Perbedaan Realme 8 5G dan Realme 8s 5G

Hallo, Sobat Gaul, pada kali ini kami akan membahas tentang perbedaan antara dua smartphone terbaru dari Realme, yaitu Realme 8 5G dan Realme 8s 5G. Kedua smartphone ini telah dilengkapi dengan teknologi 5G yang memungkinkan pengguna untuk menikmati koneksi internet super cepat. Namun, ada beberapa perbedaan yang cukup signifikan antara keduanya.

1. Desain

Realme 8 5G hadir dengan desain yang ramping dan modern dengan bodi yang terbuat dari kombinasi plastik dan kaca. Smartphone ini memiliki tampilan yang elegan dengan pilihan warna yang menarik. Sementara itu, Realme 8s 5G memiliki desain yang lebih premium dengan bodi belakang yang terbuat dari bahan metalik dan pilihan warna yang lebih beragam. Desainnya yang lebih mewah membuat Realme 8s 5G terlihat lebih menarik dibandingkan dengan Realme 8 5G.

1.1 Desain Realme 8 5G

Realme 8 5G memiliki dimensi yang cukup kompak dengan bobot yang ringan, sehingga nyaman digenggam dengan satu tangan. Pada bagian depan, terdapat layar IPS LCD berukuran 6.5 inci dengan resolusi Full HD+ dan refresh rate 90Hz. Pada bagian belakang, terdapat modul kamera dengan desain kotak yang terletak di pojok kiri atas. Di sisi kanan, terdapat tombol power dan volume, sedangkan di sisi kiri terdapat slot kartu SIM dan slot kartu microSD. Pada bagian bawah, terdapat port USB Type-C, speaker, dan jack audio 3.5mm.

1.2 Desain Realme 8s 5G

Realme 8s 5G memiliki dimensi yang sedikit lebih besar dibandingkan dengan Realme 8 5G, namun tetap nyaman digunakan dengan satu tangan. Layar yang digunakan juga merupakan panel IPS LCD berukuran 6.5 inci dengan resolusi Full HD+ dan refresh rate 90Hz. Pada bagian belakang, terdapat modul kamera dengan desain kotak yang terletak di pojok kiri atas, mirip dengan Realme 8 5G. Sementara itu, tombol power dan volume terletak di sisi kanan, sedangkan slot kartu SIM dan slot kartu microSD terletak di sisi kiri. Pada bagian bawah, terdapat port USB Type-C, speaker, dan jack audio 3.5mm, sama seperti Realme 8 5G.

2. Performa

Ketika datang ke performa, kedua smartphone ini telah dilengkapi dengan prosesor yang cukup tangguh. Realme 8 5G menggunakan chipset MediaTek Dimensity 700 5G yang dipadukan dengan RAM 4GB atau 8GB, sedangkan Realme 8s 5G menggunakan chipset MediaTek Dimensity 810 5G yang dipadukan dengan RAM 6GB atau 8GB. Kedua chipset ini mampu memberikan performa yang lancar dan responsif saat digunakan untuk berbagai aktivitas, seperti bermain game, menonton video, atau menjalankan aplikasi multitasking.

2.1 Performa Realme 8 5G

Realme 8 5G menawarkan performa yang sangat baik untuk harga yang terjangkau. Dengan chipset MediaTek Dimensity 700 5G yang memiliki arsitektur 7nm, smartphone ini mampu menjalankan berbagai aplikasi dan game dengan lancar tanpa hambatan. Ditambah dengan dukungan RAM 4GB atau 8GB, pengguna dapat menjalankan banyak aplikasi sekaligus tanpa mengalami lag atau patah-patah.

2.2 Performa Realme 8s 5G

Realme 8s 5G menawarkan performa yang lebih tinggi dibandingkan dengan Realme 8 5G. Dengan chipset MediaTek Dimensity 810 5G yang memiliki arsitektur 6nm, smartphone ini mampu memberikan performa yang lebih responsif dan efisien. Dukungan RAM 6GB atau 8GB juga membuat pengguna dapat menjalankan aplikasi-aplikasi berat dan game-game dengan lancar dan tanpa hambatan.

3. Kamera

Jika Anda seorang pecinta fotografi, Anda pasti tertarik dengan kemampuan kamera pada kedua smartphone ini. Realme 8 5G dilengkapi dengan kamera utama 48MP, kamera ultrawide 2MP, dan kamera makro 2MP. Sementara itu, Realme 8s 5G memiliki kamera utama 64MP, kamera ultrawide 8MP, dan kamera makro 2MP. Kedua smartphone ini mampu menghasilkan foto-foto berkualitas dengan detail yang tajam dan warna yang akurat.

3.1 Kamera Realme 8 5G

Kamera utama Realme 8 5G mampu menghasilkan foto dengan resolusi tinggi dan detail yang tajam. Fitur-fitur seperti PDAF dan Nightscape juga hadir untuk memastikan pengguna mendapatkan foto yang baik dalam berbagai kondisi pencahayaan. Kamera ultrawide dan kamera makro juga dapat digunakan untuk mengambil foto dengan perspektif yang lebih lebar atau detail yang lebih dekat.

3.2 Kamera Realme 8s 5G

Kamera utama Realme 8s 5G memiliki resolusi yang lebih tinggi, sehingga mampu menghasilkan foto dengan detail yang lebih tajam. Kamera ultrawide yang memiliki resolusi 8MP juga mampu menghasilkan foto dengan perspektif yang lebih lebar. Fitur-fitur seperti Nightscape dan Super Nightscape juga hadir untuk mengoptimalkan kualitas foto dalam kondisi pencahayaan yang rendah.

4. Baterai dan Penyimpanan

Baterai dan penyimpanan juga menjadi faktor penting yang perlu dipertimbangkan saat memilih smartphone. Realme 8 5G dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5000mAh dan mendukung pengisian cepat 18W. Pada sisi penyimpanan, smartphone ini menyediakan dua pilihan, yaitu 64GB dan 128GB dengan dukungan slot kartu microSD untuk ekspansi penyimpanan. Sementara itu, Realme 8s 5G juga memiliki baterai berkapasitas 5000mAh dan mendukung pengisian cepat 33W. Pada sisi penyimpanan, smartphone ini menyediakan tiga pilihan, yaitu 64GB, 128GB, dan 256GB dengan dukungan slot kartu microSD hingga 1TB.

4.1 Baterai Realme 8 5G

Baterai berkapasitas 5000mAh yang terdapat pada Realme 8 5G mampu bertahan seharian penuh dengan penggunaan yang normal. Didukung dengan pengisian cepat 18W, pengguna dapat mengisi daya baterai dengan cepat saat baterai habis. Kapasitas penyimpanan 64GB atau 128GB juga sudah cukup besar untuk menyimpan berbagai file, foto, dan aplikasi.

4.2 Baterai Realme 8s 5G

Baterai berkapasitas 5000mAh pada Realme 8s 5G juga menawarkan ketahanan yang cukup baik. Selain itu, dukungan pengisian cepat 33W memungkinkan pengguna mengisi daya baterai dengan sangat cepat. Kapasitas penyimpanan yang lebih besar, yaitu 64GB, 128GB, atau 256GB, juga memberikan ruang yang lebih luas untuk menyimpan berbagai file dan aplikasi.

5. Harga

Harga juga menjadi faktor penentu saat memilih smartphone. Realme 8 5G ditawarkan dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan Realme 8s 5G. Harga Realme 8 5G untuk varian 4GB/64GB dijual sekitar 2 jutaan, sedangkan varian 8GB/128GB dijual sekitar 3 jutaan. Sementara itu, Realme 8s 5G dibanderol dengan harga yang mulai dari 3 jutaan untuk varian 6GB/64GB, 4 jutaan untuk varian 8GB/128GB, dan 5 jutaan untuk varian 8GB/256GB. Harga yang lebih mahal pada Realme 8s 5G ini didukung oleh spesifikasi yang lebih tinggi.

5.1 Harga Realme 8 5G

Dengan spesifikasi yang mumpuni dan harga yang terjangkau, Realme 8 5G menjadi pilihan yang baik untuk mereka yang menginginkan smartphone 5G dengan fitur-fitur unggulan. Dengan harga sekitar 2 jutaan untuk varian 4GB/64GB dan harga sekitar 3 jutaan untuk varian 8GB/128GB, smartphone ini dapat menjadi alternatif yang menarik di pasaran smartphone Indonesia.

5.2 Harga Realme 8s 5G

Harga Realme 8s 5G yang lebih tinggi dibandingkan dengan Realme 8 5G sebanding dengan spesifikasi yang ditawarkan. Dengan harga mulai dari 3 jutaan untuk varian 6GB/64GB, 4 jutaan untuk varian 8GB/128GB, dan 5 jutaan untuk varian 8GB/256GB, smartphone ini menawarkan performa yang lebih tinggi dan kapasitas penyimpanan yang lebih besar.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa perbedaan utama antara Realme 8 5G dan Realme 8s 5G?

Perbedaan utama antara Realme 8 5G dan Realme 8s 5G terletak pada desain, performa, kamera, baterai, penyimpanan, dan harga. Realme 8s 5G memiliki desain yang lebih premium, performa yang lebih tinggi, kamera dengan resolusi yang lebih tinggi, baterai dengan pengisian cepat yang lebih cepat, penyimpanan yang lebih besar, namun dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan Realme 8 5G.

2. Apakah Realme 8 5G dan Realme 8s 5G mendukung jaringan 5G?

Ya, kedua smartphone ini telah dilengkapi dengan teknologi 5G yang memungkinkan pengguna untuk menikmati koneksi internet super cepat dengan kecepatan download hingga 2Gbps.

3. Berapa ukuran layar dari Realme 8 5G dan Realme 8s 5G?

Kedua smartphone ini menggunakan layar IPS LCD berukuran 6.5 inci dengan resolusi Full HD+ dan refresh rate 90Hz. Layar yang digunakan pada kedua smartphone ini cukup luas dan memberikan pengalaman menonton yang immersif.

4. Apakah Realme 8 5G dan Realme 8s 5G memiliki slot kartu microSD?

Ya, kedua smartphone ini memiliki slot kartu microSD yang dapat digunakan untuk ekspansi penyimpanan hingga 1TB.

5. Apakah Realme 8 5G dan Realme 8s 5G mendukung pengisian cepat?

Ya, kedua smartphone ini mendukung pengisian cepat. Realme 8 5G mendukung pengisian cepat 18W, sedangkan Realme 8s 5G mendukung pengisian cepat 33W. Dengan pengisian cepat yang lebih cepat, pengguna tidak perlu menunggu terlalu lama saat mengisi daya baterai.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa Realme 8 5G dan Realme 8s 5G memiliki perbedaan yang cukup signifikan dalam hal desain, performa, kamera, baterai, penyimpanan, dan harga. Realme 8s 5G menawarkan desain yang lebih premium, performa yang lebih tinggi, kamera dengan resolusi yang lebih tinggi, baterai dengan pengisian cepat yang lebih cepat, penyimpanan yang lebih besar, namun dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan Realme 8 5G. Oleh karena itu, pilihan antara kedua smartphone ini tergantung pada kebutuhan dan anggaran masing-masing pengguna. Jika Anda mencari smartphone 5G dengan fitur-fitur unggulan dengan harga terjangkau, Realme 8 5G dapat menjadi pilihan yang baik. Namun, jika Anda menginginkan performa yang lebih tinggi dan kapasitas penyimpanan yang lebih besar, Realme 8s 5G mungkin menjadi pilihan yang tepat.

Demikianlah pembahasan tentang perbedaan Realme 8 5G dan Realme 8s 5G. Semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam memilih smartphone yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Terima kasih telah membaca!