Perbedaan Smartphone Oppo A57 dan Oppo A58

Hallo Sobat Gaul, pada kali ini kami akan membahas tentang perbedaan smartphone Oppo A57 dan Oppo A58.

1. Desain dan Dimensi

Desain

Desain dari Oppo A57 dan Oppo A58 memiliki kesamaan yang mencolok. Keduanya memiliki bodi yang terbuat dari bahan metal dengan tampilan yang elegan. Namun, terdapat beberapa perbedaan kecil pada tata letak tombol dan pemindai sidik jari.

Dimensi

Oppo A57 memiliki dimensi 149.1 x 72.9 x 7.65 mm, sedangkan Oppo A58 memiliki dimensi 149.1 x 72.9 x 7.9 mm. Meskipun terdapat perbedaan ketebalan yang sangat kecil, namun kedua smartphone ini memiliki ukuran yang relatif sama.

2. Layar

Resolusi dan Ukuran Layar

Perbedaan yang signifikan terletak pada resolusi dan ukuran layar Oppo A57 dan Oppo A58. Oppo A57 memiliki layar berukuran 5.2 inci dengan resolusi HD (720 x 1280 piksel), sedangkan Oppo A58 memiliki layar berukuran 5.5 inci dengan resolusi Full HD (1080 x 1920 piksel).

Kualitas Tampilan

Berkat resolusi Full HD, Oppo A58 menawarkan kualitas tampilan yang lebih jernih dan tajam dibandingkan Oppo A57. Penggunaan layar IPS pada kedua smartphone ini memberikan kualitas warna dan sudut pandang yang baik.

3. Performa dan Kinerja

Chipset dan Prosesor

Oppo A57 menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 435 dengan prosesor Octa-core 1.4 GHz, sementara Oppo A58 menggunakan chipset MediaTek MT6750 dengan prosesor Octa-core 1.5 GHz. Meskipun terdapat perbedaan dalam hal chipset dan kecepatan prosesor, keduanya mampu memberikan performa yang lancar saat digunakan untuk multitasking.

RAM dan Kapasitas Penyimpanan

Oppo A57 hadir dengan RAM 3GB dan penyimpanan internal 32GB, sedangkan Oppo A58 memiliki RAM 4GB dan penyimpanan internal 64GB. Dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar, Oppo A58 memungkinkan pengguna untuk menyimpan lebih banyak aplikasi, foto, dan file multimedia.

4. Kamera

Kamera Belakang

Baik Oppo A57 maupun Oppo A58 dilengkapi dengan kamera belakang 13 MP dengan fitur autofocus dan LED flash. Keduanya juga mampu merekam video dengan kualitas Full HD. Namun, Oppo A58 memiliki tambahan fitur Phase Detection Autofocus (PDAF) yang memungkinkan pengguna untuk mengambil foto dengan cepat dan akurat.

Kamera Depan

Untuk kamera depan, Oppo A57 memiliki resolusi 16 MP, sedangkan Oppo A58 memiliki resolusi 13 MP. Keduanya dilengkapi dengan fitur Beautify yang memungkinkan pengguna untuk mengambil selfie yang lebih cantik.

5. Baterai

Kapasitas Baterai

Oppo A57 memiliki kapasitas baterai 2900 mAh, sedangkan Oppo A58 memiliki kapasitas baterai 3000 mAh. Meskipun terdapat perbedaan kapasitas yang kecil, kedua smartphone ini dapat bertahan sepanjang hari dengan pemakaian yang normal.

Pengisian Baterai

Oppo A57 dan Oppo A58 mendukung fitur pengisian cepat VOOC Flash Charge. Dengan fitur ini, pengguna dapat mengisi baterai dengan cepat dan tidak perlu menunggu lama saat baterai sedang habis.

6. Sistem Operasi dan Antarmuka

Sistem Operasi

Baik Oppo A57 maupun Oppo A58 menjalankan sistem operasi Android. Namun, Oppo A57 menggunakan Android Marshmallow, sedangkan Oppo A58 menggunakan Android Nougat. Dengan menggunakan Android Nougat, Oppo A58 menyuguhkan pengalaman pengguna yang lebih baik dengan fitur-fitur terbaru.

Antarmuka

Keduanya dilengkapi dengan antarmuka ColorOS yang merupakan antarmuka khas Oppo. Antarmuka ini menawarkan tampilan yang sederhana dan intuitif, serta fitur-fitur tambahan yang berguna.

7. Fitur Lainnya

Konektivitas

Oppo A57 dan Oppo A58 mendukung koneksi 4G LTE, Wi-Fi, Bluetooth, dan GPS. Keduanya juga dilengkapi dengan port microUSB untuk pengisian daya dan transfer data.

Fitur Tambahan

Oppo A58 memiliki fitur dual SIM yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan dua kartu SIM secara bersamaan. Selain itu, Oppo A58 juga dilengkapi dengan sensor akselerometer, sensor cahaya, sensor jarak, dan kompas elektronik.

8. Harga

Harga Oppo A57

Harga Oppo A57 berkisar antara 2 juta hingga 2,5 juta rupiah, tergantung pada penyedia dan wilayah.

Harga Oppo A58

Harga Oppo A58 berkisar antara 2,5 juta hingga 3 juta rupiah, tergantung pada penyedia dan wilayah.

9. Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan Oppo A57

– Desain yang elegan
– Kamera selfie 16 MP yang berkualitas
– Performa yang baik untuk budget smartphone

Kelebihan Oppo A58

– Layar lebih besar dan berkualitas
– Performa yang lebih baik dengan RAM 4GB
– Fitur tambahan Phase Detection Autofocus

Kekurangan Oppo A57

– Resolusi layar hanya HD
– Kapasitas penyimpanan internal terbatas

Kekurangan Oppo A58

– Desain yang mirip dengan Oppo A57
– Harga yang sedikit lebih tinggi

10. Penutup

Kesimpulan

Dari perbandingan di atas, dapat disimpulkan bahwa Oppo A57 dan Oppo A58 memiliki beberapa perbedaan yang mencolok. Oppo A58 menawarkan layar lebih besar dengan resolusi lebih tinggi, performa yang lebih baik dengan RAM 4GB, serta fitur tambahan seperti Phase Detection Autofocus. Namun, Oppo A57 juga memiliki kelebihan, terutama pada kamera selfie yang berkualitas. Dalam memilih antara keduanya, Anda perlu mempertimbangkan kebutuhan dan anggaran Anda. Selamat memilih smartphone Oppo yang sesuai dengan kebutuhan Anda!