Perbedaan Realme 3 dan Realme 3 Pro

Hallo Sobat Gaul, pada kali ini kami akan membahas tentang “perbedaan realme 3 dan realme 3 pro”. Realme, salah satu produsen smartphone yang tengah naik daun, telah merilis beberapa seri smartphone yang menarik perhatian banyak pengguna. Dua seri yang cukup populer adalah Realme 3 dan Realme 3 Pro. Meskipun keduanya memiliki beberapa kesamaan, namun terdapat beberapa perbedaan yang perlu kamu ketahui sebelum melakukan pembelian. Berikut ini adalah perbedaan antara Realme 3 dan Realme 3 Pro.

Baterai

Realme 3

Realme 3 hadir dengan baterai berkapasitas 4230mAh yang dapat bertahan sepanjang hari dengan penggunaan normal. Baterai ini cukup besar untuk menjalankan berbagai aplikasi.

Selain itu, Realme 3 juga mendukung fitur pengisian daya cepat 10W, sehingga kamu tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mengisi ulang baterai.

Meskipun demikian, baterai Realme 3 masih menggunakan kabel micro USB, bukan USB Type-C yang biasanya lebih cepat dan nyaman.

Realme 3 Pro

Realme 3 Pro dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4045mAh yang juga mampu bertahan sepanjang hari. Selain itu, smartphone ini juga dilengkapi dengan fitur pengisian daya cepat VOOC 3.0 dengan kecepatan pengisian yang sangat cepat.

Dengan VOOC 3.0, kamu dapat mengisi baterai hingga 50% hanya dalam waktu 30 menit. Ini sangat menguntungkan jika kamu sedang terburu-buru dan membutuhkan pengisian daya yang cepat.

Realme 3 Pro juga menggunakan port USB Type-C, yang memungkinkan kamu untuk mengisi daya dan mentransfer data dengan lebih cepat dan nyaman.

Layar

Realme 3

Realme 3 dilengkapi dengan layar 6,2 inci dengan resolusi HD+ (1520 x 720 piksel). Meskipun resolusinya tidak terlalu tinggi, namun tampilan yang dihasilkan tetap cukup jelas dan tajam.

Layar Realme 3 juga menggunakan panel IPS LCD, yang memberikan reproduksi warna yang cukup akurat dengan sudut pandang yang baik.

Namun, sayangnya Realme 3 tidak dilengkapi dengan fitur proteksi layar seperti Corning Gorilla Glass, sehingga kamu perlu lebih berhati-hati dalam penggunaannya.

Realme 3 Pro

Realme 3 Pro hadir dengan layar 6,3 inci dengan resolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel). Layar ini menawarkan tampilan yang lebih tajam dan detail, sehingga lebih nyaman untuk menonton video atau bermain game.

Layar Realme 3 Pro menggunakan panel IPS LCD dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 5, sehingga lebih tahan terhadap goresan dan benturan.

Selain itu, Realme 3 Pro juga mendukung fitur Mode Sunlight, yang membuat layar tetap terlihat jelas meskipun digunakan di bawah sinar matahari langsung.

Kamera

Realme 3

Realme 3 dilengkapi dengan kamera belakang ganda 13MP + 2MP. Kamera ini mampu menghasilkan foto dengan kualitas yang cukup baik, terutama dalam kondisi cahaya yang terang.

Selain itu, Realme 3 juga dilengkapi dengan beberapa fitur menarik seperti Nightscape dan Chroma Boost, yang dapat meningkatkan kualitas foto dalam kondisi pencahayaan yang rendah.

Realme 3 Pro

Realme 3 Pro dilengkapi dengan kamera belakang ganda 16MP + 5MP. Kamera ini memiliki kemampuan yang lebih baik dalam mengambil foto dengan detail yang lebih tajam dan warna yang lebih akurat.

Dalam kondisi pencahayaan yang rendah, Realme 3 Pro juga dilengkapi dengan fitur Nightscape 2.0 yang dapat menghasilkan foto yang cerah dan jelas, tanpa adanya noise atau bayangan berlebih.

Selain itu, Realme 3 Pro juga dilengkapi dengan fitur Super Slow Motion 960fps, yang memungkinkan kamu untuk merekam video dengan kecepatan yang sangat lambat, sehingga bisa menangkap momen-momen yang tidak terlihat dengan mata telanjang.

Kinerja

Realme 3

Realme 3 menggunakan chipset MediaTek Helio P60 yang cukup powerful untuk kebutuhan sehari-hari. Performanya yang baik membuat Realme 3 mampu menjalankan berbagai aplikasi dan game dengan lancar dan tanpa lag.

Smartphone ini juga dilengkapi dengan RAM 3GB atau 4GB, yang membuatnya dapat mengatasi multitasking dengan baik.

Realme 3 Pro

Realme 3 Pro menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 710, yang merupakan salah satu chipset terbaik di kelasnya. Kinerja yang cepat dan responsif membuat Realme 3 Pro menjadi salah satu smartphone yang cukup powerful.

Realme 3 Pro juga dilengkapi dengan RAM 4GB atau 6GB, yang membuatnya lebih mampu melakukan multitasking dengan lancar.

Harga

Realme 3

Realme 3 hadir dengan harga yang terjangkau, sehingga cocok bagi kamu yang ingin memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap namun dengan budget yang terbatas.

Realme 3 dapat dibeli dengan harga mulai dari Rp 1.999.000,- untuk varian RAM 3GB + ROM 32GB dan Rp 2.499.000,- untuk varian RAM 4GB + ROM 64GB.

Realme 3 Pro

Realme 3 Pro memiliki harga yang sedikit lebih tinggi, namun masih terjangkau dibandingkan dengan smartphone sekelasnya.

Realme 3 Pro dapat dibeli dengan harga mulai dari Rp 2.499.000,- untuk varian RAM 4GB + ROM 64GB dan Rp 2.999.000,- untuk varian RAM 6GB + ROM 128GB.

Kelebihan dan Kekurangan

Realme 3

Kelebihan Realme 3:

  • Baterai berkapasitas besar
  • Pengisian daya cepat
  • Layar yang jelas dan tajam
  • Fitur-fitur kamera menarik

Kekurangan Realme 3:

  • Tidak dilengkapi dengan proteksi layar
  • Kualitas kamera dalam kondisi pencahayaan yang rendah kurang maksimal

Realme 3 Pro

Kelebihan Realme 3 Pro:

  • Pengisian daya super cepat dengan VOOC 3.0
  • Layar tajam dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 5
  • Kualitas kamera yang lebih baik
  • Kinerja yang lebih powerful

Kekurangan Realme 3 Pro:

  • Harga sedikit lebih tinggi
  • Tersedia dalam dua varian saja

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah Realme 3 dan Realme 3 Pro memiliki fitur pemindai sidik jari?

Ya, baik Realme 3 maupun Realme 3 Pro dilengkapi dengan fitur pemindai sidik jari yang terletak di bagian belakang smartphone.

2. Apakah Realme 3 dan Realme 3 Pro mendukung NFC?

Tidak, baik Realme 3 maupun Realme 3 Pro tidak mendukung fitur Near Field Communication (NFC).

3. Apakah Realme 3 dan Realme 3 Pro telah dilengkapi dengan Android 10?

Baik Realme 3 maupun Realme 3 Pro menggunakan ColorOS 6.0 berbasis Android 9.0 Pie. Namun, kamu dapat mengunduh pembaruan sistem operasi terbaru jika tersedia.

4. Apakah Realme 3 dan Realme 3 Pro tahan air?

Realme 3 dan Realme 3 Pro tidak dilengkapi dengan sertifikasi tahan air atau debu, sehingga sebaiknya kamu menghindarkan smartphone ini dari air dan debu.

5. Apakah Realme 3 dan Realme 3 Pro mendukung fitur pengisian daya nirkabel?

Tidak, baik Realme 3 maupun Realme 3 Pro tidak mendukung fitur pengisian daya nirkabel. Kamu perlu menggunakan kabel untuk mengisi daya smartphone ini.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang perbedaan Realme 3 dan Realme 3 Pro. Dari segi baterai, Realme 3 Pro memiliki keunggulan dengan fitur pengisian daya cepat VOOC 3.0 dan port USB Type-C yang lebih nyaman. Sedangkan Realme 3 Pro dilengkapi dengan layar Full HD+ yang lebih tajam, kamera dengan kualitas yang lebih baik, serta performa yang lebih powerful. Namun, Realme 3 hadir dengan harga yang lebih terjangkau.

Jadi, jika kamu mencari smartphone dengan harga terjangkau namun tetap memiliki performa dan fitur yang cukup lengkap, Realme 3 dapat menjadi pilihan yang tepat. Namun, jika kamu lebih mengutamakan kualitas kamera, performa, dan tampilan layar yang lebih baik, Realme 3 Pro bisa menjadi pilihan yang lebih sesuai.

Pilihan akhir tetap ada di tangan kamu sebagai konsumen. Sebelum memutuskan untuk membeli, pastikan untuk mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi kamu. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam memilih smartphone yang sesuai dengan kebutuhanmu. Terima kasih telah membaca!