Perbedaan Samsung Galaxy Z Fold3 dan Fold4

Hallo Sobat Gaul, pada kali ini kami akan membahas tentang perbedaan Samsung Galaxy Z Fold3 dan Fold4.

1. Desain dan Layar

Terkait dengan desain dan layar, Samsung Galaxy Z Fold3 dan Fold4 memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Galaxy Z Fold3 memiliki ukuran layar utama 7.6 inci dengan resolusi 2208 x 1768 piksel dan rasio aspek 5:4. Sedangkan Galaxy Z Fold4 hadir dengan layar utama yang lebih besar, yaitu 8 inci dengan resolusi 2208 x 1768 piksel dan rasio aspek yang sama.

Selain itu, perbedaan lainnya terletak pada desain lipatan di bagian tengah. Galaxy Z Fold3 memiliki desain lipatan yang terlihat sedikit lebih besar dibandingkan dengan Fold4. Hal ini memberikan pengalaman yang berbeda dalam penggunaan sehari-hari.

2. Kamera

Kamera juga menjadi salah satu perbedaan yang signifikan antara Samsung Galaxy Z Fold3 dan Fold4. Galaxy Z Fold3 dilengkapi dengan triple kamera belakang dengan resolusi masing-masing 12 MP, 12 MP, dan 12 MP. Sedangkan Galaxy Z Fold4 memiliki quad kamera belakang dengan resolusi kamera utama yang lebih tinggi, yaitu 108 MP.

Dengan kamera yang lebih canggih, pengguna Galaxy Z Fold4 dapat mengambil foto dengan kualitas yang lebih baik dan detail yang lebih tajam.

3. Performa dan Prosesor

Dalam hal performa dan prosesor, Galaxy Z Fold4 menawarkan keunggulan yang lebih baik dibandingkan dengan Fold3. Galaxy Z Fold4 didukung oleh Snapdragon 888, sedangkan Galaxy Z Fold3 menggunakan Snapdragon 870.

Prosesor yang lebih canggih pada Fold4 memberikan performa yang lebih responsif dan lancar dalam menjalankan aplikasi-aplikasi yang lebih berat.

4. Penyimpanan dan RAM

Untuk kapasitas penyimpanan, Galaxy Z Fold4 menawarkan pilihan yang lebih besar dibandingkan dengan Fold3. Galaxy Z Fold4 tersedia dalam varian 256 GB dan 512 GB, sedangkan Fold3 hanya memiliki pilihan 128 GB dan 256 GB.

Selain itu, Galaxy Z Fold4 juga memiliki RAM yang lebih besar, yaitu 12 GB, sedangkan Fold3 hanya memiliki RAM 8 GB. Dengan kapasitas penyimpanan dan RAM yang lebih besar, pengguna Fold4 dapat menyimpan lebih banyak data dan menjalankan aplikasi dengan lebih lancar.

5. Baterai dan Pengisian Daya

Kapasitas baterai pada Galaxy Z Fold4 juga mengalami peningkatan. Fold4 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4.400 mAh, sedangkan Fold3 memiliki kapasitas baterai 4.400 mAh. Namun, pengisian daya pada Fold4 lebih cepat dengan dukungan fast charging 45W, sedangkan Fold3 hanya mendukung fast charging 25W.

Dengan demikian, pengguna Fold4 tidak perlu menunggu terlalu lama saat mengisi daya baterai mereka.

6. Fitur Tambahan

Galaxy Z Fold4 juga menawarkan beberapa fitur tambahan yang tidak dimiliki oleh Fold3. Salah satu fitur tersebut adalah S Pen support. Galaxy Z Fold4 dapat digunakan dengan S Pen, menambahkan fleksibilitas dalam penggunaan perangkat ini untuk produktivitas dan kreativitas.

Selain itu, Fold4 juga memberikan pembaruan pada fitur tahan air dan debu. Galaxy Z Fold4 memiliki rating IPX8, sehingga pengguna tidak perlu khawatir saat menggunakan perangkat ini di tempat yang basah.

7. Harga

Tentu saja, perbedaan yang tidak bisa diabaikan adalah harga dari kedua perangkat ini. Galaxy Z Fold4 dijual dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan Fold3. Harga Galaxy Z Fold4 berkisar antara 25 juta hingga 30 juta rupiah, sedangkan Fold3 memiliki harga berkisar antara 20 juta hingga 25 juta rupiah.

Perbedaan harga ini juga sebanding dengan peningkatan fitur dan spesifikasi yang ditawarkan oleh Galaxy Z Fold4.

FAQ

1. Apakah Samsung Galaxy Z Fold4 sudah dilengkapi dengan S Pen?

Ya, Galaxy Z Fold4 dilengkapi dengan dukungan S Pen. Pengguna dapat menggunakan S Pen untuk meningkatkan produktivitas dan kreativitas mereka.

2. Berapa harga Samsung Galaxy Z Fold3?

Harga Samsung Galaxy Z Fold3 berkisar antara 20 juta hingga 25 juta rupiah, tergantung dari varian penyimpanan yang dipilih.

3. Apakah Galaxy Z Fold4 tahan air?

Ya, Galaxy Z Fold4 memiliki rating IPX8 yang menunjukkan bahwa perangkat ini tahan air. Namun, tetap dianjurkan untuk menghindari penggunaan di bawah air dalam waktu yang lama.

4. Apakah perbedaan besar antara Snapdragon 888 dan Snapdragon 870?

Secara teknis, Snapdragon 888 memiliki performa yang sedikit lebih baik dibandingkan dengan Snapdragon 870. Namun, perbedaan ini mungkin tidak begitu terasa dalam penggunaan sehari-hari.

5. Apakah pengguna Fold4 harus mengeluarkan uang lebih untuk S Pen?

Ya, Galaxy Z Fold4 tidak dilengkapi dengan S Pen. S Pen harus dibeli secara terpisah dengan harga yang belum diumumkan.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas perbedaan antara Samsung Galaxy Z Fold3 dan Fold4. Dari segi desain dan layar, kamera, performa dan prosesor, penyimpanan dan RAM, baterai dan pengisian daya, hingga fitur tambahan, Galaxy Z Fold4 menawarkan peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan Fold3.

Namun, peningkatan tersebut juga berarti adanya perbedaan harga yang cukup mencolok. Pengguna harus mempertimbangkan anggaran dan kebutuhan mereka sebelum memilih antara kedua perangkat ini.

Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna untuk Sobat Gaul yang sedang mencari perbedaan antara Samsung Galaxy Z Fold3 dan Fold4. Pilihlah perangkat yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing. Selamat memilih!