Perbedaan Samsung Galaxy J6 dan J6 Plus

Hallo, Sobat Gaul, pada kali ini kami akan membahas tentang perbedaan samsung galaxy j6 dan j6 plus. Saat ini, Samsung Galaxy J6 dan J6 Plus merupakan dua jenis smartphone yang cukup populer di pasaran. Kedua seri ini memiliki spesifikasi yang hampir serupa, namun ada beberapa perbedaan yang cukup signifikan. Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara Samsung Galaxy J6 dan J6 Plus.

Kamera

Kamera Belakang

Pada Samsung Galaxy J6, terdapat kamera belakang dengan resolusi 13 MP yang dilengkapi dengan fitur autofocus dan LED flash. Sedangkan Samsung Galaxy J6 Plus memiliki kamera belakang dengan resolusi 13 MP + 5 MP yang dilengkapi dengan fitur depth sensor. Dengan adanya depth sensor, pengguna bisa menghasilkan efek bokeh yang lebih mengesankan.

Kamera Depan

Di bagian depan, Samsung Galaxy J6 memiliki kamera depan dengan resolusi 8 MP yang cocok untuk selfie maupun video call. Sementara itu, Samsung Galaxy J6 Plus memiliki kamera depan dengan resolusi 8 MP + 5 MP yang juga dilengkapi dengan fitur depth sensor. Dengan adanya fitur depth sensor ini, pengguna bisa mengambil foto selfie dengan efek bokeh yang menarik.

Layar

Ukuran Layar

Perbedaan yang cukup mencolok antara Samsung Galaxy J6 dan J6 Plus terletak pada ukuran layar. Samsung Galaxy J6 memiliki layar Super AMOLED berukuran 5.6 inci dengan resolusi 720 x 1480 piksel. Sedangkan Samsung Galaxy J6 Plus memiliki layar Infinity Display berukuran 6 inci dengan resolusi 720 x 1480 piksel. Dengan layar yang lebih besar, Samsung Galaxy J6 Plus memberikan pengalaman menonton video dan bermain game yang lebih maksimal.

Tipe Layar

Selain ukuran yang berbeda, Samsung Galaxy J6 dan J6 Plus juga menggunakan tipe layar yang berbeda. Samsung Galaxy J6 menggunakan layar Super AMOLED, sementara Samsung Galaxy J6 Plus menggunakan layar IPS LCD. Layar Super AMOLED pada Samsung Galaxy J6 memberikan gambar yang lebih tajam dan warna yang lebih hidup, sementara layar IPS LCD pada Samsung Galaxy J6 Plus memberikan pengalaman visual yang lebih baik dalam kondisi sinar matahari langsung.

Performa

Processor

Berbicara tentang performa, Samsung Galaxy J6 dan J6 Plus memiliki spesifikasi yang hampir serupa. Keduanya menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 425 dan RAM 3 GB. Namun, Samsung Galaxy J6 Plus memiliki varian dengan RAM 4 GB dan penyimpanan internal lebih besar. Dengan spesifikasi yang lebih tinggi, Samsung Galaxy J6 Plus menawarkan performa yang lebih baik dalam menjalankan aplikasi dan multitasking.

Baterai

Perbedaan lain antara Samsung Galaxy J6 dan J6 Plus terletak pada kapasitas baterai. Samsung Galaxy J6 memiliki baterai berkapasitas 3000 mAh, sementara Samsung Galaxy J6 Plus memiliki baterai berkapasitas 3300 mAh. Dengan kapasitas baterai yang lebih besar, pengguna Samsung Galaxy J6 Plus dapat menggunakan smartphone ini lebih lama sebelum perlu mengisi daya.

Fitur Tambahan

Fingerprint Scanner

Salah satu fitur tambahan yang dimiliki Samsung Galaxy J6 Plus adalah fingerprint scanner. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuka kunci ponsel dengan mudah dan cepat menggunakan sidik jari. Sedangkan Samsung Galaxy J6 tidak dilengkapi dengan fitur fingerprint scanner.

Face Recognition

Selain fingerprint scanner, Samsung Galaxy J6 Plus juga dilengkapi dengan fitur face recognition. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuka kunci ponsel dengan menggunakan wajah. Sedangkan Samsung Galaxy J6 tidak memiliki fitur ini.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah Samsung Galaxy J6 dan J6 Plus memiliki fitur NFC?

Tidak, baik Samsung Galaxy J6 maupun J6 Plus tidak dilengkapi dengan fitur NFC.

2. Berapa resolusi layar Samsung Galaxy J6 dan J6 Plus?

Resolusi layar Samsung Galaxy J6 dan J6 Plus adalah 720 x 1480 piksel.

3. Apakah Samsung Galaxy J6 Plus memiliki fitur fingerprint scanner?

Ya, Samsung Galaxy J6 Plus dilengkapi dengan fitur fingerprint scanner.

4. Berapa kapasitas baterai Samsung Galaxy J6 dan J6 Plus?

Kapasitas baterai Samsung Galaxy J6 adalah 3000 mAh, sedangkan Samsung Galaxy J6 Plus memiliki kapasitas baterai 3300 mAh.

5. Apakah Samsung Galaxy J6 dan J6 Plus bisa menggunakan dual SIM?

Ya, Samsung Galaxy J6 dan J6 Plus memiliki slot SIM card yang bisa digunakan untuk dual SIM.

Kesimpulan

Setelah melihat perbedaan antara Samsung Galaxy J6 dan J6 Plus di atas, dapat disimpulkan bahwa kedua smartphone ini memiliki spesifikasi yang hampir serupa namun juga memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Samsung Galaxy J6 Plus menawarkan pengalaman menonton video dan bermain game yang lebih maksimal, serta performa yang lebih baik dalam menjalankan aplikasi. Sedangkan Samsung Galaxy J6 memiliki fitur kamera yang cukup memadai untuk kebutuhan selfie dan video call.

Selain itu, Samsung Galaxy J6 Plus juga memiliki fitur tambahan seperti fingerprint scanner dan face recognition, yang tidak dimiliki oleh Samsung Galaxy J6. Namun, Samsung Galaxy J6 Plus juga memiliki harga yang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan Samsung Galaxy J6.

Jadi, saat memilih antara Samsung Galaxy J6 dan J6 Plus, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan anggaran Anda. Jika Anda lebih fokus pada multimedia dan performa, Samsung Galaxy J6 Plus bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, jika Anda lebih memprioritaskan fitur kamera, Samsung Galaxy J6 dapat menjadi pilihan yang lebih ekonomis. Jadi, yang mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda?