Perbedaan Samsung Galaxy M31 dan Samsung Galaxy M32

Hallo Sobat Gaul, pada kali ini kami akan membahas tentang perbedaan Samsung Galaxy M31 dan Samsung Galaxy M32.

Apa itu Samsung Galaxy M31?

Samsung Galaxy M31 adalah smartphone yang diluncurkan oleh Samsung pada bulan Februari 2020. Smartphone ini dilengkapi dengan layar Super AMOLED 6,4 inci dengan resolusi 1080 x 2340 piksel. Galaxy M31 ditenagai oleh prosesor Exynos 9611 dan menjalankan sistem operasi Android 10.

Sementara itu, Samsung Galaxy M31 hadir dengan kombinasi RAM 6GB dan penyimpanan internal 64GB atau 128GB yang dapat diperluas hingga 512GB dengan kartu microSD. Pada bagian belakang, smartphone ini memiliki kamera utama 64MP, kamera ultrawide 8MP, kamera makro 5MP, dan kamera depth sensor 5MP. Untuk kamera depan, Galaxy M31 dilengkapi dengan kamera 32MP.

Baterai yang digunakan adalah baterai Li-Po 6000 mAh yang mendukung pengisian daya cepat 15W. Fitur lain yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy M31 meliputi pemindai sidik jari di bagian belakang, konektivitas 4G LTE, Wi-Fi, Bluetooth, NFC, dan port USB Type-C.

Apa itu Samsung Galaxy M32?

Samsung Galaxy M32 adalah smartphone terbaru yang diluncurkan oleh Samsung pada bulan Juni 2021. Smartphone ini dilengkapi dengan layar Super AMOLED 6,4 inci dengan resolusi 1080 x 2400 piksel. Galaxy M32 ditenagai oleh prosesor MediaTek Helio G80 dan menjalankan sistem operasi Android 11.

Galaxy M32 hadir dengan dua varian RAM, yaitu 4GB dan 6GB, serta penyimpanan internal 64GB dan 128GB yang dapat diperluas hingga 1TB dengan kartu microSD. Pada bagian belakang, smartphone ini memiliki kamera utama 64MP, kamera ultrawide 8MP, kamera makro 2MP, dan kamera depth sensor 2MP. Sementara itu, kamera depan Galaxy M32 memiliki resolusi 20MP.

Smartphone ini juga dibekali dengan baterai Li-Po 6000 mAh yang mendukung pengisian daya cepat 25W. Fitur lain yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy M32 meliputi pemindai sidik jari di bagian samping, konektivitas 4G LTE, Wi-Fi, Bluetooth, NFC, dan port USB Type-C.

Perbedaan Tampilan dan Desain

Tampilan dan desain Samsung Galaxy M31 dan Samsung Galaxy M32 memiliki beberapa perbedaan. Galaxy M31 memiliki desain yang lebih ramping dengan bezel yang tipis, sementara Galaxy M32 memiliki bezel yang sedikit lebih tebal.

Tombol volume pada Galaxy M31 terletak di sisi kanan smartphone, sementara pada Galaxy M32 tombol volume terletak di sisi kiri. Selain itu, desain kamera belakang juga berbeda antara kedua smartphone ini.

Galaxy M31 memiliki modul kamera yang ditempatkan secara vertikal di sudut kiri atas, sedangkan Galaxy M32 memiliki modul kamera yang lebih besar dengan posisi horizontal di tengah atas.

Tampilan layar pada kedua smartphone ini juga memiliki perbedaan. Galaxy M31 menggunakan desain waterdrop notch, sementara Galaxy M32 menggunakan desain punch-hole yang lebih modern.

Secara keseluruhan, desain Samsung Galaxy M32 terlihat lebih segar dan modern dibandingkan dengan Galaxy M31.

Perbedaan Performa dan Prosesor

Perbedaan utama dalam hal performa antara Samsung Galaxy M31 dan Samsung Galaxy M32 terletak pada prosesor yang digunakan. Galaxy M31 menggunakan prosesor Exynos 9611, sedangkan Galaxy M32 menggunakan prosesor MediaTek Helio G80.

Prosesor Exynos 9611 yang digunakan oleh Galaxy M31 memiliki kecepatan clock hingga 2.3GHz, sedangkan Helio G80 yang digunakan oleh Galaxy M32 memiliki kecepatan clock hingga 2.0GHz.

Secara umum, Galaxy M32 memiliki performa yang lebih baik dalam menjalankan tugas sehari-hari. Prosesor MediaTek Helio G80 yang digunakan oleh Galaxy M32 memiliki performa grafis yang lebih baik, sehingga cocok untuk bermain game dan menjalankan aplikasi berat.

Perbedaan Kamera

Kedua smartphone ini memiliki kamera utama dengan resolusi 64MP, tetapi ada beberapa perbedaan dalam hal fitur dan kualitas gambar.

Galaxy M31 menggunakan kamera utama dengan ukuran piksel yang lebih besar dan lensa aperture yang lebih lebar, sehingga menghasilkan foto yang lebih baik dalam kondisi cahaya rendah.

Sementara itu, Galaxy M32 menggunakan kamera dengan teknologi Quad Bayer yang memungkinkan pengguna untuk mengambil foto dengan resolusi 64MP atau menggabungkan piksel untuk menghasilkan foto dengan kecerahan dan detail yang lebih baik.

Secara keseluruhan, kedua smartphone ini mampu menghasilkan foto dan video yang berkualitas dengan detail yang baik. Namun, Galaxy M32 menawarkan beberapa fitur tambahan seperti mode malam, mode potret, dan mode pro.

Perbedaan Baterai dan Pengisian Daya

Galaxy M31 dan Galaxy M32 memiliki baterai dengan kapasitas yang sama, yaitu 6000 mAh. Namun, Galaxy M32 dilengkapi dengan pengisian daya cepat 25W, sedangkan Galaxy M31 hanya mendukung pengisian daya cepat 15W.

Artinya, Galaxy M32 dapat mengisi daya baterai lebih cepat dibandingkan dengan Galaxy M31. Fitur pengisian daya cepat ini sangat berguna untuk mengisi daya baterai smartphone dengan cepat saat sedang terburu-buru.

Perbedaan Harga

Perbedaan yang signifikan antara Samsung Galaxy M31 dan Samsung Galaxy M32 terletak pada harga. Pada saat peluncurannya, Galaxy M31 hadir dengan harga sekitar 3 juta rupiah untuk varian 6GB/64GB, dan sekitar 3,5 juta rupiah untuk varian 6GB/128GB.

Sementara itu, Galaxy M32 dijual dengan harga mulai dari 3,5 juta rupiah untuk varian 4GB/64GB, dan sekitar 3,9 juta rupiah untuk varian 6GB/128GB. Dengan perbedaan harga yang cukup signifikan, Galaxy M32 menawarkan nilai yang lebih baik untuk pengguna yang menginginkan smartphone dengan spesifikasi yang lebih baru.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah Samsung Galaxy M31 dan Samsung Galaxy M32 memiliki fitur pemindai sidik jari?

Iya, keduanya dilengkapi dengan fitur pemindai sidik jari. Samsung Galaxy M31 memiliki pemindai sidik jari yang terletak di bagian belakang smartphone, sementara Galaxy M32 memiliki pemindai sidik jari yang terletak di bagian samping smartphone.

2. Apakah Samsung Galaxy M31 dan Samsung Galaxy M32 mendukung kartu microSD?

Ya, baik Galaxy M31 maupun Galaxy M32 mendukung kartu microSD yang dapat digunakan untuk memperluas ruang penyimpanan.

3. Berapa lama waktu pengisian daya yang dibutuhkan oleh Samsung Galaxy M31 dan Samsung Galaxy M32?

Galaxy M31 dilengkapi dengan pengisian daya cepat 15W, sedangkan Galaxy M32 dilengkapi dengan pengisian daya cepat 25W. Waktu pengisian daya baterai akan berbeda tergantung pada kondisi penggunaan dan pengaturan baterai.

4. Apakah Samsung Galaxy M31 dan Samsung Galaxy M32 dapat digunakan untuk bermain game?

Iya, kedua smartphone ini dapat digunakan untuk bermain game. Galaxy M32 dengan prosesor MediaTek Helio G80 yang lebih powerful dapat menjalankan game dengan lancar, sedangkan Galaxy M31 juga mampu menjalankan game dengan baik.

5. Apakah Samsung Galaxy M31 dan Samsung Galaxy M32 memiliki kamera yang bagus untuk selfie?

Ya, kedua smartphone ini dilengkapi dengan kamera depan yang mampu menghasilkan foto selfie dengan kualitas yang baik. Galaxy M31 memiliki kamera depan 32MP, sementara Galaxy M32 memiliki kamera depan 20MP.

Kesimpulan

Dalam kesimpulan, Samsung Galaxy M31 dan Samsung Galaxy M32 adalah dua ponsel yang cukup menarik untuk dipertimbangkan. Keduanya menawarkan spesifikasi yang mumpuni dengan harga yang terjangkau. Galaxy M31 lebih cocok untuk pengguna yang mencari smartphone dengan performa yang handal dan kamera yang fokus pada pengambilan gambar dalam kondisi cahaya rendah.

Sementara itu, Galaxy M32 menawarkan desain yang lebih segar dan modern, serta pengisian daya yang lebih cepat. Performa grafis yang lebih baik membuatnya lebih cocok untuk pengguna yang suka bermain game. Apapun pilihan Anda, baik Samsung Galaxy M31 maupun Samsung Galaxy M32 adalah pilihan yang bagus untuk mendapatkan pengalaman smartphone yang memuaskan.