Perbedaan Realme 5 dan Realme 5 Pro

Hallo Sobat Gaul, pada kali ini kami akan membahas tentang perbedaan Realme 5 dan Realme 5 Pro. Realme merupakan salah satu merek smartphone yang terkenal dengan performa yang baik namun dengan harga yang terjangkau. Dalam keluarga Realme 5, terdapat dua varian yang populer yaitu Realme 5 dan Realme 5 Pro. Kedua smartphone ini memiliki beberapa perbedaan yang patut untuk diketahui. Simak ulasan berikut untuk mengetahui lebih lanjut tentang perbedaan antara Realme 5 dan Realme 5 Pro.

Desain dan Tampilan

Perbedaan pertama yang dapat dilihat adalah dari segi desain dan tampilan. Realme 5 memiliki layar berukuran 6,5 inci dengan resolusi HD+ dan desain waterdrop notch yang cukup modern. Sedangkan Realme 5 Pro hadir dengan layar berukuran 6,3 inci dengan resolusi Full HD+ dan desain waterdrop notch yang lebih kecil. Bagi yang menyukai smartphone dengan layar lebih besar, Realme 5 bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, bagi yang ingin pengalaman menonton yang lebih baik, Realme 5 Pro menawarkan resolusi yang lebih tinggi.

Realme 5 juga memiliki desain belakang yang terbuat dari plastik dengan pola kaca yang menarik. Sedangkan Realme 5 Pro menggunakan bahan belakang Polikarbonat dengan pola geometris yang tampak lebih mewah. Perbedaan ini memberikan kesan visual yang berbeda antara kedua smartphone ini.

Kinerja dan Performa

Perbedaan berikutnya terletak pada kinerja dan performa. Realme 5 Pro dilengkapi dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 712 yang lebih unggul dibandingkan Realme 5 yang menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 665. Dalam penggunaan sehari-hari, Realme 5 Pro lebih responsif dan mampu menghadapi tugas-tugas berat dengan lebih baik.

Selain itu, Realme 5 Pro juga memiliki opsi RAM yang lebih tinggi yaitu 8GB, sementara Realme 5 hanya memiliki opsi RAM maksimal 4GB. Dengan kapasitas RAM yang lebih besar, Realme 5 Pro dapat menjalankan aplikasi dengan lebih lancar dan multitasking yang lebih baik.

Untuk urusan penyimpanan, Realme 5 Pro juga hadir dengan opsi penyimpanan yang lebih besar yaitu 128GB, sedangkan Realme 5 hanya memiliki opsi penyimpanan maksimal 64GB. Jadi, bagi yang membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih besar untuk foto, video, dan aplikasi, Realme 5 Pro bisa menjadi pilihan yang lebih baik.

Kamera

Salah satu keunggulan dari smartphone Realme adalah sektor kameranya. Realme 5 dilengkapi dengan kamera belakang quad-setup yang terdiri dari kamera utama 12MP, kamera ultra-wide 8MP, kamera makro 2MP, dan kamera depth sensor 2MP. Sementara itu, Realme 5 Pro juga dilengkapi dengan quad-camera setup, namun dengan spesifikasi yang lebih baik. Kamera utama Realme 5 Pro memiliki resolusi 48MP, dengan tambahan kamera ultra-wide 8MP, kamera makro 2MP, dan kamera depth sensor 2MP.

Realme 5 Pro menawarkan kualitas foto yang lebih tajam dan detail berkat resolusi kamera utamanya yang lebih tinggi. Selain itu, Realme 5 Pro juga memiliki mode Nightscape yang memungkinkan pengguna mengambil foto dengan baik dalam kondisi pencahayaan yang minim. Jadi, bagi yang menyukai fotografi, Realme 5 Pro menjadi pilihan yang lebih baik.

Baterai dan Pengisian Daya

Perbedaan berikutnya terletak pada kapasitas baterai dan pengisian daya. Realme 5 Pro memiliki baterai dengan kapasitas 4035mAh, sedangkan Realme 5 memiliki baterai yang lebih besar dengan kapasitas 5000mAh. Meskipun kapasitas baterai Realme 5 lebih besar, namun pengisian daya pada Realme 5 Pro lebih cepat berkat adanya dukungan teknologi VOOC Flash Charge 3.0. Pengisian daya cepat ini memungkinkan Realme 5 Pro terisi penuh dalam waktu yang singkat, sehingga pengguna tidak perlu khawatir kehabisan baterai saat sedang digunakan.

Harga

Perbedaan terakhir yang menjadi pertimbangan bagi banyak orang adalah harga. Realme 5 hadir dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan Realme 5 Pro. Harga Realme 5 Pro lebih mahal dikarenakan spek yang lebih unggul, baik dari segi kamera, performa, maupun teknologi pengisian daya. Namun, Realme 5 tetap menjadi pilihan yang baik bagi yang memiliki budget terbatas dan masih membutuhkan smartphone dengan kualitas yang baik.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah Realme 5 dan Realme 5 Pro memiliki sensor sidik jari?

Ya, baik Realme 5 maupun Realme 5 Pro dilengkapi dengan sensor sidik jari pada bagian belakangnya.

2. Berapa megapiksel kamera selfie pada Realme 5 dan Realme 5 Pro?

Baik Realme 5 maupun Realme 5 Pro dilengkapi dengan kamera selfie beresolusi 13 megapiksel.

3. Apakah Realme 5 dan Realme 5 Pro memiliki fitur fast charging?

Ya, Realme 5 Pro dilengkapi dengan fitur VOOC Flash Charge 3.0 yang memungkinkan pengisian daya yang cepat. Sedangkan Realme 5 tidak mendukung fitur fast charging.

4. Dapatkah saya menggunakan kartu memori tambahan pada Realme 5 dan Realme 5 Pro?

Ya, kedua smartphone ini mendukung slot kartu memori tambahan hingga kapasitas 256GB.

5. Apakah Realme 5 dan Realme 5 Pro memiliki fitur NFC?

Maaf, baik Realme 5 maupun Realme 5 Pro tidak dilengkapi dengan fitur NFC.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang perbedaan antara Realme 5 dan Realme 5 Pro. Dari segi desain dan tampilan, keduanya memiliki perbedaan dalam ukuran layar dan bahan belakang yang digunakan. Dari segi kinerja dan performa, Realme 5 Pro memiliki keunggulan dengan prosesor dan RAM yang lebih baik. Dalam hal kamera, Realme 5 Pro menawarkan kualitas yang lebih baik dengan resolusi kamera utama yang lebih tinggi. Perbedaan lainnya terletak pada kapasitas baterai dan pengisian daya, serta harga yang lebih terjangkau pada Realme 5.

Secara keseluruhan, Realme 5 Pro adalah pilihan yang lebih unggul bagi mereka yang menginginkan performa yang lebih baik, kualitas foto yang lebih baik, dan pengisian daya yang lebih cepat. Namun, Realme 5 tetap menjadi pilihan yang baik bagi yang memiliki budget terbatas dan masih membutuhkan smartphone dengan kualitas yang baik.

Harapannya, artikel ini dapat menjadi referensi bagi sobat gaul dalam memilih smartphone yang sesuai dengan kebutuhan dan budget sobat gaul. Jangan lupa untuk selalu melakukan riset dan mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi individu sebelum memutuskan untuk membeli smartphone. Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat!