Perbedaan Xiaomi Mi 8, Mi 8 Lite, dan Mi 8 Pro

Hallo Sobat Gaul, pada kali ini kami akan membahas tentang “perbedaan Xiaomi Mi 8, Mi 8 Lite, dan Mi 8 Pro”. Jika kamu seorang penggemar smartphone Xiaomi, pasti sudah tidak asing lagi dengan seri Mi 8 yang dikeluarkan oleh Xiaomi. Namun, tahu kah kamu bahwa Mi 8 memiliki beberapa varian yang berbeda, seperti Mi 8 Lite dan Mi 8 Pro? Nah, dalam artikel ini, kami akan mengupas tuntas perbedaan ketiga varian Mi 8 tersebut. Jadi, simak terus artikel ini ya!

1. Desain dan Tampilan

Pertama-tama, mari kita mulai dengan perbedaan dalam desain dan tampilan ketiga varian Mi 8 ini. Secara umum, Mi 8, Mi 8 Lite, dan Mi 8 Pro memiliki desain yang serupa, dengan bagian belakang yang terbuat dari kaca dan frame metal. Namun, ada sedikit perbedaan dalam tampilan belakang ketiganya. Mi 8 Lite memiliki efek gradasi yang menyala pada bagian belakangnya, sedangkan Mi 8 dan Mi 8 Pro memiliki tampilan belakang yang lebih sederhana tanpa efek gradasi.

Untuk tampilan depan, Mi 8 Lite memiliki poni (notch) yang lebih kecil dibandingkan dengan Mi 8 dan Mi 8 Pro. Sedangkan Mi 8 dan Mi 8 Pro memiliki poni yang lebih lebar. Namun, semua varian ini memiliki layar penuh dengan bezel yang tipis, memberikan tampilan yang elegan dan modern.

Secara keseluruhan, perbedaan desain dan tampilan antara Xiaomi Mi 8, Mi 8 Lite, dan Mi 8 Pro terletak pada efek gradasi pada bagian belakang, ukuran poni (notch), dan bezel pada bagian depan.

2. Performa dan Kinerja

Selanjutnya, mari kita bahas mengenai performa dan kinerja ketiga varian Mi 8 ini. Mi 8 dan Mi 8 Pro memiliki prosesor yang sama, yaitu Qualcomm Snapdragon 845, yang merupakan prosesor flagship pada saat rilisnya. Hal ini membuat kedua varian ini memiliki performa yang sangat baik dan mampu menjalankan aplikasi dan game dengan lancar.

Sedangkan Mi 8 Lite, meskipun memiliki prosesor yang lebih rendah, yaitu Qualcomm Snapdragon 660, namun tetap mampu memberikan performa yang baik untuk penggunaan sehari-hari. Namun, untuk penggunaan yang lebih berat seperti menjalankan game dengan grafis yang tinggi, kemampuan Mi 8 Lite sedikit terbatas dibandingkan dengan Mi 8 dan Mi 8 Pro.

Jadi, jika kamu adalah pengguna yang membutuhkan performa yang lebih tinggi, maka Mi 8 atau Mi 8 Pro adalah pilihan yang lebih tepat. Namun, jika kamu tidak terlalu membutuhkan performa yang tinggi dan lebih fokus pada budget yang lebih terjangkau, maka Mi 8 Lite bisa menjadi pilihan yang baik.

3. Kamera

Ketiga varian Mi 8 ini juga memiliki perbedaan dalam hal kamera. Mi 8 dan Mi 8 Pro dilengkapi dengan kamera utama ganda dengan resolusi 12MP+12MP, yang mampu menghasilkan foto dengan detail yang tinggi dan efek bokeh yang baik. Selain itu, keduanya juga memiliki kemampuan pengambilan gambar pada kondisi cahaya yang rendah (low-light) yang sangat baik.

Sedangkan Mi 8 Lite hanya dilengkapi dengan kamera utama tunggal dengan resolusi 12MP. Meskipun demikian, kamera Mi 8 Lite juga mampu menghasilkan foto dengan kualitas yang baik, namun tidak sebaik Mi 8 dan Mi 8 Pro. Namun, Mi 8 Lite memiliki kamera depan yang lebih unggul dengan resolusi 24MP dibandingkan dengan 20MP pada Mi 8 dan Mi 8 Pro.

Jadi, jika kamu lebih fokus pada kualitas foto dan membutuhkan kemampuan pengambilan gambar pada kondisi cahaya yang rendah, maka Mi 8 atau Mi 8 Pro adalah pilihan yang lebih baik. Namun, jika kamu adalah seorang penggemar selfie dan membutuhkan kamera depan yang unggul, maka Mi 8 Lite bisa menjadi pilihan yang tepat.

4. Fitur Keamanan

Perbedaan berikutnya terletak pada fitur keamanan yang ada pada ketiga varian Mi 8 ini. Mi 8 dan Mi 8 Lite menggunakan pemindai sidik jari yang terdapat di bagian belakang bodi, sedangkan Mi 8 Pro memiliki pemindai sidik jari yang terintegrasi di dalam layar (in-display fingerprint scanner).

Tentu saja, kehadiran pemindai sidik jari di dalam layar pada Mi 8 Pro memberikan kesan eksklusif dan lebih modern. Namun, secara fungsi, ketiganya tetap mampu memberikan keamanan yang baik dengan kecepatan pemindai sidik jari yang cukup responsif.

Jadi, pilihan fitur keamanan antara pemindai sidik jari di bagian belakang bodi atau di dalam layar tergantung pada preferensi dan kebutuhan kamu sebagai pengguna.

5. Baterai dan Pengisian Daya

Perbedaan selanjutnya terletak pada kapasitas baterai dan pengisian daya ketiga varian Mi 8 ini. Mi 8 Lite memiliki kapasitas baterai yang paling kecil, yaitu 3350mAh, yang masih cukup mampu bertahan sepanjang hari dengan penggunaan normal.

Mi 8 dan Mi 8 Pro memiliki kapasitas baterai yang sama, yaitu 3400mAh, yang memberikan daya tahan baterai yang lebih baik dibandingkan dengan Mi 8 Lite. Namun, Mi 8 Pro memiliki keunggulan dalam pengisian daya dengan adanya fitur pengisian daya nirkabel dan pengisian daya cepat (Quick Charge 4+).

Jadi, jika kamu menginginkan kapasitas baterai yang lebih besar dan fitur pengisian daya yang lebih lengkap, maka Mi 8 atau Mi 8 Pro adalah pilihan yang lebih baik.

6. Harga

Terakhir, perbedaan yang paling mencolok antara Xiaomi Mi 8, Mi 8 Lite, dan Mi 8 Pro adalah pada harga. Mi 8 Lite menjadi varian yang paling terjangkau dengan harga yang lebih rendah dibandingkan dengan Mi 8 dan Mi 8 Pro.

Mi 8 dan Mi 8 Pro memiliki harga yang lebih tinggi karena fitur dan spesifikasinya yang lebih tinggi pula. Namun, harga yang lebih tinggi ini sebanding dengan performa dan fitur yang ditawarkan oleh kedua varian tersebut.

Jadi, jika kamu memiliki budget terbatas namun tetap ingin mendapatkan pengalaman menggunakan smartphone Xiaomi yang baik, maka Mi 8 Lite bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, jika budget bukan suatu masalah dan kamu menginginkan smartphone dengan performa dan fitur yang lebih baik, maka Mi 8 atau Mi 8 Pro bisa menjadi pilihan yang lebih baik.

FAQ

1. Apakah Mi 8 Pro memiliki poni (notch) yang sama dengan Mi 8?

Tidak, Mi 8 Pro memiliki poni yang sedikit lebih kecil dibandingkan dengan Mi 8.

2. Apakah Mi 8 Lite memiliki kemampuan pengambilan gambar pada kondisi cahaya yang rendah?

Ya, meskipun tidak sebaik Mi 8 dan Mi 8 Pro, Mi 8 Lite tetap memiliki kemampuan pengambilan gambar pada kondisi cahaya yang rendah yang baik.

3. Berapa kapasitas baterai Mi 8 Lite?

Mi 8 Lite memiliki kapasitas baterai 3350mAh.

4. Apakah semua varian Mi 8 mendukung pengisian daya cepat?

Tidak, hanya Mi 8 Pro yang mendukung pengisian daya cepat (Quick Charge 4+).

5. Bagaimana dengan harga Mi 8 Lite dibandingkan dengan Mi 8?

Mi 8 Lite memiliki harga yang lebih rendah dibandingkan dengan Mi 8.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas perbedaan Xiaomi Mi 8, Mi 8 Lite, dan Mi 8 Pro dalam hal desain dan tampilan, performa dan kinerja, kamera, fitur keamanan, baterai dan pengisian daya, serta harga. Kesimpulannya, Mi 8 Lite adalah varian dengan harga yang lebih terjangkau namun tetap menawarkan pengalaman menggunakan smartphone Xiaomi yang baik. Mi 8 dan Mi 8 Pro menonjolkan performa dan fitur yang lebih tinggi, namun dengan harga yang juga lebih tinggi. Jadi, pilihan antara ketiga varian ini tergantung pada kebutuhan dan budget kamu sebagai pengguna. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu dalam memilih varian Xiaomi Mi 8 yang sesuai dengan kebutuhanmu!