jari samping yang terintegrasi dengan tombol power.

1.5 Desain Cooler

Poco F3 GT memiliki desain cooler yang inovatif untuk menjaga suhu ponsel tetap rendah saat digunakan untuk bermain game. Desain ini memungkinkan pengguna bisa lebih leluasa dalam bermain game tanpa khawatir akan overheating.

1.6 Jack Audio dan Slot Kartu Memori

Poco F3 GT dilengkapi dengan jack audio 3,5mm yang memungkinkan pengguna untuk tetap menggunakan earphone atau headphone dengan koneksi kabel. Sedangkan Poco F3 tidak memiliki jack audio 3,5mm. Keduanya juga tidak memiliki slot kartu memori eksternal.

1.7 Proteksi Air dan Debu

Baik Poco F3 maupun Poco F3 GT tidak memiliki sertifikasi IP68 yang melindungi ponsel dari air dan debu. Namun, keduanya masih memiliki perlindungan dari percikan air sehari-hari yang umumnya mencakup perlindungan dari percikan air saat mencuci tangan atau hujan ringan.

2. Performa dan Kinerja

Dalam hal performa dan kinerja, Poco F3 dan Poco F3 GT memiliki perbedaan yang signifikan. Berikut ini adalah perbandingan performa keduanya:

2.1 Chipset

Poco F3 menggunakan chipset Snapdragon 870 yang tangguh dan mampu memberikan performa yang baik untuk segala kebutuhan sehari-hari. Sementara itu, Poco F3 GT menggunakan chipset MediaTek Dimensity 1200 yang memberikan performa gaming yang lebih baik.

2.2 RAM dan Kapasitas Penyimpanan

Poco F3 hadir dengan dua varian, yaitu RAM 6GB atau 8GB dan penyimpanan internal 128GB atau 256GB. Sedangkan Poco F3 GT hadir dengan tiga varian, yaitu RAM 6GB, 8GB, atau 12GB dan penyimpanan internal 128GB, 256GB, atau 512GB.

2.3 Sistem Operasi

Baik Poco F3 maupun Poco F3 GT menjalankan sistem operasi MIUI 12 berbasis Android 11. Namun, Poco F3 GT dilengkapi dengan antarmuka khusus untuk gaming yang disebut with HyperEngine.

2.4 Baterai

Poco F3 memiliki baterai berkapasitas 4520mAh, sedangkan Poco F3 GT memiliki baterai berkapasitas 5065mAh. Baterai yang lebih besar pada Poco F3 GT memberikan daya tahan yang lebih lama.

2.5 Pengisian Daya

Poco F3 mendukung pengisian daya cepat 33W, sedangkan Poco F3 GT mendukung pengisian daya cepat 67W. Dengan pengisian daya yang lebih cepat, Poco F3 GT bisa terisi penuh dalam waktu yang lebih singkat.

2.6 Game Turbo

Poco F3 GT memiliki fitur Game Turbo X yang mengoptimalkan pengalaman bermain game dengan mempercepat respons layar sentuh dan meningkatkan kinerja CPU serta GPU. Fitur ini tidak tersedia pada Poco F3.

2.7 Konektivitas

Perbedaan lainnya adalah pada konektivitas. Poco F3 GT memiliki dukungan untuk jaringan 5G dan Wi-Fi 6, sementara Poco F3 hanya mendukung jaringan 5G.

3. Kamera

Keduanya memiliki sistem kamera belakang dengan konfigurasi yang sama, yaitu kamera utama 48MP, kamera ultra-wide 8MP, dan kamera makro 5MP. Namun, Poco F3 GT memiliki kamera selfie yang sedikit lebih tinggi resolusinya, yaitu 16MP dibandingkan dengan 20MP pada Poco F3.

4. Harga dan Ketersediaan

Perbedaan terakhir yang perlu diperhatikan adalah harga dan ketersediaan. Poco F3 GT biasanya dibanderol dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan Poco F3. Namun, harga dan ketersediaan dapat berbeda-beda di setiap negara atau toko.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apakah Poco F3 GT lebih baik daripada Poco F3?

Secara performa, Poco F3 GT memiliki keunggulan dengan chipset MediaTek Dimensity 1200 yang dirancang khusus untuk gaming. Namun, Poco F3 juga memiliki performa yang tangguh dengan menggunakan chipset Snapdragon 870.

2. Apakah Poco F3 GT memiliki keunggulan dalam hal fitur gaming?

Ya, Poco F3 GT dilengkapi dengan fitur Game Turbo X yang mempercepat respons layar sentuh dan meningkatkan kinerja CPU serta GPU. Fitur ini tidak tersedia pada Poco F3.

3. Apakah Poco F3 GT memiliki baterai yang lebih tahan lama?

Ya, Poco F3 GT memiliki baterai berkapasitas 5065mAh, sedangkan Poco F3 memiliki baterai berkapasitas 4520mAh. Baterai yang lebih besar pada Poco F3 GT memberikan daya tahan yang lebih lama.

4. Apakah Poco F3 GT memiliki pemindai sidik jari di dalam layar?

Tidak, Poco F3 GT memiliki pemindai sidik jari samping yang terintegrasi dengan tombol power. Sedangkan Poco F3 memiliki pemindai sidik jari di dalam layar.

5. Apakah Poco F3 GT mendukung jaringan 5G dan Wi-Fi 6?

Ya, Poco F3 GT mendukung jaringan 5G dan Wi-Fi 6. Sementara itu, Poco F3 hanya mendukung jaringan 5G.

Kesimpulan

Setelah melihat perbedaan antara Poco F3 dan Poco F3 GT, dapat disimpulkan bahwa keduanya menawarkan fitur dan spesifikasi yang menarik. Jika kamu lebih fokus pada performa gaming, Poco F3 GT dengan chipset MediaTek Dimensity 1200 dan fitur Game Turbo X bisa menjadi pilihan yang lebih baik.

Namun, jika kamu mencari ponsel dengan desain yang lebih elegan dan memiliki pemindai sidik jari di dalam layar, Poco F3 bisa menjadi pilihan yang tepat. Kedua ponsel ini juga memiliki perbedaan pada baterai, kamera selfie, dan harga.

Perbedaan-perbedaan tersebut haruslah dipertimbangkan sesuai dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing pengguna. Pilihlah ponsel yang sesuai dengan kebutuhanmu dan nikmati pengalaman menggunakan smartphone yang lebih baik!