Perbedaan Samsung Galaxy S21 5G dan Galaxy S21 FE 5G

Hallo Sobat Gaul, pada kali ini kami akan membahas tentang perbedaan Samsung Galaxy S21 5G dan Galaxy S21 FE 5G. Dua smartphone ini merupakan produk unggulan dari Samsung yang sangat diminati oleh para pengguna gadget. Meskipun keduanya berasal dari seri Galaxy S21 dan mendukung teknologi 5G, ada beberapa perbedaan yang dapat kita temukan di antara keduanya. Mari kita bahas lebih detail mengenai perbedaan-perbedaan tersebut.

1. Desain dan Ukuran

Perbedaan pertama yang dapat dilihat adalah desain dan ukuran dari kedua smartphone ini. Samsung Galaxy S21 5G memiliki desain yang lebih premium dengan bodi yang terbuat dari bahan metal dan kaca yang memberikan tampilan yang elegan. Sedangkan Galaxy S21 FE 5G memiliki desain yang lebih sederhana dengan bodi yang terbuat dari bahan plastik. Ukuran Galaxy S21 5G juga sedikit lebih kecil dibandingkan dengan Galaxy S21 FE 5G, sehingga lebih nyaman digenggam.

2. Layar

Perbedaan berikutnya terletak pada layar yang digunakan oleh kedua smartphone ini. Galaxy S21 5G hadir dengan layar Dynamic AMOLED 2X berukuran 6.2 inci dengan resolusi Quad HD+ yang menghasilkan gambar yang sangat tajam dan jernih. Sedangkan Galaxy S21 FE 5G menggunakan layar Super AMOLED berukuran 6.4 inci dengan resolusi Full HD+ yang juga memberikan kualitas gambar yang baik, namun sedikit lebih rendah dibandingkan dengan Galaxy S21 5G.

3. Kamera

Kemampuan fotografi adalah salah satu faktor yang menjadi pertimbangan dalam memilih smartphone. Galaxy S21 5G dilengkapi dengan sistem kamera belakang triple camera yang terdiri dari lensa wide, ultra-wide, dan telephoto. Sedangkan Galaxy S21 FE 5G menggunakan sistem kamera belakang quad camera dengan tambahan lensa makro. Keduanya memiliki kualitas foto yang sangat baik, namun dengan fitur dan lensa yang sedikit berbeda.

4. Performa

Performa juga menjadi perhatian penting dalam memilih smartphone. Galaxy S21 5G menggunakan chipset Exynos 2100 (untuk pasar Indonesia) yang sangat powerful dan mampu menjalankan berbagai aplikasi dengan lancar. Sedangkan Galaxy S21 FE 5G menggunakan chipset Snapdragon 888 yang juga memiliki performa yang sangat baik. Keduanya memiliki RAM dan memori internal yang cukup besar untuk menjalankan tugas apa pun dengan baik.

5. Baterai dan Pengisian Daya

Galaxy S21 5G memiliki baterai berkapasitas 4,000mAh sedangkan Galaxy S21 FE 5G memiliki baterai berkapasitas 4,500mAh. Ini berarti Galaxy S21 FE 5G memiliki daya tahan baterai yang lebih baik. Namun, Galaxy S21 5G mendukung pengisian daya nirkabel 15W, sementara Galaxy S21 FE 5G hanya mendukung pengisian daya nirkabel 10W.

6. Fitur Tambahan

Selain perbedaan tersebut, terdapat beberapa fitur tambahan yang ada pada Galaxy S21 5G, seperti S Pen support dan fitur Samsung DeX yang memungkinkan pengguna untuk mengubah smartphone menjadi desktop. Fitur-fitur tersebut tidak ada pada Galaxy S21 FE 5G.

7. Harga

Tentu saja, perbedaan harga adalah faktor penting dalam memilih smartphone. Samsung Galaxy S21 5G merupakan smartphone yang lebih mahal dibandingkan dengan Galaxy S21 FE 5G. Hal ini dikarenakan perbedaan spesifikasi dan fitur yang lebih lengkap pada Galaxy S21 5G.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apakah Samsung Galaxy S21 5G lebih baik dari Galaxy S21 FE 5G?

Galaxy S21 5G dan Galaxy S21 FE 5G memiliki keunggulan masing-masing, tergantung pada kebutuhan dan anggaran Anda. Galaxy S21 5G memiliki desain yang lebih premium dan beberapa fitur tambahan, sementara Galaxy S21 FE 5G menawarkan baterai dengan daya tahan yang lebih baik.

2. Apakah keduanya mendukung konektivitas 5G?

Ya, baik Galaxy S21 5G maupun Galaxy S21 FE 5G mendukung teknologi 5G yang memungkinkan pengguna untuk mengakses internet dengan kecepatan yang lebih tinggi.

3. Apakah Galaxy S21 5G dan Galaxy S21 FE 5G memiliki kualitas kamera yang baik?

Ya, kedua smartphone ini memiliki kualitas kamera yang sangat baik. Namun, Galaxy S21 5G dilengkapi dengan lensa telephoto yang memungkinkan zoom optik 3x, sedangkan Galaxy S21 FE 5G memiliki lensa makro untuk pengambilan foto close-up.

4. Apakah Galaxy S21 5G dan Galaxy S21 FE 5G dapat diupgrade ke Android terbaru?

Ya, Samsung memberikan update sistem operasi untuk kedua smartphone ini. Dengan demikian, Anda dapat mengupgrade ke versi Android terbaru ketika tersedia.

5. Berapa harga dari kedua smartphone ini?

Harga Samsung Galaxy S21 5G berbeda-beda bergantung pada varian dan negara. Sedangkan harga Samsung Galaxy S21 FE 5G juga bervariasi. Pastikan untuk memeriksa harga terbaru di toko atau situs resmi Samsung sebelum membeli.

Kesimpulan

Dalam kesimpulan, Samsung Galaxy S21 5G dan Galaxy S21 FE 5G adalah dua pilihan smartphone yang menarik. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Galaxy S21 5G menawarkan desain yang lebih premium, fitur tambahan seperti S Pen support, dan performa yang sangat baik. Sementara itu, Galaxy S21 FE 5G menyediakan baterai dengan daya tahan yang lebih baik dan harga yang lebih terjangkau. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Semoga informasi ini bermanfaat dalam memilih smartphone yang tepat untuk Anda.